Informasi Terpercaya Masa Kini

Apakah Nanas Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

0 2

KOMPAS.com – Nanas adalah salah satu buah tropis yang dikenal memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan, buah nanas mengandung air, serat, mineral, fosfor, kalium, natrium, dan vitamin C yang tinggi.

Beberapa manfaat nanas untuk kesehatan adalah melancarkan sistem pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, dan melawan peradangan.

Selain itu, nanas juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan tubuh.

Benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 6 Efek Minum Air Rendaman Nanas Setiap Pagi, Apa Saja?

Manfaat nanas untuk menurunkan berat badan

Dilansir dari AOL, buah nanas kerap dikaitkan dengan penurunan berat badan karena rendah kalori dan memiliki kadar air yang tinggi. Secangkir nanas hanya mengandung sekitar 142 kalori, sehingga cocok dijadikan camilan bagi Anda yang sedang defisit kalori.

Nanas juga mengandung 2,31 gram serat yang akan menjaga rasa kenyang lebih lama setelah makan serta mengurangi keinginan untuk ngemil.

Buah asal Brasil ini juga kaya akan vitamin C dan enzim bromelain, yang dalam sejumlah penelitian telah terbukti membantu melancarkan pencernaan serta mengurangi peradangan.

Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan pengaruh enzim bromelain terhadap berat badan.

Meski begitu, sebuah studi tahun 2020 yang meneliti efek cuka nanas bagi tikus penderita obesitas menunjukkan beberapa hasil yang positif.

Cuka nanas bisa membantu mengontrol berat badan, karena dapat memengaruhi aktivitas gen yang berkaitan dengan obesitas.

Cuka nanas juga memengaruhi mikrobiota usus dengan mengubah jenis bakteri dalam usus tikus. Hal itu dapat memengaruhi kesehatan dan berat badan secara keseluruhan.

Terakhir, cuka nanas juga terbukti meningkatkan kadar antioksidan yang akan melindungi tubuh dari kerusakan akibat kelebihan lemak.

Baca juga: Efek Makan Nanas Setiap Hari, Berbahayakah bagi Tubuh?

Cara efektif menurunkan berat badan dengan nanas

Menurunkan berat badan dengan nanas akan efektif apabila Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Mengombinasikan nanas dengan protein

Anda dapat mengonsumsi nanas dengan sumber protein, seperti yogurt tanpa pemanis, kacang-kacangan atau keju.

Hal ini akan membantu menstabilkan kadar gula darah dan membuat rasa kenyang tahan lama. 

2. Makan nanas sebelum olahraga

Nanas kaya akan karbohidrat, sumber energi yang dibutuhkan sebelum berolahraga.

Oleh karena itu, makan nanas sebelum berolahraga akan membantu mengisi bahan bakar tubuh dan meningkatkan performa Anda, sehingga olahraga menjadi lebih efektif membakar kalori.

3. Terapkan makan seimbang

Menurunkan berat badan akan lebih efektif jika mengombinasikan nanas ke dalam makanan yang seimbang.

Misalnya, memadukan nanas dengan protein tanpa lemak, seperti ayam atau ikan, bisa juga dengan menambahkannya ke salad atau tumisan. 

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Makan Nanas Setiap Hari?

Cara menikmati nanas

Ada beberapa cara menikmati nanas yang bisa dicoba, termasuk cara yang paling umum, yaitu:

1. Makan nanas segar

Mengonsumsi daging buah nanas yang segar akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Nanas segar sebaiknya dimakan dengan ukuran porsi sedang atau sekitar 165 gram agar bisa memberikan vitamin yang cukup sekaligus mengontrol kalori.

2. Jus nanas

Nanas juga bisa dibuat menjadi jus bila bosan mengonsumsi nanas segar. Namun, jus nanas mengandung gula yang lebih tinggi dan tidak memiliki serat seperti pada nanas utuh.

Hal itu dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan tidak efektif menurunkan berat badan, terutama bagi penderita diabetes. Dalam satu jus nanas mengandung sekitar 216 kalori.

3. Nanas kering

Nanas kering bisa menjadi camilan yang praktis, tetapi sering kali kadar gula dan kalorinya lebih tinggi dibandingkan nutrisi yang ditawarkan.

Sebaiknya pilih nanas kering yang diolah tanpa pemanis dan makan secukupnya untuk sekedar mengisi kebutuhan kalori harian.

Baca juga: Apa Saja Efek Makan Nanas Terlalu Banyak?

Waktu terbaik makan buah nanas

Mengonsumsi nanas di pagi atau malam hari memberikan dampak yang berbeda bagi tubuh. Namun untuk menurunkan berat badan, waktu yang paling baik adalah di malam hari.

Nanas yang dimakan saat pagi akan memberikan energi tambahan karena kandungan gula alami dan vitamin C. Mineral dan serat dalam nanas juga merupakan nutrisi yang penting untuk memulai hari.

Sementara, jika dikonsumsi malam hari, nanas akan membantu meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyenyak. Tidur nyenyak penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, dapat membantu mengatur hormon lapar, seperti ghrelin dan leptin.

Selain itu, dalam nanas terdapat melatonin atau hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Suplementasi melatonin telah terbukti meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda tertidur dengan mudah.

Nanas juga mengandung triptofan, asam amino yang berperan mengatur suasana hati dan pola tidur. Kadar seratonin yang tiniggi dapat meningkatkan kualitas tidur, karena diubah menjadi melatonin.

Meski begitu, bagi penderita diabetes sebaiknya perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter jika ingin makan nanas sebelum tidur, karena bisa menyebabkan gula darah naik.

Baca juga: Bisa Berbahaya, Hindari Makan Nanas dalam Kondisi Ini

Leave a comment