Informasi Terpercaya Masa Kini

Sudah Diberi Diskon Rp 10 Juta, Konversi Motor BBM ke Listrik Baru 800 Unit

0 2

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat bantuan konversi motor BBM menjadi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) senilai Rp 10 juta per unit baru tersalurkan sekitar 800 unit motor atau 20 persen dari target 4.000 unit tahun ini.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) ESDM, Eniya Listiani Dewi, menuturkan pihaknya masih optimistis dapat mencapai angka 4.000 unit motor hasil konversi.

“Sekarang sudah 800-an, jadi ingin kita tingkatkan. Target kita sih sebetulnya 4.000 (unit motor konversi), memang 4.000 itu angka yang paling optimistis tahun ini. Tapi kita sediakan dulu untuk segitu,” kata Eniya saat ditemui usai acara PLN EV Conversion Race 2024 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/9).

Eniya mengatakan, selain Kementerian ESDM, program ini juga didampingi oleh dana corporate social responsibility (CSR). Ada 1.000 konversi gratis dari bantuan sosial perusahaan.

Selain itu, Eniya menyebutkan dalam beberapa bulan ke depan, capaian konversi motor listrik ini akan bertambah menjadi 1.304 unit. Dia berharap, konversi kendaraan BBM menjadi EV ini akan dilakukan juga untuk kendaraan pelat merah.

“Hampir 1.304 (unit) kemungkinan sampai beberapa bulan lagi 1.304 (unit). Jadi kita harapkan nanti aplikasi di website juga tolong diakses dan untuk kendaraan pelat merah juga harus bersedia dikonversi. Kita harapkan antusiasmenya untuk melakukan konversi dari bensin ke listrik,” tutur Eniya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menuturkan program konversi kendaraan konvensional ini akan menjadi program yang diwariskan kepada pemerintahan Prabowo Subianto.

“Iya (dilanjutkan di era Prabowo), kita akan terus mencari cara supaya ini berlanjut,” tuturnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri sektor ESDM, Agus Tjahajana Wirakusumah, mengatakan masyarakat kini bisa mengkonversi motor BBM menjadi motor listrik dengan gratis.

Berikut alur pendaftaran konversi motor listrik gratis:

1. Buka website: ebtke.esdm.go.id/konversi

2. Klik Mendaftar Konversi

3. Pilih lokasi Bengkel

4. Klik Pilih Bengkel konversi

5. Isi formulir Permohonan (isi identitas sesuai KTP; spesifikasi motor; Nama perusahaan & Bengkel serta alamatnya)

6. Klik Kirim Permohonan Nama pengusul harus sama dengan KTP, BPKB, STNK aktif.

Untuk lokasi Jakarta Tangerang dan sekitarnya, pemohon bisa memilih bengkel PT Braja atau PT BRT, sementara Yogyakarta dan Jateng bisa memilih PT BRT atau PT NMP.

Leave a comment