Informasi Terpercaya Masa Kini

Hiroyuki Sanada, Aktor Jepang Pertama yang Raih Aktor Terbaik di Emmy Awards

0 1

TEMPO.CO, Jakarta – Bintang serial Shogun, Hiroyuki Sanada memenangkan penghargaan aktor utama terbaik dalam serial drama di Emmy Awards 2024. Ia menjadi aktor asal Jepang pertama dan aktor Asia kedua yang pernah menang dalam kategori tersebut dalam sejarah Emmy Awards.

“Saya merasa sangat terhormat berada di sini bersama para nominasi yang luar biasa. Terima kasih kepada FX, Disney, dan Hulu karena telah mempercayai saya. Dan terima kasih, tim saya, karena selalu mendukung saya. Dan terima kasih kepada seluruh kru dan pemeran Shogun. Saya sangat bangga kepada kalian,” kata Hiroyuki Sanada saat menerima piala aktor utama terbaik di atas panggung Emmy Awards pada Ahad, 15 September 2024.

Hiroyuki Sanada Dapat Pelajaran Berharga dari Shogun

Dalam Shogun, Hiroyuki Sanada berperan sebagai Yoshii Toranaga, sosok pemimpin yang berjuang mempertahankan hidupnya untuk melawan para petinggi politik lain yang melawannya. Selain menjadi pemain, aktor 63 tahun itu juga bertindak sebagai produser.

“Ini adalah proyek impian yang memadukan Timur dan Barat dengan rasa hormat. Dan Shogun mengajarkan saya bahwa ketika orang bekerja sama, kita dapat membuat keajaiban. Kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bersama-sama. Terima kasih banyak,” katanya.

Diadaptasi dari novel terlaris karya James Clavell, Shogun merupakan kisah drama-sejarah yang berlatar di Jepang pada 1600. Ketika sebuah kapal Eropa misterius ditemukan di pesisir desa nelayan setempat, seorang pelaut asal Inggris, John Blackthorne, datang dengan rahasia besar yang dapat membantu Yoshii Toranaga menghadapi peperangan.

Hiroyuki Sanada sebelumnya sudah mengenal karakter Toranaga, karena pada 1989 dalam Oda Nobunaga, ia memerankan Tokugawa Ieyasu, pria di dunia nyata yang menjadi inspirasi karakter Toranaga. Berakting sejak usia 6 tahun, saat ia mulai membintangi iklan di Jepang, Sanada paling dikenal secara internasional melalui film-film seperti The Last Samurai, Speed Racer, dan Bullet Train, serta acara Lost dan Westworld.

Shogun Sabet 18 Penghargaan di Emmy Awards 2024

Shogun telah mengukir sejarah Emmy Awards 2024 dengan memenangkan 18 penghargaan, termasuk drama terbaik. Jumlah tersebut adalah terbanyak yang pernah diraih untuk satu musim serial televisi.

“Sejauh menyangkut generasi berikutnya, saya harap mereka melihat banyak makna dalam nominasi dan kemenangan kami dan memahami bahwa kami menciptakan serial Jepang yang benar-benar berhubungan dengan dunia,” kata Hiroyuki Sanada.

Kemenangan Hiroyuki Sanada di Emmy Awards tahun ini menyusul Lee Jung Jae yang menjadi aktor Asia pertama yang memenangkan Emmy untuk pemeran utama pria terbaik dalam serial drama pada 2022 untuk penampilannya di Squid Game.

PEOPLE | VARIETY | THE HOLLYWOOD REPORTER

Pilihan Editor: Serial Shogun akan Berlanjut, 2 Musim Tambahan

Leave a comment