Informasi Terpercaya Masa Kini

Paus Fransiskus Cium Tangan Imam Besar Istiqlal, Uskup Agung: Belum Pernah Lihat Gestur Bersahabat Sedalam Itu

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mengatakan Paus Fransiskus jarang menunjukan kedekatan seperti saat mencium tangan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Ia mengatakan, belum pernah melihat Paus menunjukan sikap begitu dekat dan nyaman dengan tokoh-tokoh antarumat beragama di dunia.

“Saya kira saya belum pernah melihat, gesture yang bersahabat sedalam itu. Sebelum saya melihat Bapa Suci kepalanya dicium oleh Imam Besar Nasaruddin Umar, lalu Bapa Suci mencium tangan Imam Besar Istiqlal,” tutur Suharyo dalam konferensi pers di Katedral Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

Baca juga: Momen Hangat Paus Fransiskus dan Nasaruddin Umar, Jabat hingga Cium Tangan

Ia menuturkan, gesture itu juga tak nampak saat Paus Fransiskus bertemu dengan Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed Al Tayeb.

“Rasa-rasanya belum pernah saya melihat Puas membuat seperti itu dengan siapa pun. Bahkan dengan Imam Besar dari Masjid Al Azhar, tidak sejauh itu,” tuturnya.

Suharyo pun menganggap sikap Paus itu menunjukan keinginan agar masyarakat Indonesia menangkap dengan jelas pesan perdamaian yang dibawa dari Vatikan.

“Ini bagi saya adalah simbol yang sangat jelas menjadi pewarta-pewarta perdamaian. Harapannya, menjadi pewarta-pewarta persaudaraan yang sejati,” imbuh dia.

Baca juga: Paus Fransiskus dan Mimpi Pejabat Indonesia Hidup Sederhana

Baca juga: Demi Misa Akbar Paus Fransiskus, Umat Berburu Tiket sejak Juni 2024, Kuota Hanya 300

Diketahui momen keakraban antara Paus Fransiskus dan Nasaruddin umar berlangsung saat keduanya bertemu di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Saat Paus hendak meninggalkan Istiqlal, Nasaruddin kemudian mencium kepalanya dua kali.

Sri Paus pun membalas sikap Nasaruddin dengan menjabat dan mencium tangannya beberapa kali.

Leave a comment