Informasi Terpercaya Masa Kini

Cawabup Maros Suhartina Positif Narkoba, Gugur Sebelum Lawan Kotak Kosong

0 3

Pasangan calon bupati-wakil bupati Maros, Chaidir Syam-Muetazim Mansyur, resmi melawan kotak kosong pada Pilkada serentak 2024. Mereka mendapatkan nomor urut 2.

Pengundian nomor urut cakada Maros dilakukan di kantor KPU Maros, pada Senin (23/9).

Bagaimana Perjalanan Pendaftaran Pilbup Maros?

Chaidir Syam awalnya tetap memilih Suhartina Bohari sebagai pasangannya untuk kembali bertarung di Pilkada 2024. Namun, belakangan, Suhartina dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam pemeriksaan kesehatan, sehingga terpaksa digantikan oleh Muetazim Mansyur.

Belakangan, berdasarkan keterangan Ketua Pemeriksa Narkotika Pilkada Sulsel 2024 dari BNNP Sulsel, Sudarianto, mengatakan bahwa Suhartina dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena positif narkoba.

“Pada pemeriksaan itu langsung menunjukkan hasil positif metamfetamin,” kata Sudarianto.

Ia menjelaskan bahwa BNN Sulsel telah melakukan proses pemeriksaan kesehatan (narkotika) dalam rangka pemilihan calon kepala daerah di Sulawesi Selatan.

“Dari 140 orang cakada yang diperiksa melalui tes urine, satu orang positif. Ia adalah Suhartina Bohari, bakal calon wakil bupati Maros,” jelasnya.

Pemeriksaan dilakukan secara profesional dengan menggunakan rapid test 7 parameter. Tes dilakukan tiga kali, dan pada tes pertama ditemukan hasil positif. Untuk memastikannya, dilakukan tes kedua dan ketiga serta konfirmasi ke laboratorium pusat BNN cabang Makassar. Hasilnya tetap positif.

“Laboratorium BNN ini sangat akurat. Jika yang dikonsumsi adalah obat batuk, hasilnya akan menunjukkan obat batuk, termasuk nama obatnya. Begitu pula jika obat tidur. Namun, pemeriksaan langsung menunjukkan metamfetamin,” ujar Sudarianto.

Pasangan Chaidir-Muetazim Mendapat Nomor Urut 2

Chaidir Syam dan Muetazim Mansyur (CS-TA) mendapatkan nomor urut 2 dalam pengundian nomor urut yang dilakukan pada Senin (23/9). Mereka datang ke kantor KPU Maros diiringi ribuan pendukung.

Menurut Chaidir, nomor urut 2 merupakan nomor keberuntungannya, dan ia yakin akan kembali memenangkan Pilkada serentak 2024.

“Nomor 2 sama dengan Pilkada 2020 lalu, dan kami menang. Maka dengan pertolongan Allah Swt., semoga kemenangan ini diulang kembali pada Pilkada 2024,” kata Chaidir usai pengundian nomor urut.

Meski melawan kotak kosong, pihaknya menargetkan kemenangan yang cukup tinggi, yakni 80 persen suara dalam Pilkada 2024.

“Kotak kosong bukan hal baru. Ada yang pernah menang melawan kotak kosong, tetapi ada juga yang kalah. Kami menargetkan 80 persen kemenangan,” ujar Chaidir.

Pasangan Chaidir-Muetazim akan mulai berkampanye pada 25 September mendatang dengan menyasar masyarakat di 14 kecamatan di Kabupaten Maros.

Leave a comment