Informasi Terpercaya Masa Kini

4 Rekomendasi Ponsel Gaming Terbaik yang Masih Layak Dibeli

0 2

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Berikut empat rekomendasi ponsel gaming terbaik tahun 2024.

Ponsel pintar di hampir semua segmen harga kini mampu menjalankan game kelas atas. Namun, tidak semuanya menawarkan pengalaman terbaik.

Game umumnya berjalan lebih baik pada ponsel dengan chipset terbaik. Namun, itu saja tidak cukup untuk sesi game seluler yang superior.

Sejumlah faktor lain juga penting, seperti sistem pendingin, layar, baterai, dan lainnya. Ponsel pintar yang dirancang khusus untuk game mengatasi semua faktor penting ini.

Sayangnya, ‘ponsel pintar untuk game’ gagal memikat pelanggan selama bertahun-tahun. Dengan demikian, jumlah opsi kini terbatas.

Baca: 7 Hal Ini Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Update Android 15

Hingga saat ini, hanya ada dua ponsel gaming yang benar-benar memiliki spes mempuni untuk bermain game. Kedua ponsel tersebut yakni Asus dan Red Magic.

Selain keduanya, ada sejumlah ponsel gaming yang bisa menjadi pilihan untuk Anda beli tahun 2024 ini.

Daftar HP Gaming

Mengutip dari situs Gizmochina, berikut beberapa ponsel gaming terbaik yang bisa jadi pertimbangan untuk Anda beli tahun 2024:

1. Asus ROG Phone 8 Pro

Asus adalah merek ponsel pintar gaming tertua yang masih ada. Pembuat PC ini terus merilis ponsel gaming tahunannya yang ditenagai oleh chip unggulan Qualcomm.

Model teratas tahun 2024, yang dijuluki ROG Phone 8 Pro yang dilengkapi Snapdragon 8 Gen 3 SoC, diluncurkan pada bulan Januari. 

Meskipun sudah berusia hampir satu tahun, ponsel ini tetap menjadi ponsel pintar gaming terbaik di dunia.

Ada dua alasan utama untuk ini. Pertama-tama, ini adalah satu-satunya ponsel pintar gaming yang tersedia secara luas. Kedua, perangkat keras dan perangkat lunaknya terlihat dan terasa seperti ponsel pintar biasa.

Karena merupakan produk khusus, Asus mengenakan biaya premium sebesar $1199,99 tetapi tetap hanya menjamin 2 pembaruan Android. 

Harga perangkat ini hampir sama di semua pasar. Namun, karena usianya yang sudah lebih tua beberapa bulan, Anda mungkin bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah.

Asus ROG Phone 8 Pro adalah satu-satunya ponsel pintar gaming dengan peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air. 

Meskipun tampak seperti ponsel standar, ponsel ini tetap memiliki keunikan seperti zona sensitif tekanan, matriks LED mini 341 yang dapat diprogram, dan dua port USB Type-C.

Fitur penting lainnya termasuk sistem kamera tiga lensa yang tepat (lebar, sangat lebar, dan zoom), layar AMOLED LTPO 165Hz yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2, dan dukungan pengisian daya nirkabel.

2. Red Magic 9S Pro

Red Magic 9S Pro harganya hampir setengah dari harga Asus ROG Phone 8 Pro meskipun memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang di-overclock. 

Harganya mulai dari 649 dolar AS, tetapi dapat diperoleh dengan harga yang lebih rendah.

Namun, ketersediaannya terbatas. Selain itu, sebagai produk yang difokuskan di Tiongkok, perangkat lunaknya bisa jadi bagus atau buruk bagi khalayak Barat.

Meski demikian, ini adalah satu-satunya ponsel pintar gaming pada tahun 2024 yang masih mempertahankan beberapa fitur lama. 

Ponsel ini tidak hanya dilengkapi dengan strip lampu RGB, tetapi juga kipas pendingin internal. Ada juga zona peka tekanan dan baterai berkapasitas 6.500mAh.

Meskipun mengemas beberapa fitur tambahan, Red Magic 9S Pro memiliki ketebalan dan berat yang hampir sama dengan ROG Phone 8 Pro. 

Kamera yang menonjol dan bagian belakang transparan opsional juga membuatnya menonjol.

Baca: 5 Ponsel Lipat Baru yang Siap Meramaikan Pasar Smartphone Global Pada 2025

3. iQOO 12

iQOO 12 bukanlah ponsel pintar gaming, tetapi ponsel andalan dari sub-merek Vivo. Namun, ponsel ini memiliki keunggulan dalam hal gaming.

Snapdragon 8 Gen 3 di dalam ponsel ini dioptimalkan dengan baik untuk gaming, tidak seperti ponsel lain di segmennya. Ponsel ini juga lebih murah 600 dolar AS daripada ‘ponsel pintar gaming’ yang disebutkan sebelumnya. Selain itu, ketersediaannya lebih baik daripada Red Magic 9S Pro.

Perangkat ini dilengkapi dengan sistem kamera tiga lensa yang mumpuni, yang dapat berguna. Meskipun baterainya hanya 5.000mAh, ada dukungan untuk pengisian daya kabel 120W.

iQOO 12 memiliki chip khusus untuk layar AMOLED LTPO 144Hz-nya guna menangani kecepatan refresh secara efisien saat bermain game. 

Ponsel tersebut juga menawarkan getaran dan efek suara yang dapat disesuaikan untuk pengalaman bermain game yang imersif.

4. iPhone 16 Pro Max

Apple A18 Pro di dalam iPhone 16 Pro Max saat ini merupakan chip seluler terkuat di pasaran. Selain itu, sudah menjadi fakta umum bahwa aplikasi dan game iOS dioptimalkan dengan lebih baik dibandingkan dengan aplikasi dan game Android.

Dengan demikian, bermain game di iPhone 16 Pro Max lebih baik daripada di ponsel pintar mana pun meskipun merupakan ponsel premium biasa. 

Perangkat tersebut juga dapat menjalankan judul AAA terbatas dari konsol, yang tidak mungkin dilakukan di ponsel Android mana pun.

Faktanya, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang agak mirip bahkan dari iPhone 16 vanilla yang dilengkapi chip A18. 

Namun, ia tidak dapat menawarkan pengalaman terbaik dengan layar 60Hz yang lebih lambat dan baterai yang lebih kecil.

iPhone 16 Pro Max tidak memiliki karakteristik smartphone gaming. 

Selain itu, Anda tidak dapat mengunduh game yang tidak tersedia di toko aplikasi pihak pertama seperti di Android. Hal ini dapat mengecewakan bagi para gamer sejati.

 

(TRIBUNNEWSWIKI.com/Mikael Dafit)

Leave a comment