Informasi Terpercaya Masa Kini

Shin Tae-yong Dikabarkan Gaet Eks Anak Asuhnya ke Staf Pelatih Timnas Indonesia

0 3

Timnas Indonesia akan memulai perjuangan di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada September mendatang. Shin Tae-yong dikabarkan telah sepakat untuk memboyong eks anak asuhnya, Yeom Ki-hun, ke jajaran staf pelatih ‘Garuda’.

Yeom Ki-hun sebelumnya pelatih klub divisi teratas Liga Korsel, Suwon Samsung Bluewings, sejak September 2023, lalu mengundurkan diri pada Mei 2024. Menurut pemaparan Sports Chosun, pria 41 tahun itu akan segera bergabung dengan Timnas Indonesia.

Yeom disebut-sebut akan ditugaskan untuk mengurus sektor serangan Timnas Indonesia. Selama ini, Shin Tae-yong memang mengeluhkan lini serang ‘Garuda’ yang kurang tajam.

Masih dari Sports Chosun, Yeom disebut telah menerima tawaran kepelatihan dari Shin pada Juli lalu, tetapi ia ragu-ragu. Dan kini, Yeom disebut sudah mantap dan akan berangkat ke Indonesia pada pertengahan Agustus ini untuk memulai persiapan Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia.

“Saya bersyukur Shin memberi saya kesempatan besar. Saya akan pergi ke Indonesia dan belajar dengan baik,” ungkap Yeom, dikutip dari Sports Chosun.

Yeom Ki-hun adalah mantan pemain Korsel yang pernah merasakan dilatih langsung oleh Shin Tae-yong. Yeom ada dalam skuad Korsel yang menjuarai EAFF, kompetisi sepak bola antara negara Asia Timur, pada 2017. Pasukan Shin Tae-yong menang 4-1 atas Jepang di pertandingan terakhir, Yeom mencetak satu gol.

Pada Juni lalu, Yeom pernah memuji-muji Shin. Yang disukai Yeom dari Shin adalah perhatian kepada detail permainan. Di mata Yeom, Shin tahu betul bagaimana secara rinci menginstruksikan pemainnya beraksi ketika dalam sebuah situasi menyerang atau bertahan.

“Shin memutuskan seberapa jauh kami harus melangkah dalam menghadapi penyerang di posisi tertentu dan seberapa jauh kami harus turun jika bola dalam situasi tertentu,” kata Yeom yang dulu berposisi sebagai winger kepada media Korsel, Sports Khan.

Leave a comment