2024 Masih Bingung Mau Kerja Apa? Ini 7 Peluang Pekerjaan yang Dirancang Khusus untuk Gen-Z

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadikan tantangan tersendiri bagi Gen-Z untuk terjun ke dunia karir.

2024 Masih Bingung Mau Kerja Apa? Ini 7 Peluang Pekerjaan yang Dirancang Khusus untuk Gen-Z

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadikan tantangan tersendiri bagi Gen-Z untuk terjun ke dunia karir. Pasalnya banyak pekerjaan yang sudah bertransformasi dari sistem konvensional ke sistem digital. Belum lagi ditambah dengan semakin banyaknya para pelamar kerja yang berbanding terbalik dengan lapangan pekerjaannya. Hal ini yang membuat persaingan di dunia kerja tidak bisa dihindari.

Jika tulisan ini sampai kepadamu, khususnya Gen-Z, maka ini adalah kesempatan emas bagimu untuk segera mendapatkan pekerjaan yang baik dan tidak bingung lagi untuk menata karir di masa depan.

Kemajuan teknologi memudahkan siapa saja untuk bekerja di mana saja tanpa perlu repot-repot pergi ke kantor. Pekerjaan ini disebut juga dengan sistem kerja remote atau work from anywhere. Sistem kerja remote ini menjadi populer lantaran karyawan bisa lebih fleksibel untuk menyelesaikan pekerjaannya. Bagi kamu yang tertarik untuk kerja remote, simak 8 peluang pekerjaan di bawah ini:

Spesialis Digital Marketing

Tugas dari pekerjaan ini adalah mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas merek dari sebuah produk. Keahlian dari Gen-Z mengelola teknologi dan media sosial, membuat mereka menjadi kandidat yang baik untuk posisi ini.

Konten Kreator

Gen-Z yang memiliki kreatifitas dan memiliki bakat dalam bidang tertentu bisa menjadi influencer atau konten kreator dengan membuat konten yang menarik, baik dalam bentuk video, gambar, tulisan, atau format lainnya. Misal kamu adalah seorang ahli desain, kamu bisa membuat video tutorial step by step untuk menciptakan sebuah logo atau desain lainnya.

Kamu juga bisa menjadi kreator afiliasi dengan mempromosikan produk, merek, atau layanan lainnya melalui konten yang dikemas dengan cara yang autentik dan menarik.

Analis Data

Dalam bisnis modern, banyak perusahaan yang mencari jasa untuk menganalisis data yang berharga bagi perusahaan. Tugas dari seoang analis adalah menyajikan temuan dan rekomendasi kepada pemangku kepentingan dengan cara yang mudah dipahami. Seorang analis juga harus bisa mengidentifikasi tren dan pola dalam data untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik.

Pengembang Web dan Perangkat Lunak

Bagi kamu yang memiliki basic keahlian dalam dunia pemrograman komputer, kamu bisa berkarir menjadi seorang programer. Kamu bisa mengejar karir kamu sebagai pengembang perangkat lunak atau menjadi seorang insinyur perangkat lunak. Kamu juga bisa tururt terlibat dalam pembuatan aplikasi, perangkat lunak, dan juga jasa pembuatan website.

Profesi Hijau

Profesi hijau atau disebut juga green jobs menjadi salah satu pilihan karir kamu di masa depan. Profesi hijau ini bergantung pada spesifik bidangnya. Misalnya kamu bisa menjadi ahli lapangan dalam penelitian lingkungan, perencanaan, pengawasan proyek-proyek yang semuanya berfokus pada keberlanjutan dan perlindungan lingkungan. Adanya profesi ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan mempromosikan praktik yang lebih berkelanjutan.

Petugas Kesehatan

Kamu yang memilih fokus berkarir di dunia kesehatan memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup mulia. Sebagai salah satu contoh kamu menjadi seorang dokter. Seorang dokter akan melakukan diagnosis kepada pasiennya dan memberikan pengobatan secara langsung. Atau kamu juga bisa menjadi seorang perawat atau teknisi medis yang bekerja melakukan tes laboratorium atau prosedur medis lainnya.

Enterpreneurship

Kamu yang memiliki kecenderungan tidak ingin diatur oleh orang lain, terlebih kamu yang menyukai tantangan, bisa memulai karirmu menjadi seorang enterpreneurship. Kamu bisa memulai mengelola bisnismu sendiri, termasuk merencanakan dan melaksanakan strategi bisnis. Hal yang kamu perhatikan ketika menjadi seorang enterpreneurship adalah kamu harus siap untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan mengejar peluang baru untuk pertumbuhan bisnis.

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca tulisan ini? Apakah masih bingung menentukan pilihan karir di masa depan?

Pilihlah karir untuk masa depanmu yang cocok dengan passion-mu. Dengan begitu kamu tidak akan merasa terbebani saat menjalankan pekerjaan. Justru, yang kamu rasakan adalah kepuasan karena kamu bisa berkarir di bidang yang kamu suka.

Apa Reaksi Anda ?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow