Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini Rangkaian Agenda Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus di Dili Timor Leste

0 3

TRIBUN-PAPUA.COM, DILI-  Pemimpin gereja Katolik se dunia dan juga Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, akhirnya tiba di Dili, Timor Leste.

Pesawat yang ditumpangi Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Presiden Nicolao Lobato, Comoro, Senin (9/9.2024) sekitar pukul 14:30 OTL.

Diketahui, lawatan Paus Fransiskus ke negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia ini dalam rangka kunjungan apostolik, yang dimulai mulai 9 hingga 11 September 2024.

Di Bandara Comoro, Paus Fransiskus dan delegasinya diterima oleh Presiden Republik, Jose Ramos Horta, Perdana Menteri Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, Cardinal Virgilio Do Carmo Da Silva, para Uskup dan pejabat tinggi Negara Timor-Leste.

Usai diterima secara resmi di Bandara, Paus Fransiskus beristirahat di Nuncio Apostolik Motaei, Dili.

Ribuan umat bersukacita sambung kedatangan Paus Fransiskus

Dari pantauan Tribun, ribuan umat dengan penuh antusias memenuhi setiap ruas jalan yang dilalui Paus Fransiskus, sambil berteriak Viva Papa dan mengibarkan Bendera vatikan dan Timor Leste yang berukuran kecil.

Diberitakan sebelumnya, Pemimpin Umat Katolik se dunia, Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan apostolik di Timor Leste pada 9-11 September 2024.

Paus Fransiskus menjadi Paus kedua yang melakukan perjalanan apostolik ke Timor Leste setelah Paus Yohanes Paulus II pada bulan Oktober tahun 1989.

Pe. Graciano Santos Barros, Vikaris General Keuskupan Agung Dili, menyampaikan dari bandara Paus Fransiskus akan beristirahat di Nuncio Apostolik di Motaei.

Disampaikan Pe. Graciano, pada sore hari Paus Fransiskus yang juga Kepala Negara Vatikan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Republik, Jose Ramos Horta di Istana Kepresidenan, Altarak Laran, Dili.

Baca juga: BREAKING NEWS: Paus Fransiskus Tiba di Timor Leste, Sapa Ratusan Ribu Warga Dili

Paus Fransiskus juga akan menyampaikan pidatonya di Istana Kepresidenan Nicolao Lobato yang akan dihadiri oleh Kepala Pemerintahan dan anggota Pemerintahan, masyarakat sipil, korps diplomatik dan tamu-tamu lainnya hingga selesai, Paus Fransiskus kembali beristirahat di Nuncio Apostolik Motael.

Dihari kedua kunjungan Paus pada 10 September 2024, pukul 08.45, Paus Fransiskus akan mengunjungi anak-anak dan penyandang disabilitas (autisme) yang tinggal di Panti Asuhan ALMA, Pantai Kelapa.

Selanjutnya, dihari yang sama Paus Fransiskus akan mengadakan pertemuan dengan para pemuka agama Katolik di Katedral Imakulata dan pada sore hari pukul 16.30, Paus Fransiskus akan memimpin Misa Agung di Tasi-Tolu.

Paus Fransiskus akan selesai kunjungan apostoliknya di Timor-Leste pada 11 September 2024.

Sebelum berangkat Paus Fransiskus akan bertemu dengan Kaum Muda di CCD atau merkado lama. Selanjutnya Paus Fransiskus akan berangkat dari Timor Leste ke Singapura. (*)

Leave a comment