Informasi Terpercaya Masa Kini

Terkini: Harga dan Cara Beli Prangko Paus Fransiskus, Azan Magrib di TV Diganti jadi Running Text saat Misa Akbar

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Berita terkini ekonomi dan bisnis pada Rabu siang, 4 September 2024 dimulai dari harga dan cara membeli prangko edisi khusus kunjungan Paus Fransiskus.

Kemudian ada berita tentang imbauan azan Magrib di TV untuk diganti ke running text dan profil ACE Hardware. Lalu ada berita tentang dorongan BPKN ke konsumen untuk mengadukan usai konser BTOB dibatalkan dan energi terbarukan yang disebut Luhut bakal menghemat anggaran Rp 90 triliun per tahun.

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita trending tersebut.

1. Harga dan Cara Beli Prangko Edisi Khusus Kunjungan Paus Fransiskus

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan prangko edisi khusus perjalanan apostolik Paus Fransiskus di Indonesia. Penerbitan prangko seri kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan itu masuk ke dalam e-katalog Prangko Indonesia Tahun 2024.

“Penerbitan prangko ini sangat penting untuk kita semua, karena menunjukkan bahwa dalam sejarah Indonesia, kita sudah dikunjungi Bapak Paus, sekarang di-frame (dibingkai) lagi dalam prangko,” kata Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Gunawan Hutagalung dalam acara peluncuran prangko di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta, Senin, 2 September 2024.

Melansir laman filateli.co.id, PT Pos Indonesia (Persero) menerbitkan tiga tipe prangko seri Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Prangko edisi spesial tersebut dirilis dengan nominal Rp 3.500 dan Rp 40.000 serta dicetak dalam jumlah sangat terbatas.

Simak lebih jauh tentang harga dan cara beli prangko Paus Fransiskus di sini.

2. Pemerintah Imbau Azan Magrib di TV Diganti jadi Running Text Saat Misa Akbar Paus Fransiskus

Pemerintah mengimbau agar stasiun televisi untuk menyiarkan azan Magrib dalam bentuk running text ketika menayangkan secara langsung ibadah misa akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis besok, 5 September 2024.

Imbauan itu disampaikan dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik dan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag). Surat itu ditujukan ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tertanggal 1 September 2024.

Di dalam yang salinannya diperoleh Antara pada Selasa malam, 3 September 2024, pemerintah mengimbau agar seluruh televisi nasional menyiarkan secara langsung dan tidak terputus ibadah misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus besok.

Simak lebih jauh tentang imbauan azan Magrib diganti jadi running text di TV di sini.

3. Profile ACE Hardware yang Pergi setelah 29 Tahun di Indonesia

Perusahaan jaringan ritel perkakas asal Amerika Serikat, ACE Hardware mengumumkan akan pamit dari Indonesia per 31 Desember 2024. Penutupan itu dilakukan setelah pemegang lisensinya, PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, tidak melanjutkan perjanjian lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd. yang akan berakhir pada 31 Desember 2024, setelah menjalin kerja sama 29 tahun.

“Hal ini sejalan dengan fokus dan rencana pengembangan bisnis perusahaan di masa mendatang untuk menjawab tren pasar dan preferensi konsumen yang terus berevolusi,” demikian siaran pers PT Aspirasi yang dikutip dari Informasi Keterbukaan Bursa Efek Indonesia, 3 September 2024.

Sementara itu, toko ritel bekas ACE Hardware akan berganti nama. Kini, perusahaan pun tengah menyiapkan peluncuran identitas merek baru, yang dijadwalkan akan diperkenalkan kepada seluruh pelanggan pada awal tahun 2025.

Simak lebih jauh tentang profil ACE Hardware di sini.

4. Buntut Batalnya Konser BTOB, Konsumen Didorong Sampaikan Aduan

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) membuka pintu bagi konsumen yang hendak mengadukan dugaan pelanggaran hak konsumen akibat pembatalan konser grup musik Korea Selatan, BTOB. Ketua Komisi Advokasi BPKN, Fitrah Bukhari, mempersilakan konsumen mengirim aduan melalui laman resmi BPKN di Aplikasi BPKN153 atau call center 08153 153 153.

“Kami welcome terhadap konsumen yang merasa dirugikan akibat pembatalan konser tersebut,” kata Fitrah melalui keterangan tertulis, Rabu, 4 September 2024.

Sebelumnya, selama sepekan kemarin, BPKN sudah menerima puluan aduan. Saat ini, Fitrah menuturkan, pihaknya sedang melakukan verifikasi ke konsumen. Selain itu, meminta klarifikasi kepada pelaku usaha yang terlibat dalam proses perencanaan konser, penyedia jasa tiket. “Kami juga tidak menutup kemungkinan untuk berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait,” ujarnya.

Simak lebih jauh tentang buntut batalnya konser BTOB di sini.

5. Luhut Sebut Transisi Energi Bakal Hemat Subsidi Rp 90 Triliun per Tahun Sekaligus Atasi Masalah Polusi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan transisi energi secara bertahap bakal menghemat subsidi sebesar Rp 45 triliun hingga Rp 90 triliun per tahun.

Hal itu disampaikan Luhut ketika ditemui di sela perhelatan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak (HLF MSP) dan Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2, di Badung, Bali, Senin, 1 September 2024.

Adapun tahapan-tahapan transisi energi tersebut meliputi penghentian operasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya, di Cilegon, Banten, penerapan standar emisi karbon kepada para pelaku industri, serta mendorong penggunaan kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Simak lebih jauh tentang transisi energi bakal hemat subsidi Rp 90 triliun di sini.

Leave a comment