Informasi Terpercaya Masa Kini

Balas Gus Yahya, Cak Imin: Enggak Ada Urusannya Pansus Haji dengan PKB atau PBNU, Paham!

0 5

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) membalas Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf yang mencurigai pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Haji 2024 untuk mengincar dirinya.

Cak Imin menegaskan tidak ada hubungannya antara Pansus Haji dengan PBNU dan PKB.

“Enggak ada urusannya dengan PKB atau PBNU, paham?!” ujar Cak Imin saat dimintai konfirmasi Kompas.com, Senin (29/7/2024).

Cak Imin menjelaskan, pembentukan Pansus Hak Angket Haji 2024 berawal dari Komisi VIII DPR yang mengalami kemacetan rapat dengan Kementerian Agama (Kemenag) karena tidak mendapatkan data dan keterangan yang memadai.

Cak Imin lantas menyalahkan Kemenag yang tertutup terhadap DPR.

Baca juga: Pansus Haji DPR Batal Gelar Rapat pada Masa Reses

“Ketertutupan Kemenag membuat Komisi VIII bersepakat membongkar data yang tertutup itu melalui Pansus Angket, terutama penggunaan visa hak jemaah haji reguler yang tidak diberikan kepada jemaah yang sudah antre berpuluh tahun,” tuturnya.

Maka dari itu, Cak Imin menegaskan, Pansus Haji merupakan murni untuk mengurus penyelewengan proses pelaksanaan Haji 2024.

“Jadi ini murni urusan pekerjaan Komisi VIII yang meminta pansus angket haji. Fokus pada apakah terjadi penyelewengan penggunaan visa haji,” imbuh Cak Imin.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) Yahya Cholil Staquf curiga Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Haji 2024 sebenarnya dibentuk karena ada masalah pribadi antara Ketua Umum PKB sekaligus Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan dirinya.

Yahya merasa Pansus Haji sebenarnya mengincar dirinya, namun dilakukan melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan adik Yahya.

Baca juga: Politisi PKB Bantah Gus Yahya soal Pembentukan Pansus Haji untuk Serang PBNU

Adapun Yaqut memang menjadi bulan-bulanan para anggota Pansus Haji 2024 karena pelaksanaan haji 2024 dinilai sangat buruk.

“Soal pansus ya, Pansus Haji ya. Nah itu ini yang kemudian menimbulkan pertanyaan kepada kita Pansus Haji kemudian nyerang NU, jangan-jangan ini masalah pribadi ini jangan-jangan gitu loh,” ujar Yahya dalam jumpa pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (28/7/2024).

“Jangan-jangan gara-gara menterinya adik saya. Misalnya gitu. Itu kan masalah. Jangan-jangan karena dia sebetulnya yang diincar PBNU, Ketua Umum-nya, kebetulan saya, menterinya adik saya. Lalu diincar karena masalah-masalah alasan pribadi begini,” sambungnya.

Leave a comment