Informasi Terpercaya Masa Kini

Viral karena Hampir Pingsan di IKN, Segini Kisaran Gaji Paskibraka

0 8

TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah momen mengharukan dalam rangkaian upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) terekam kamera. Dalam video yang viral di media sosial tampak seorang petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang hampir pingsan, tetapi tetap bertahan.

Seorang anggota Paskibraka putri terlihat hampir terjatuh dan ditahan dua rekannya ketika kirab duplikat bendera sang merah putih dan teks proklamasi di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Berkat ketangguhannya tersebut, para personel petugas upacara banjir dukungan dan apresiasi dari warganet.

“Pasukan urutan ke dua setelah pasukan berbaju merah tampak akan pingsan, tetapi jiwa nasionalismenya tinggi sekali, kami bangga sekali,” kata @jjh1631 di kolom komentar video yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden (Setpres), Sabtu, 10 Agustus 2024. Lantas, berapa gaji Paskibraka?

Gaji Paskibraka sesuai Tingkatan

Paskibraka adalah pelajar putra dan putri terbaik bangsa yang bertugas mengibarkan atau menurunkan duplikat bendera pada upacara HUT RI dan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Hal itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Pendanaan program Paskibraka bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Pendanaan yang bersumber dari APBD sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b digunakan untuk program Paskibraka tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang merupakan urusan pemerintahan umum,” bunyi Pasal 22 ayat (3) Perpres tersebut.

Melansir dokumen elektronik Standar Harga Belanja Daerah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Tahun 2017, honor peserta paskibraka kabupaten sebesar Rp 50.000 per orang per hari, Rp 150.000 per orang per hari untuk peserta seleksi tingkat provinsi, dan Rp 250.000 per orang per hari untuk peserta seleksi nasional atau pemerintah pusat.

Adapun pada 2023, personel Paskibraka tingkat nasional menjalani pemusatan latihan selama kurang lebih 40 hari. Pelatihan tidak hanya mencakup kegiatan baris-berbaris, tetapi juga materi pembelajaran aktif, seperti pembinaan ideologi, pendidikan karakter, serta pemantapan nlai-nilai kebangsaan dan Pancasila.

Selanjutnya baca: Bonus sebagai petugas Paskibraka

Selain uang saku, setiap petugas Paskibraka juga berkesempatan mendapatkan bonus dari berbagai pihak. Seperti pada Upacara 17 Agustus 2021, Pemerintah Kota Blitar, Jawa Timur memberikan bonus sebesar Rp 10 juta untuk setiap anggota Paskibraka nasional.

Apresiasi juga datang dari PT Pegadaian yang membagikan beasiswa Tabungan Emas kepada 68 anggota Paskibraka dan 44 orang pelatih pada 2022. Setiap anggota memperoleh Tabungan emas sebesar Rp 3 juta, sedangkan pelatih diberi penghargaan beasiswa senilai Rp 1 juta per orang.

Kemudian, tidak sedikit pula anggota Paskibraka yang ditawari masuk Akademi Kepolisian dan Akademi Militer. Misalnya, pada 2014, para petugas pengibar bendera mengutarakan keinginan mereka untuk menjadi anggota Kepolisian kepada Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia kala itu, Jenderal Pol Sutarman.

Anggota Paskibraka juga bisa mendapatkan apresiasi dalam bentuk liburan ke destinasi wisata tertentu. Misalnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang menghadiahi paket liburan ke Bali kepada petugas Paskibraka tingkat provinsi di upacara HUT Ke-78 RI pada 2023.

MELYNDA DWI PUSPITA | MUHAMMAD RAFI AZHARI berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan Editor: Kisah Haru Paskibraka yang Dapat Kesempatan Kibarkan Bendera di IKN

Leave a comment