Informasi Terpercaya Masa Kini

Tips Menjawab Pertanyaan “Apakah Bersedia Ditempatkan di Kota Lain?” Saat Wawancara Kerja

0 33

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pelamar kerja pasti melewati tahap wawancara atau job interview setelah mengirimkan berkas kepada perusahaan yang dilamar.

Tahap wawancara ini adalah salah satu penentu pelamar kerja diterima atau tidak untuk bekerja di perusahaan. Biasanya, manajemen atau HRD menanyakan beberapa pertanyaan kepada pelamar kerja guna mencari kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

Salah satu pertanyaan yang muncul saat wawancara kerja adalah “Apakah bersedia ditempatkan di kota lain?”.

Baca juga: Jangan Bingung Saat Wawancara Kerja, Ajukan Pertanyaan-pertanyaan Ini di Akhir Sesi

Menurut The Balance Money, ada beberapa tips untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Pertama, manfaatkan peluang. Kamu dapat memanfaatkan pertanyaan tersebut sebagai nilai jual atau menunjukkan keinginan untuk menjadi bagian dari perusahaan yang dilamar.

Kedua, tetap jujur pada diri sendiri. Jika kamu ragu bersedia atau tidak, berikan jawaban yang rasional. Ingat, jangan pernah berkata tidak. Misalnya, kamu memiliki alasan karena memiliki tanggung jawab terhadap keluarga.

Ketiga, minta informasi lebih lanjut. Jika kamu masih mempertimbangkan penempatan kerja tersebut, tidak ada salahnya menanyakan apa saja manfaat dari penempatan kerja di luar kota tersebut.

Keempat, bersikap fleksibel. Apabila kamu tidak terbebani dengan penempatan kerja di kota lain, sampaikan keinginan tersebut.

Demikian adalah tips menjawab pertanyaan “Apakah bersedia ditempatkan di kota lain?” saat wawancara kerja.

Baca juga: Tips Mendapatkan Kesan Positif Saat Wawancara Kerja

Leave a comment