Informasi Terpercaya Masa Kini

8 Aplikasi AI yang Bisa Jawab Soal Matematika, Gratis dan Mudah Dipakai

0 2

KOMPAS.com – Aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) kini tak terhitung lagi jumlahnya. Dari sekian banyak aplikasi AI yang ada, terdapat aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika. Pengguna mungkin bakal membutuhkan aplikasi AI matematika.

Aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika bisa dimanfaatkan buat membantu proses belajar. Pengguna yang tengah belajar matematika bisa memakai aplikasi ini buat belajar mengerjakan soal matematika, yang mungkin dirasa sulit.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Art Generator buat Bikin Gambar dari Teks, Ada Canva dan Midjourney

Lantas, apa saja AI yang bisa jawab soal matematika? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dan mencobanya, silakan simak daftar di bawah ini mengenai aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika.

Daftar aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika

Ada banyak aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika, yang dapat dipakai pengguna buat belajar. Beberapa contohnya, seperti StudyX, Socractic, Gemini, dan bahkan ChatGPT yang mungkin sudah cukup umum diketahui.

Aplikasi-aplikasi tersebut mudah dipakai untuk menjawab soal matematika. Secara umum, aplikasi AI matematika dapat menyajikan jawaban dan langkah penyelesaian dari masalah matematika yang ditanyakan pengguna.

Jadi, pengguna tinggal memasukkan soal, lalu aplikasi bakal menjawabnya. Dari jawaban yang diberikan itu, pengguna bisa mempelajari langkah penyelesaian soal matematika. Adapun beberapa aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika adalah sebagai berikut:

1. StudyX  

Aplikasi AI untuk mengerjakan soal matematika yang pertama adalah StudyX. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa membantu pengguna buat belajar berbagai mata pelajaran sekolah, termasuk matematika.

Di StudyX, pengguna dapat menuliskan soal matematika atau mengunggah gambar soal matematika. Selanjutnya, StudyX bakal menyajikan jawaban dan langkah penyelesaian dari soal yang diberikan itu. StudyX bisa diakses di website ini https://studyx.ai.

2. Socratic

Socratic merupakan aplikasi AI matematika yang dikelola oleh Google. Aplikasi ini dapat digunakan untuk belajar matematika. Pengguna dapat memfoto soal matematika dengan berbagai formula dan mendapatkan solusinya di aplikasi ini.

Selain matematika, Socratic juga mendukung berbagai mata pelajaran lainnya. Anda dapat mengajukan pertanyaan dalam bentuk teks atau gambar untuk mendapatkan solusi serta penjelasan yang informatif.

Aplikasi AI matematika ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).

3. Wolfram Alpha

Ketiga, terdapat aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika bernama Wolfram Alpha. Di aplikasi ini, pengguna bisa memasukkan soal-soal matematika, seperti aljabar, persamaan, dan lainnya.

Kemudian, Wolfram Alpha bakal menyajikan jawaban sekaligus langkah-langkah dalam mengerjakan soal matematika yang dimasukkan pengguna tersebut. Wolfram Alpha bisa diakses lewat website ini https://www.wolframalpha.com.

Baca juga: 10 Manfaat Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan yang Perlu Diketahui

4. Gemini

Berikutnya, terdapat aplikasi AI matematika bernama Gemini. Gemini pada dasarnya bukan aplikasi yang dirancang secara khusus untuk mengerjakan matematika. Gemini merupakan aplikasi AI generatif buatan Google yang bisa menjawab segala pertanyaan pengguna.

Dengan kemampuan itu, pengguna dapat memanfaatkan Gemini buat menanyakan jawaban dan cara penyelesaian dari soal matematika. Di Gemini, pengguna dapat mengunggah gambar soal matematika ataupun menuliskannya secara manual.

Setelah soal matematika dimasukkan, Gemini bakal menyajikan jawabannya ke pengguna. Gemini bisa diakses melalui website ini https://gemini.google.com.

5. ChatGPT

Kelima, terdapat aplikasi AI untuk mengerjakan soal matematika, yang mungkin sudah tak asing lagi, yakni ChatGPT. Sama seperti Gemini, ChatGPT juga merupakan aplikasi AI generatif yang bisa menjawab berbagai pertanyaan pengguna.

Pengguna bisa mengajukan berbagai pertanyaan ke ChatGPT, termasuk pertanyaan-pertanyaan matematika. Pengguna dapat memasukkan pertanyaan matematika dengan mengetik manual atau mengunggah gambar.

Dari pertanyaan itu, pengguna dapat meminta ChatGPT buat menjawab dan menyajikan langkah-langkah penyelesaiannya. ChatGPT bisa diakses melalui aplikasi di HP atau dapat pula lewat website ini, https://chatgpt.com.

6. Mathway

Aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika yang selanjutnya adalah Mathway. Di aplikasi ini, pengguna dapat memasukkan soal matematika dengan mengetik secara manual atau memfoto soal.

Setelah soal matematika dimasukkan, Mathway bakal menyajikan jawaban dan langkah-langkah pengerjaannya. Aplikasi AI matematika ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).

7. Google Lens

Ketujuh, terdapat aplikasi AI untuk mengerjakan soal matematika yang lain dari Google, yaitu Google Lens. Di Google Lens, pengguna bisa mencari berbagai informasi dari gambar. Informasi itu tak terkecuali tentang jawaban atas soal matematika.

Pengguna dapat memfoto soal matematika di buku. Kemudian, Google Lens bakal memberikan jawaban dan langkah-langkahnya. Google Lens tersedia di aplikasi Google yang bisa diunduh di Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).

8. Microsoft Math Solver

Aplikasi AI matematika yang berikutnya adalah Microsoft Math Solver. Di aplikasi AI matematika dari Microsoft ini, pengguna dapat memasukkan soal secara manual dengan mengetik atau memfoto soal matematika yang ada di buku pelajaran.

Setelah itu, Microsoft Math Solver bakal menyajikan jawaban dan langkah pengerjaannya. Aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika ini bisa diunduh lewat Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iPhone).

Baca juga: 5 Aplikasi AI Voice Generator yang Lagi Ramai buat Ganti Lagu dengan Suara Orang Lain

Itulah daftar aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika. Semua aplikasi di atas dapat diakses secara gratis. Dengan aplikasi-aplikasi ini, pengguna bakal lebih mudah untuk belajar mengerjakan soal matematika.

Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi AI yang bisa jawab soal matematika itu untuk membantu mengerjakan soal-soal, seperti aritmatika, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan masih banyak lagi.

Penting diingat, aplikasi AI semacam ini hendaknya dipakai dengan benar untuk membantu belajar. Pengguna dapat memahami langkah yang disajikan aplikasi untuk mempelajari cara menjawab soal matematika.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment