Informasi Terpercaya Masa Kini

Kisah di Balik Gol Ollie Watkins ke Gawang Belanda, Siasat dengan Palmer

0 8

KOMPAS.com – Penentu kemenangan timnas Inggris atas Belanda, Ollie Watkins, dengan bersumpah, mengakui telah merencanakan gol bersama Cole Palmer di pinggir lapangan sebelum masuk sebagai pemain pengganti.

Ollie Watkins menjadi penentu kemenangan dramatis Inggris atas Belanda dengan skor 2-1 dalam laga semifinal Euro 2024 yang berlangsung di BVB Stadion Dortmund, Jerman, pada Rabu (10/7/2024) atau Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Saat pertandingan tengah imbang 1-1, Watkins dan Palmer memasuki pertandingan pada menit ke-81 sebagai pemain pengganti.

Baik Watkins maupun Palmer langsung memberikan dampak instan bagi Inggris.

Baca juga: Watkins Usai Bawa Inggris ke Final Euro 2024: Luar Biasa, Butuh Kerja Keras

Watkins berhasil mencetak gol kemenangan Inggris atas Belanda via sepakan keras mendatar pada menit ke-90+1 setelah menerima umpan dari Palmer.

Terkait gol pentingnya ke gawang Belanda yang dijaga Bart Verbruggen, Watkins mengungkap dirinya sudah merencanakan, bersiasat, dengan Palmer. 

“Saya bersumpah demi hidup saya. Saya berkata kepada Cole Palmer sebelumnya, ‘Kita akan masuk sebagai pemain pengganti, Anda akan mengirim umpan ke saya, dan saya akan mencetak gol’, dan hal itu terjadi,” ucap Watkins dikutip dari ESPN.

“Saya tahu, begitu mendapatkan bola, dia akan mengirim umpan ke saya. Anda harus ‘serakah’, menyentuh, dan menyelesaikannya dan ketika saya melihat bola mengarah ke sudut bawah, itu adalah perasaan terbaik yang pernah ada,” ucapnya.

Penyerang Aston Villa itu pun mengungkap telah menunggu kesempatan tersebut selama berminggu-minggu.

Baca juga: Kisah Ollie Watkins Jadi Pahlawan Kemenangan Inggris

“Luar biasa. Saya sudah menunggu momen itu selama berminggu-minggu, berminggu-minggu,” kata Watkins.

“Butuh banyak kerja keras untuk mencapai posisi saya saat ini dan bersyukur saya mendapat kesempatan dan meraihnya dengan ‘kedua tangan’ dan saya senang,” tuturnya.

Itu adalah kemenangan manis bagi Inggris dan pelatih Gareth Southgate, yang sebelumnya mendapat kritik keras dari para pendukung karena dianggap kurang “gereget” dalam menjalani turnamen tahun ini di Jerman.

Namun, terlepas dari kritik tersebut, Southgate, yang menjadi pelatih Inggris sejak 2016, kini telah membawa Inggris mencapai final Piala Eropa dalam dua edisi secara beruntun.

Sebelumnya, Inggris menembus final pada Euro 2020, tetapi kalah dari Italia melalui adu penalti.

Kini, mereka memiliki peluang untuk tampil lebih baik pada laga final melawan Spanyol pada Minggu (14/7/2024) di Berlin atau Senin (15/7/2024) dini hari WIB, demi memenangi trofi besar pertama untuk Inggris sejak Piala Dunia 1966.

Baca juga: Jadwal Final Euro dan Copa America 2024: Spanyol Vs Inggris, Argentina Vs Kolombia

“Ini menunjukkan cara Inggris yang lebih modern, tetapi juga ketahanan dan karakter grup,” kata Southgate seusai pertandingan.

“Ollie Watkins telah berlatih seperti itu setiap hari. Dia telah berlatih untuk momennya, tidak peduli betapa frustrasinya dia,” tuturnya.

“Para pemain saling mendukung, ikatan mereka sangat baik dan malam ini adalah contohnya,” kata Southgate.

Laga Spanyol vs Inggris dijadwalkan berlangsung di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman, pada Minggu (14/7/2024) atau Senin (15/7/2024) mulai pukul 02.00 WIB.

Watkins menegaskan, Inggris sudah sepenuhnya siap menghadapi Spanyol demi juara Euro 2024.

“Kami mampu bangkit kembali setelah tertinggal satu gol. Kami tak pernah menyerah. Satu laga lagi, kami siap melawan Spanyol,” ucap dia.

Leave a comment