Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

0 4

KOMPAS.com – Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dalam memeriksa kondisi laptop berbasis Windows 10. Salah satu panduan itu seperti cara cek kesehatan baterai laptop Windows 10.

Untuk diketahui, kesehatan baterai atau battery health merupakan tingkat kemampuan baterai menyimpan daya sebelum perlu diisi ulang kembali. Seiring lamanya pemakaian, kesehatan baterai bisa menurun.

Baca juga: 5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 10 dengan Mudah dan Praktis

Jika kesehatan baterai menurun drastis, baterai bakal tidak bisa menyimpan daya dengan jumlah optimal seperti saat awal dipakai. Alhasil, daya laptop bisa cepat habis. Cara melihat battery health laptop Windows 10 ini bakal berguna untuk berbagai tujuan.

Misalnya, saat hendak membeli laptop, pengguna bisa cek kesehatan baterai untuk memastikan laptop masih bisa menyimpan daya dengan optimal. Selain itu, cek battery health juga berguna untuk memantau kondisi baterai laptop dari waktu ke waktu.

Jika memang sudah menurun drastis, pengguna bisa memutuskan buat mengganti baterai dengan yang baru agar laptop bisa memiliki durasi pakai yang ideal. Lantaran berguna, pengguna penting buat mengetahui cara cek kesehatan baterai laptop Windows 10.

Lantas, bagaimana cara melihat battery health laptop Windows 10? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara melihat battery health laptop Windows 10.

Cara cek kesehatan baterai laptop Windows 10

Cara cek kesehatan baterai laptop Windows 10 itu sangat mudah. Dalam cara melihat battery health laptop Windows 10, pengguna tak perlu repot-repot memakai aplikasi tambahan. Pengguna bisa memanfaatkan fitur bawaan di Windows 10.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 10 dengan Mudah

Windows 10 menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna mendapat laporan tentang kesehatan baterai laptop. Adapun cara cek kesehatan baterai laptop Windows 10 dengan fitur bawaan itu adalah sebagai berikut:

  • Ketuk kolom pencarian yang terdapat pada menu Start di laptop Windows 10.
  • Kemudian, cari dan buka program Windows PowerShell (Admin).
  • Setelah itu. masukan perintah ini:
    • powercfg /batteryreport /output “C:battery-report.html”
  • Selanjutnya, tekan Enter dan sistem bakal membuatkan laporan kesehatan baterai dalam format HTML.
  • Untuk mengakses file laporan kesehatan baterai laptop itu, silakan buka Windows Explorer atau File Explorer, lalu pilih Local Disk (C:) atau Windows (C:). Kemudian, buka file bernama “battery-report.html”.
  • Laporan kesehatan baterai laptop Windows 10 bakal terbuka di browser.
  • Dalam laporan tersebut, pengguna bakal bisa melihat beberapa informasi kondisi baterai, seperti kapasitas awal baterai, kapasitas baterai saat ini, dan cycle count.
  • Pengguna juga bisa melihat riwayat penggunaan baterai dan riwayat penurunan kapasitas baterai. Semakin berkurang kapasitas baterai saat ini dibanding kapasitas awalnya maka semakin menurun pula kesehatan baterai laptop.

Baca juga: 5 Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

Cukup mudah bukan cara melihat battery health laptop Windows 10? Melalui cara di atas, pengguna bisa dengan mudah memeriksa tingkat kesehatan baterai pada laptop Windows 10 untuk berbagai tujuan.

Pengguna bisa cek kesehatan baterai ketika hendak membeli laptop. Selain itu, cek kesehatan juga bisa buat memantau kondisi laptop. Demikianlah penjelasan mengenai cara cek kesehatan baterai laptop Windows 10 dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment