Informasi Terpercaya Masa Kini

Tradisi Masyarakat Tionghoa Gotong Toapekong, Simak Pengalihan Arus Lalu lintas

0 2

TEMPO.CO.Tangerang – Ritual Gotong Toapekong yakni mengarak patung Dewi Kwan Im Hud Couw sebagai prosesi setiap 12 tahun sekali tradisi masyarakat Tionghoa Tangerang, dilaksanakan Sabtu 21 September 2024.

Perayaan yang ditunggu-tunggu ini menjadi magnet wisata bagi wisatawan lokal dan mancanegara negara. Sedianya arak-arakan tradisi masyarakat Tionghoa akan menempuh sejumlah rute jalan.

KBO Kasatlantas Polrestro Tangerang Ajun Komisaris Polisi Suprayitno menyatakan pengalihan arus lalu lintas disiapkan demi kelancaran prosesi arak-arakan yang akan dihadiri ribuan orang pengunjung. Pihaknya mengamankan 41 titik lokasi.

“Keseluruhan titik pengamanan ada titik alih arus, pertigaan, ada titik perempatan dan gang yang kami siapkan petugas gabungan untuk penjagaan,”kata Suprayitno kepada Tempo, Sabtu 21 September 2024.

Adapun 4 titik alih arus lalu lintas dimulai dari titik 1 Kampung Bekelir, Pertigaan Bintang, Pertigaan Toko Kaca. Di jalur ini petugas akan mengarahkan kendaraan dari arah jalan Perintis Kemerdekaan Cikokol menuju Kalipasir diarahkan ke Pertigaan Bintang ke Tugu Adipura. Pengendara dari arah jalan Perintis Kemerdekaan yang akan menuju jalan Kisamaun juga diarahkan ke jalan Veteran mengarah Tugu Adipura.

Titik ke-2 alih arus di Jalan Daan Mogot/Simpang Robinson. Titik ke-3 alih arus di Pertigaan GOR Jalan Dimyati, dan alih arus ke-4 Perempatan Tanjakan Pasar Anyar (Jalan Sholeh Ali dan Jalan Arif Rahman Hakim).

“Empat titik alih arus itu, nanti petugas akan mengarahkan para pengendara melalui jalan alternatif yang telah kami siapkan rutenya,” kata Suprayitno.

Petugas juga menyiapkan 20 titik kantong parkir bagi pengunjung Gotong Toapekong 12 tahun sekali. “Kami siapkan di sepanjang jalur yang dilalui arak-arakan,” kata Suprayitno.

Kantong Parkir Disiapkan:

1. Gereja Santa Maria (tamu VVIP).

2. Mall Robinson (tamu VVIP)

3. Sekolah Buddhi

4. Universitas Buddhi Dharma

5. Depan Sekolah Buddhi

6. Rumah Duka Boen Tek Bio

7. Depan Rumah Duka Boen Tek Bio

8. Gedung Dakwah

9. Stadion Benteng Reborn

10. Metropolis Town Square (berbayar).

11. Sekolah Dharma Putra

12. Area Boen San Bio

13. Depan Boen San Bio

14. Stadion Benteng

15. Sekolah Strada Santa Maria

16. Pura Kertha Jaya

17. Gedung Olah Raga Tangerang

18. Hotel Mentari

19. Depan Eks Kantor Polres Metro Tangerang

20. Gedung Satpol PP Tangerang.

Pilihan Editor: Keunikan Masjid Berornamen Tionghoa di Pasar Rebo

Leave a comment