Informasi Terpercaya Masa Kini

Pasukan Penjaga Perdamaian Selandia Baru Muncul di Timor Leste

0 21

POS-KUPANG.COM, DILI – Dua puluh lima tahun setelah dikerahkan ke Timor Timur, sekelompok penjaga perdamaian Selandia Baru kembali ke negara yang sekarang dikenal sebagai Timor Leste sebagai bagian dari sebuah film dokumenter.

Lima belas veteran melakukan perjalanan ke Timor Leste pada hari Jumat ditemani oleh kru dokumenter yang sedang mengumpulkan materi untuk proyek yang akan datang.

Penyelenggara perjalanan, Aaron Horrell, mengatakan bahwa kelompok tersebut termasuk mantan komandan seksi Prajurit Leonard Manning, yang tewas dalam penyergapan oleh milisi pro-Indonesia pada tahun 2000.

Ia mengatakan insiden tersebut merupakan korban jiwa pertama di Selandia Baru sejak Perang Vietnam, dan membawa dampak besar bagi risiko yang dihadapi pasukan penjaga perdamaian PBB.

Horrell mengatakan kelompok tersebut termasuk mantan anggota angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara dan seorang perwira polisi, yang semuanya ditugaskan ke Timor Timur antara tahun 1999 dan 2002.

Perjalanan ini didanai oleh Returned Services Association dan Southland Community Trust.

Orang-orang yang melakukan perjalanan ke Timor Leste adalah orang-orang yang memiliki cerita penting yang diliput secara internasional selama penempatan mereka, kata Horrell.

Mantan presenter berita TV3 Mike McRoberts akan menceritakan film dokumenter tersebut dan melakukan perjalanan bersama grup.

Rombongan akan berada di Timor Leste pada tanggal 19 hingga 28 Juli 2024.

Rombongan berencana mengakhiri perjalanan dengan wawancara McRoberts dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta dan Perdana Menteri Xanana Gusmao.

Tentang Leonard Manning

Pada tanggal 24 Juli 2000 tentara Selandia Baru Prajurit Leonard William Manning ditembak mati oleh milisi pro-Indonesia saat bertugas dengan pasukan penjaga perdamaian PBB di Timor Timur. Pada usia 24 tahun, ia menjadi korban tewas pertama dalam pertempuran di Selandia Baru sejak Perang Vietnam.

Sebuah tugu peringatan didirikan untuk Prajurit Manning di pemakaman Tilomar. Namun, jenazahnya dibawa kembali ke Selandia Baru, dan pada tanggal 29 Juli 2000 ia dimakamkan dengan penghormatan militer penuh di pemakaman rumput Rangiriri, dekat rumah masa kecilnya di Waeranga. Nisan granit polosnya bertuliskan,  “East Timor/ A997234 Pte / Leonard W. Manning / R.N.Z.I.R. / Died 24.7.2000 / Aged 24 years / Killed in action.” (Timor Timur/ A997234 Pte / Leonard W. Manning / R.N.Z.I.R. / Meninggal 24.7.2000 / Berusia 24 tahun / Tewas dalam aksi).

Pemakaman rumput Rangiriri berada di Jalan Te Wheoro, tidak jauh dari Benteng Rangiriri, lokasi pertempuran sengit selama Perang Waikato. Rangiriri Hotel di dekatnya memiliki ‘sudut Lenny Manning’.

Kabinet yang memajang foto, kenang-kenangan, dan memorabilia yang berkaitan dengan Prajurit Manning awalnya didirikan oleh Neil dan Beth Davidson di bar Globetrotters’ Lodge, Darwin.

Pada tahun 2002 keluarga Davidson menyumbangkan koleksinya kepada keluarga Manning. Angkatan Pertahanan Selandia Baru melakukan pengiriman ke Hotel Rangiriri. Ada juga tablet peringatan Manning di aula Te Kauwhata RSA.

Prajurit Manning dianugerahi Medali Layanan Operasional Selandia Baru (NZOSM – New Zealand Operational Service Medal) secara anumerta pada tahun 2003. East Timor School Trust memberikan beasiswa Leonard Manning Memorial setiap tahun.

(rnz.co.nz/nzhistory.govt.nz)

Leave a comment