Informasi Terpercaya Masa Kini

Lenovo Legion ColdFront: Hyper Hadir Perdana di Legion 7i & Legion 5i

0 3

Lenovo memperkenalkan inovasi baru pada sistem pendingin laptop-nya dengan menghadirkan teknologi yang disebut dengan Legion ColdFront: Hyper. Sistem pendingin ini mulai digunakan pada beberapa laptop gaming terbaru keluaran tahun 2024, seperti Legion 7i dan Legion 5i Gen 9.

“Pertama kali diumumkan di CES 2024, fitur sistem pendinginan ini mengusung desain aliran udara yang telah dioptimalkan untuk efisiensi yang lebih baik. Legion ColdFront: Hyper tersedia, sebagai bagian dari laptop gaming terbaru Lenovo tahun 2024, seperti Legion 7i dan Legion 5i Gen 9, mewakili lompatan signifikan dalam teknologi pendinginan memastikan kinerja superior dan pengalaman bermain game yang lebih mendalam,” ujar Santi Nainggolan, Consumer Segment Lead Lenovo Indonesia.

Lenovo Legion 5i dan Legion 7i mengambil langkah signifikan dengan menghilangkan ventilasi udara samping dan menerapkan dua saluran udara internal yang mengarahkan aliran udara ke area sistem inti yang disebut Legion ColdFront: Hyper.

Legion Coldfront: Hyper mengalirkan udara panas menjauh dari komponen utama seperti prosesor dan kartu grafis, menggunakan saluran khusus di tengah laptop. Udara panas ini kemudian dikeluarkan ke belakang laptop, terpisah dari udara dingin yang masuk. Sementara itu, udara dingin mengalir melalui seluruh sistem bagian dalam, termasuk motherboard, prosesor dan modul pendingin, sebelum akhirnya dikeluarkan dari bagian belakang sistem.

Dengan desain aliran udara yang dipisah, Legion Coldfront: Hyper meningkatkan efisiensi pendinginan laptop. Selain itu, udara panas yang dikeluarkan ke bagian belakang perangkat meningkatkan pengalaman gaming bagi pengguna, menghilangkan kenaikan suhu yang disebabkan oleh saluran pembuangan yang dipasang di samping.

Dengan menghilangkan ventilasi udara samping pada sistem pendingin Legion ColdFront: Hyper, aliran udara menjadi lebih terkonsentrasi dan terarah. Hal ini mengurangi turbulensi udara yang dapat menimbulkan kebisingan. Selain itu, desain aliran udara yang ditingkatkan memungkinkan kipas beroperasi pada kecepatan yang lebih rendah sambil mempertahankan kinerja pendinginan yang efektif.

Alhasil, berkurangnya kecepatan putaran kipas juga menyebabkan penurunan tingkat kebisingan. Pengguna dapat menikmati pengalaman komputasi yang lebih tenang dan nyaman, terutama saat menjalankan aplikasi atau game yang menuntut performa tinggi.

Panas berlebih yang terperangkap di sekitar area CPU dan GPU dapat menyebabkan throttling, suatu kondisi di mana kinerja prosesor atau GPU secara otomatis dibatasi untuk mencegah suhu komponen mencapai tingkat kritis. Bagi para gamer kompetitif yang membutuhkan performa maksimal saat bermain game, hal ini sangat merugikan.

Dengan sistem pendinginan ColdFront: Hyper, prosesor hingga Intel Core i9 14900HX dan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, Legion 7i dan Legion 5i dapat bekerja pada frekuensi maksimum tanpa masalah overheating. Yang terpenting, pengguna dapat menikmati pengalaman bermain game yang bebas khawatir karena setiap laptop gaming Lenovo Legion dan LOQ didukung layanan Legion Ultimate Support (LUS) dan Accidental Damage Protection (ADP).

Ini merupakan layanan purna jual Lenovo yang menggabungkan keahlian teknis yang mempunyai wawasan gaming, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan saran tentang peningkatan perangkat lunak dan pengoptimalan perangkat keras dari teknisi yang juga seorang gamer. Layanan ini dapat diakses 24/7/365 melalui fitur chat, telepon toll free, maupun email.

Di sisi lain, ADP dapat diklaim lebih dari satu kali untuk kerusakan laptop yang tidak disengaja, tumpahan, benturan, lonjakan listrik, dan layar retak. Semua perbaikan dilakukan oleh teknisi terampil menggunakan suku cadang yang bersertifikasi oleh Lenovo. Kedua layanan ini tersedia untuk produk Lenovo bergaransi resmi yang dibeli di Lenovo Official & Authorized Store. 

Leave a comment