Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Melindungi Tanaman Pothos dari Suhu Dingin

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Pothos atau sirih gading (Epipremnum aureum) merupakan tanaman merambat yang dikenal tangguh dan dapat tumbuh subur di berbagai kondisi ruangan.

Meski demikian, tanaman pothos memiliki preferensi dan toleransi suhu tertentu. Tanaman tropis ini tumbuh subur dalam kondisi hangat, tetapi juga dapat mentoleransi suhu lebih rendah sampai batas tertentu. 

Baca juga: 7 Manfaat Merawat Tanaman Pothos di Rumah

Kisaran suhu yang aman untuk tanaman pothos tergantung pada beberapa faktor, termasuk durasi paparan sinar matahari serta kesehatan dan kematangan tanaman.

Secara umum, tanaman pothos dapat mentoleransi suhu serendah 10 derajat Celsius tanpa kerusakan berarti.

Namun, penting dicatat, paparan suhu di bawah 15 derajat Celsius dalam jangka panjang dapat berdampak negatif pada pertumbuhan dan vitalitas tanaman pothos.

Begitu juga angin dingin dan fluktuasi suhu yang tiba-tiba harus dihindari karena dapat menyebabkan stres serta gugurnya daun. 

Baca juga: Cara Membuat Tanaman Pothos Tumbuh Subur dan Rimbun

Kisaran suhu optimal untuk tanaman pothos

Kisaran suhu optimal untuk tanaman pothos umumnya 18-29 derajat Celsius. Suhu ini dapat membuat tanaman pothos tumbuh subur dan kuat dengan dedaunan rimbun serta sehat.

Suhu ini juga memberikan kondisi ideal untuk tanaman berfotosintesis, menyerap nutrisi, dan proses metabolisme pada tanaman.

Mengingat berasal dari daerah tropis, tanaman pothos lebih menyukai lingkungan hangat dan lembap. Suhu lebih hangat merangsang pertumbuhan yang lebih cepat, mendorong perkembangan daun baru, dan meningkatkan vitalitas tanaman secara keseluruhan.

Namun, penting memastikan ventilasi dan aliran udara memadai guna mencegah panas dan kelembapan berlebihan, yang dapat menyebabkan masalah seperti penyakit jamur atau pembusukan.

Pada kisaran suhu optimal yang lebih rendah, tanaman pothos umumnya dapat mentoleransi suhu di atas 15 derajat Celsius.

Suhu di bawah kisaran ini, terutama di bawah 10 derajat Celsius, dapat memperlambat pertumbuhan dan berpotensi merusak tanaman. 

Dilansir dari Balcony Garden Web, Sabtu (26/10/2024), ada sejumlah tanda tanaman pothos rusak akibat suhu dingin. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini 5 Perbedaan Tanaman Pothos dan Philodendron

Perubahan warna daun

Daun pothos yang rusak karena dingin dapat membentuk bercak gelap atau hitam. Perubahan warna ini tampak seperti basah kuyup atau layu, yang menunjukkan kerusakan sel yang disebabkan suhu beku.

Menggugurkan daun 

Daun pothos yang mengalami stres akibat dingin dapat gugur atau layu. Hal ini karena kerusakan pada sistem pembuluh tanaman.

Sebenarnya, ini merupakan respons terhadap penyerapan dan pengangkutan air yang terganggu di dalam tanaman.

Daun menjadi coklat

Daun pothos yang terkena suhu dingin dapat berubah menjadi coklat atau tepinya berwarna coklat. Perubahan warna ini terjadi akibat kerusakan sel serta dapat menyebar dari ujung daun ke dalam. 

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Pothos yang Populer Ditanam di Rumah

Pertumbuhan terhambat

Tanaman sirih gading yang rusak karena dingin dapat menunjukkan pertumbuhan lambat atau terhambat.

Hal ini karena suhu dingin menghambat proses metabolisme tanaman, yang menyebabkan laju pertumbuhan berkurang dan daun menjadi lebih kecil dan kurang kuat.

Gugurnya daun

Kerusakan akibat cuaca dingin yang parah dapat menyebabkan daun tanaman pothos menguning, yang akhirnya gugur dari tanaman.

Ini merupakan respons perlindungan karena daun yang rusak akan gugur untuk mengalihkan sumber daya ke pertumbuhan baru. 

Baca juga: 9 Cara Membuat Daun Tanaman Pothos Tumbuh Lebih Besar

Cara mengatasi tanaman pothos yang rusak akibat dingin

  • Pangkas dedaunan yang rusak

Pangkas daun tanaman pothos yang menghitam atau rusak parah menggunakan gunting pangkas yang bersih serta tajam. Proses ini memungkinkan pothos mengalihkan energinya menuju pertumbuhan baru.

  • Sediakan kondisi optimal

Pindahkan tanaman pothos ke area hangat dan terang dengan suhu yang aman, yakni 18-29 derajat Celsius.

Pastikan tanaman pothos menerima cahaya terang tidak langsung, tetapi hindari meletakkannya di bawah sinar matahari langsung karena dedaunan yang rusak mungkin lebih sensitif terhadap cahaya kuat. 

Baca juga: Mengapa Daun Pothos atau Sirih Gading Menguning? Ini Penyebabnya

  • Sesuaikan penyiraman

Selama masa pemulihan, sesuaikan rutinitas penyiraman untuk memenuhi kebutuhan tanaman.

Jaga tanah tetap lembap, tetapi tidak becek. Hindari penyiraman berlebihan karena akar yang rusak karena dingin lebih rentan membusuk.

Biarkan sekitar 2,5 sentimeter bagian atas tanah mengering sebelum menyiram tanaman pothos lagi.

  • Kelembapan dan pengembunan

Tanaman pothos menyukai kelembapan sedang. Tingkatkan kelembapan di sekitar tanaman dengan meletakkan nampan berisi air dan kerikil di dekatnya atau menggunakan pelembap udara. Semprot sesekali dedaunan yang tersisa untuk memberikan kelembapan ekstra.

  • Amati dengan sabar

Menghidupkan kembali tanaman pothos yang rusak karena dingin memerlukan waktu, perlu beberapa minggu, bahkan bulan agar pertumbuhan baru muncul.

Bersabarlah dan terus berikan perawatan optimal. Pantau tanaman pothos dengan saksama untuk melihat tanda-tanda pertumbuhan baru serta sesuaikan rutinitas perawatannya. 

Baca juga: Menanam Pothos atau Sirih Gading Tanpa Air? Begini Caranya

Cara melindungi tanaman pothos dari suhu dingin

  • Lindungi dari angin dingin

Jauhkan tanaman pothos dari jendela atau pintu karena angin dingin dapat mempengaruhi tanaman. Angin dingin dapat menyebabkan stres dan kerusakan pada dedaunan.

  • Gunakan isolasi

Selanjutnya, cara melindungi tanaman pothos dari suhu dingin adalah menggunakan isolasi.

Jika tanaman pothos berada di area dengan suhu lebih dingin, seperti di dekat jendela atau dinding luar, pertimbangkan menggunakan bahan isolasi, seperti plastik gelembung atau lembaran busa untuk membuat penghalang antara tanaman dan permukaan yang dingin. 

  • Ciptakan iklim mikro

Jika pothos ditempatkan di ruangan sangat dingin, ciptakan iklim mikro dengan nampan berisi air dan kerikil yang diletakkan di dekat tanaman.

Air yang menguap dari nampan meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman dan menciptakan lingkungan yang sedikit lebih hangat. 

  • Tutupi tanaman

Terakhir, cara melindungi tanaman pothos dari suhu dingin adalah menutupi tanaman. 

Selama musim dingin yang parah atau peringatan embun beku, tutupi tanaman pothos dengan kain tipis atau penutup tanaman semalaman untuk memberikan lapisan isolasi tambahan serta perlindungan terhadap suhu dingin.

Leave a comment