Informasi Terpercaya Masa Kini

8 Profesi yang Bisa dan Tidak Bisa Digantikan AI di Masa Depan

0 1

Penggunaan artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari tengah menjadi isu penting selama beberapa tahun belakangan. AI merupakan teknologi berbasis kecerdasan buatan yang diklaim memiliki banyak manfaat bagi manusia, Bunda.

Belum lama ini, AI bahkan disebut dapat menggantikan beberapa profesi. Menurut McKinsey Global Company seperti dilansir Instagram @dirjen.dikti, diprediksi sekitar 30 persen pekerjaan berpotensi digantikan oleh AI pada tahun 2030.

Sementara itu, sebanyak 12 juta orang Amerika juga diperkirakan nantinya akan memiliki pekerjaan yang tidak sesuai minat mereka. Sebuah studi dari Goldman Sachs pada 2023 juga melaporkan bahwa AI bisa berdampak pada 300 juta pekerjaan penuh di seluruh dunia.

Meski begitu, tak semua pekerjaan ternyata bisa digantikan oleh AI, Bunda. Ada jenis-jenis pekerjaan yang hanya dapat dikerjakan oleh manusia.

Lantas, apa saja profesi yang bisa dan tidak bisa digantikan AI di masa depan? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga : Catat Bun, Ternyata Ini Profesi Baru yang Paling Banyak Dicari oleh PerusahaanProfesi yang tak bisa digantikan AI

Berikut beberapa profesi yang tak bisa digantikan oleh AI di masa depan:

1. Pekerjaan Kreatif

Seni adalah sebuah ekspresi yang dapat diterima oleh panca indra dan perasaan. Oleh karena itu, pekerjaan seni tak bisa digantikan oleh AI sampai kapan pun.

Beberapa pekerjaan kreatif yang tidak bisa digantikan AI ini, seperti seniman, desainer, penulis, penyanyi, dan sebagainya. AI dianggap tak bisa memahami konteks budaya, sosial, dan emosional dalam membuat sebuah karya.

Jurusan-jurusan kuliah yang relevan dengan pekerjaan di bidang seni ini antara lain desain komunikasi visual, seni rupa, desain produk, sastra, dan jurnalistik.

2. Pendidik

Saat ini memang sudah banyak platform yang memuat konten ilmu pengetahuan yang dikendalikan oleh AI. Namun, sistem pengajaran yang terbaik tetap paling bagus didapatkan dari guru secara langsung.

Pendidikan bukan sekadar belajar ilmu, tetapi juga karakter. Seorang guru juga bisa langsung memotivasi siswa bila ada masalah psikologi dan lainnya.

Selain kedua profesi tersebut, ada beberapa jenis pekerjaan lain yang bisa dan tidak bisa digantikan oleh AI. Apa saja?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Pilihan Redaksi

  • Teknologi AI Disebut Bisa Bantu Bayi 18 Bulan Membaca, Bagaimana Caranya?
  • Ahli Sebut AI ChatGPT Berbahaya untuk Anak, Ini Penjelasannya
  • Meta AI Hadir di WhatsApp dan Instagram, Sudah Tersedia di Indonesia?

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment