Informasi Terpercaya Masa Kini

Sosok 2 Anak Sambut Paus Fransiskus Tiba di Indonesia,Berikan Buket Bunga saat Turun dari Pesawat

0 72

TRIBUNSUMSEL.COM- Mengenal sosok dua orang anak yang menyambut kedatangan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus saat tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024). 

Paus Fransiskus dan rombongan mendarat menggunakan pesawat komersil ITA Airways di Bandar Udara (Bandara) Internasional Sokarno-Hatta (Soetta) pukul 11.25 WIB.

Berdasarkan pantauan yang tayang di kanal YouTube Kompas TV, Paus turun dari pesawat menggunakan lift lantaran mengenakan kursi roda.

Baca juga: Momen Paus Fransiskus Tiba di Indonesia, Dijemput Mobil Innova Zenix dan Duduk di Samping Pengemudi

Adapun, sosok kedua anak yang menyambut Paus Fransiskus tersebut adalah Mary Lourdes Wicaksono Atmojo yang berusia 6 tahun dan berasal dari Jakarta Pusat. 

Lalu, ada Irfan Wael berusia 12 tahun dari Kabupaten Buru, Maluku.

Keduanya kompak mengenakan pakaian adat Papua.

Paus Fransiskus tampak memberikan senyuman kepada kedua anak tersebut.

Diketahui, Paus Fransiskus menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix selama kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Dengan kedatangan ini, maka kunjungan apostolik Paus Fransiskus di Indonesia pada 3-6 September resmi dimulai.

Kunjungan apostolik merupakan lawatan resmi yang dilakukan Paus sebagai pemimpin spiritual umat Katolik ke berbagai komunitas Gereja Katolik yang tersebar di seluruh dunia.

Berikut berbagai rangkaian kunjungan Paus Fransiskus selama di Indonesia.

Melansir dari Kompas.com, Paus Fransiskus akan tiba di Jakarta sebagai bagian dari rangkaian perjalanan apostolik di Asia Tenggara.

Bertemu Presiden Jokowi

Dalam kunjungannya, Paus akan bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo,  dengan upacara resmi kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, pada 4 September 2024.

Keberadaan Paus di Istana Merdeka dan Istana Negara, Jakarta, direncanakan hanya kurang dari 1,5 jam.

Setelah disambut di tangga Istana Merdeka oleh Presiden Joko Widodo, Paus akan diajak menandantangani Buku Tamu di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

Baca juga: Deretan Rangkaian Kegiatan Paus Fransiskus Pemimpin Umat Katolik Dunia Saat Berkunjung ke Indonesia

Bertemu Tokoh Agama

Dihari yang sama, kekitar pukul 11.30 WIB melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Kemudian, mantan Uskup Agung Buenos Aires itu dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.

Pada pukul 17.35 WIB, kaum muda dari Scholas Occurantes diberi kesempatan berjumpa Paus Fransiskus di Youth Center Graha Pemuda Senayan.

Kunjungi  Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal menjadi salah satu lokasi yang akan dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Indonesia, pada 5 September 2024.

Paus Fransiskus menghadiri interreligous meeting atau pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta disusul pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). 

Mengadakan Misa Akbar

Nunsiatur Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia akan menjadi lokasi pertemuan Paus Fransiskus dengan anggota Serikat Jesus Indonesia. 

Dalam jadwal yang dirilis oleh Biro Pers Vatikan pertemuan tersebut merupakan pertemuan pribadi. 

Ia juga akan mengadakan misa akbar bersama umat Katolik di Stadion Gelora Bung Karno, dan Stadion Madya, Jakarta.

Di Kompleks Gelora Bung Karno Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar bersama 86.000-an umat dan undangan.

Sementara itu, umat yang tidak memiliki tiket gelang tidak diijinkan masuk ke area stadion GBK

Pada 6 September 2024 sekitar pukul 9.45 WIB, Paus Fransiskus bertolak dari Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

(*)

Baca berita lainnya di google news

Ikuti dan Bergabung di Saluran Whatsapp Tribunsumsel.com

Leave a comment