Informasi Terpercaya Masa Kini

Masyarakat Indonesia Paling Banyak Makan Plastik, Ini 5 Sumbernya!

0 15

Beauties, material plastik dikenal banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, plastik juga sudah tertelan masuk ke dalam tubuh tanpa kita sadari, lho.

Mirisnya, warga Indonesia adalah bangsa yang paling banyak menelan partikel plastik dalam bentuk yang sangat kecil, kerap disebut mikroplastik dan nanoplastik.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Environmental Science & Technology, para peneliti mengungkap bahwa masyarakat Indonesia mengonsumsi sekitar 15 gram mikroplastik per bulan. Menyusul Indonesia di posisi kedua dan ketiga adalah Malaysia dan Filipina.

Lalu, dari mana asal plastik yang tertelan ke dalam tubuh kita? Berikut adalah produk teratas yang harus dihindari untuk mengurangi paparan mikroplastik, seperti dilansir dari Euro News.

1. Gelas KertasGelas kertas/ Foto: pexels.com/AngelaRoma

Menggunakan gelas kertas untuk minuman panas dapat menyebabkan pelepasan berbagai bahan kimia, termasuk fluorida, klorida, sulfat, dan nitrat. Hal ini terungkap dalam penelitian tahun 2021 yang diterbitkan dalam Journal of Hazardous Materials.

Memilih tempat minum kedap udara dan tahan karat adalah pilihan tepat. Tempat minum kedap udara juga dapat digunakan kembali, sehingga tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga mengurangi paparan mikroplastik.

2. Teh CelupTeh celup/ Foto: pexels.com/Cup of Couple

Banyak kantong teh dibuat dari plastik polipropilen yang tidak ramah lingkungan, dan bahkan kantong teh kertas pun dapat mengandung sisa plastik di lapisan penutupnya.

Pada 2023, penelitian yang diterbitkan oleh Dow University of Health Sciences menunjukkan bagaimana air panas yang digunakan untuk menyeduh teh dapat melepaskan jutaan mikroplastik dari kantong teh.

Studi ini mengungkapkan bahwa satu cangkir teh dapat mengandung hingga 3,1 miliar nanoplastik akibat kantong teh tersebut. Kantong teh disebut mengandung zat berbahaya, termasuk senyawa fluor, arsenik, garam radium, aluminium, tembaga, timbal, merkuri, kadmium, barium, dan nitrat.

Ada banyak alternatif yang ramah lingkungan untuk menyeduh teh, seperti menggunakan teko besi atau saringan logam. Koalisi Polusi Plastik merekomendasikan penggunaan kantong teh katun atau menyaring teh melalui linen organik.

Selain kedua benda tersebut, simak sumber plastik lainnya yang ‘dikonsumsi’ masyarakat Indonesia  DI SINI.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Pilihan Redaksi

  • Kurangi Dampak Negatif Limbah Plastik, Studio Desain Ini Ubah Plastik Menjadi Kursi ‘Aesthetic’
  • 5 Rutinitas Kecantikan Sehari-hari yang Diam-diam Berbahaya Bagi Lingkungan
  • Aksi Aeshnina Azzahra, Aktivis Lingkungan Asal Gresik yang Berorasi di Kanada: Setop Kirim Sampah ke Indonesia!
Leave a comment