Informasi Terpercaya Masa Kini

8 Fakta Negara Vietnam yang Wajib Diketahui Wisatawan

0 7

TEMPO.CO, Jakarta – Vietnam adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan China dan Laos.

Negara yang dijuluki sebagai Negeri Naga Biru ini memiliki sejumlah fakta yang menarik untuk diketahui, terutama bagi para wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Vietnam.

Agar mengetahui fakta negara Vietnam yang harus menjadi pengetahuan wisatawan sebelum berkunjung, berikut ini informasinya untuk Anda.

Fakta Negara Vietnam

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah 7 fakta negara Vietnam dari punya gua terbesar di dunia hingga jadi negara wisata yang aman.

1. Punya Gua Terbesar di Dunia

Fakta menarik pertama Vietnam adalah negara ini menjadi rumah bagi gua terbesar di dunia, yakni Gua Hang Son Doong yang terletak di jantung Taman Nasional Phong Nha.

Gua ini tersembunyi di hutan lebat Provinsi Quang Binh. Saat berkunjung ke sana, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan gua yang menjulang tinggi lengkap tumbuhan-tumbuhan hijaunya.

Bagi pecinta wisata alam, gua ini wajib masuk dalam daftar destinasi jika berkunjung ke Vietnam.

2. Surga Buah-Buahan Tropis

Selain menjadi rumah gua terbesar, Vietnam juga menjadi surga buah-buahan tropis. Negara ini memiliki tanah yang subur serta iklim yang mendukung, sehingga banyak buah-buahan yang tumbuh di sana.

Tak heran jika berkunjung Vietnam, Anda akan mendapati pasar buah yang ramai dan menawarkan buah-buahan yang segar mulai dari durian, nanas, buah naga, nangka dan banyak lagi.

3. Negara Sungai

Fakta negara Vietnam selanjutnya adalah diberkahi dengan jaringan sungai yang luas sehingga disebut sebagai negara sungai.

Terdapat sekitar 2.360 sungai mengalir di negara Vietnam. Salah satu sungai yang cukup ikonik adalah sungai Merah.

Sungai ini tidak hanya memiliki keindahan, tapi juga menopang kehidupan masyarakat dengan menjadi sumber air di wilayah pertanian.

4. Pengekspor Kopi

Jika Anda sering menemukan menu kopi Vietnam di coffee shop, maka hal itu menjadi salah satu tanda bahwa negara ini memiliki ekspor kopi yang besar.

Vietnam menjadi negara pengekspor kopi terbesar di dunia kedua setelah Brazil dan memiliki perkebunan kopi yang luas bahkan membuat perekonomian negara berkembag dengan ekspor kopi.

5. Pengekspor Kacang Mete

Dianugerahi tanah yang subur, Vietnam juga menjadi salah satu negara pengekspor kacang mete terbesar di dunia.

Negara ini terkenal dengan produk kacang metenya yang berkualitas tinggi dan secara konsisten menempati peringkat teratas eksportir kacang mete di seluruh dunia.

Sama seperti ekspor kopi, industri kacang mete juga berhasil memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Vietnam.

6. Tingkat Literasi yang Tinggi

Tak hanya dari segi sumber daya alam yang kaya, Vietnam juga mendapatkan predikat negara dengan tingkat literasi yang tinggi.

Hal ini membuat kemajuan signifikan dalam meningkatkan sistem pendidikan yang dapat diakses baik oleh semua. Menurut UNESCO, tingkat melek huruf di negara tersebut bahkan melampaui populasi lansia.

7. Negara Tujuan Wisata yang Aman

Satu lagi fakta negara Vietnam yang perlu diketahui terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali ke sana, yakni Vietnam merupakan negara wisata yang aman.

Tingkat kejahatan di Vietnam tergolong rendah, sehingga aman untuk wisatawan baru yang ingin mengeksplor Vietnam dengan leluasa.

8. Banyak yang Menggunakan Nama Nguyen

Nguyen adalah nama keluarga yang paling umum di Vietnam. Hal ini berkaitan dengan faktor sejarah dan budaya, karena banyak orang mengadopsi nama keluarga ini selama masa pemerintahan Dinasti Nguyen (1802-1945).

Nama keluarga yang umum ini memiliki makna yang besar, mewakili warisan dan identitas bersama di antara masyarakat Vietnam.

Ini adalah bukti dari tradisi yang mendalam dan rasa persatuan yang mengikat beragam aspek masyarakat Vietnam.

AULIA ULVA

Pilihan Editor: 7 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Saat Berkunjung ke Vietnam

Leave a comment