Informasi Terpercaya Masa Kini

Fakta Tragis Marie Antoinette, ‘Ratu Hedonis’ yang Namanya Viral di Medsos

0 11

Nama Marie Antoinette sedang ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Hal ini terjadi usai Maria disamakan dengan istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono.

Erina Gudono disebut mirip dengan Marie Antoinette lantaran kerap terlihat mengumbar gaya hidup mewahnya dalam unggahan di media sosial. Lantas siapa Marie Antoinette?

Dilansir dari CNN Indonesia, Marie Antoinette adalah perempuan kelahiran Wina, Austria yang merupakan putri bungsu Kaisar Romawi Suci Francis I dan Maria Theresa.

Marie menikah dengan Raja Prancis Louis XVI di usia 14 tahun dalam sebuah pernikahan politik. Ia kemudian menjadi permaisuri Raya Louis XVI pada 1774 setelah sang suami naik takhta.

Selama ini, sosok Marie sering kali dikaitkan dengan kehidupannya yang glamor dan pemborosan. Tak hanya itu, ia juga kerap dihubungkan dengan kemerosotan monarki Prancis pada tahun-tahun terakhir rezim.

Baca Juga : Kisah Jetsun Pema Perempuan Darah Biru yang Bikin Raja Bhutan Tergila-gila, ‘Mirip’ Kate Middleton

Marie diketahui sangat menyukai musik dan mode. Ia memainkan berbagai alat musik dan gemar mengenakan gaun-gaun serta menata rambutnya dengan eksentrik.

Pada 1770 sampai 1780-an, Prancis dilanda krisis ekonomi. Kerajaan pun terlilit utang. Hal tersebut terjadinya buntut sikap boros Marie.

Meski begitu, pemborosan yang dilakukan Marie hanya sebagian kecil penyebab utang-utang Prancis menumpuk. Faktanya, perang kolonial abad ke-18 khususnya Revolusi Amerika di mana Prancis ikut campur atas nama penjajah, juga membuat Prancis terlilit utang yang begitu besar.

Kondisi tersebut diperparah dengan aturan pajak Prancis yang diskriminatif. Hal ini lantaran tidak membebankan pajak bagi bangsawan serta orang-orang yang punya sebagian besar properti di Prancis.

Masyarakat biasa merasa tertekan karena pajak tinggi. Mereka juga murka karena melihat kehidupan keluarga kerajaan yang tetap glamor.

Lalu bagaimana kehidupan Marie hingga akhirnya diadili pada usia 37 tahun?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment