Informasi Terpercaya Masa Kini

Apple Mau Buat OS Baru untuk Perabot Pintar?

0 2

KOMPAS.com – Apple memiliki sejumlah sistem operasi (OS) untuk perangkat-perangkat yang dijualnya. Beberapa di antaranya seperti iOS untuk iPhone, macOS untuk Macbook, watchOS untuk Apple Watch, visionOS untuk Vision Pro, dan lain sebagainya. 

Kini, Apple disinyalir akan membuat OS baru untuk produk perabot pintar (smart home) yang akan mereka buat.

Hal ini disampaikan pembocor fitur dan teknologi Apple kenamaan yang berasal dari kantor berita Bloomberg, yaitu Mark Gurman. Lewat aku resmi X (Twitter) pribadinya, handle @markgurman, ia mengatakan OS tersebut akan bernama homeOS.

Baca juga: Tiga MacBook Ini Resmi Jadi Produk Kuno Apple

“Saat ini Apple sedang menggenjot rencana untuk membuat produk perabot pintar yang memiliki layar iPad, dan perangkat ini akan meluncur sekitar tahun depan dengan OS homeOS,” kata Gurman.

Ia tak mengumbar apa nama resmi perangkat smart home Apple tersebut. Namun, ia mengatakan produk ini akan turut dibekali dengan fitur kecerdasan buatan (AI) khas Apple, yaitu Apple Intelligence. 

Konon, perabot pintar ini, yang memiliki komponen layar iPad, akan memiliki komponen tangan mekanikal, sehingga kemungkinan akan dijuluki dengan iPad Robot. 

Untuk fungsinya, perabot pintar ini kemungkinan besar akan bisa menerima perintah (prompt) pengguna dan melakukan apa yang bisa dilakukan dengan tangan.

Di samping iPad Robot, Apple juga kabarnya akan memiliki produk smart home lainnya yang berbentuk layar.

Konon, perangkat yang akan dibekali homeOS ini bisa dipakai untuk FaceTime dan mengendalikan perangkat dam smart home Apple lainnya yang ada di rumah.

Baca juga: Jangan Kaget, Apple Intelligence Bakal Sedot Memori iPhone 16

Belum ada informasi apakah kabar mengenai homeOS dan perangkat-perangkat smart home Apple yang disebutkan di atas benar atau tidak.

Sebab, Apple saat ini memang belum mengumbar hal apapun terkait kehadiran homeOS dan perangkat pendukungnya.

Namun apabila kabar ini akurat, maka Apple nanti agaknya akan bersaing dengan beragam merek penyedia perabot pintar yang saat ini sudah lebih dulu ada di pasaran, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (1/10/2024).

Leave a comment