Informasi Terpercaya Masa Kini

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Pepaya, Apa Saja?

0 6

KOMPAS.com – Buah pepaya memiliki rasa yang manis dan segar sehingga enak dimakan serta kaya nutrisi bermanfaat bagi tubuh.

Dikutip dari Medical News Today (25/4/2024), pepaya mengandung nutrisi berupa vitamin A, B, C, dan K, folat, magnesium, serat tembaga, protein, antioksidan, serta kalium.

Kandungan itu membuat pepaya bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, asma, serta menjaga kesehatan pencernaan, rambut, tulang, dan penglihatan.

Meski begitu, ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan pepaya. Sebab, ada risiko kombinasi tersebut bisa menganggu kesehatan.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Makan Pepaya Setiap Hari?

Makanan-minuman jangan dikombinasi pepaya

Berikut sejumlah makanan dan minuman yang perlu dihindari dikonsumsi bersama pepaya.

Sebagai catatan, kombinasi makanan dan minuman ini boleh saja dikonsumsi namun dianjurkan dalam porsi kecil dan tidak terus-menerus.

Pepaya muda dan matang

Dikutip dari Times of India (22/7/2024), pepaya matang yang berwarna oranye kemerahan sebaiknya tidak dimakan bersama pepaya hijau atau mentah.

Sebab, pepaya mentah mengandung konsentrasi lateks lebih tinggi yang dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan mulut.

Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti asinan kubis, kimchi, atau acar sebaiknya jangan dikonsumsi bersamaan dengan pepaya. 

Hal itu karena makanan fermentasi mengandung probiotik dan enzim yang akan berinteraksi dengan enzim dalam pepaya. Kombinasi ini mengganggu pencernaan atau memicu gangguan gastrointestinal.

Susu dan olahannya

Pepaya juga mengandung enzim seperti Papain dan Chymopapain yang mengentalkan susu dan memengaruhi pencernaan produk olahan susu.

Oleh karena itu, mengonsumsi banyak pepaya dengan susu atau yogurt bisa membuat perut kembung, bergas, atau tidak nyaman.

Makanan berprotein tinggi

Pepaya mengandung enzim pemecah protein sehingga mengganggu proses pencernaan makanan berprotein tinggi.

Sehingga hindari makan pepaya dengan daging, ikan, atau tahu dalam jumlah banyak untuk mencegah masalah pencernaan.

Baca juga: 5 Penyakit yang Bisa Diatasi dengan Pepaya, Apa Saja?

Makanan berlemak

Selanjutnya, pepaya yang rendah lemak sebaiknya tidak dimakan dengan makanan berlemak tinggi seperti goreng, daging berlemak, atau saus krim.

Kombinasi ini menyebabkan kembung atau gangguan pencernaan karena perbedaan tingkat lemak dan buah.

Makanan berminyak

Pepaya juga tidak dianjurkan dikonsumsi dengan makanan berminyak atau gorengan. Sebab, ini memperlambat pencernaan serta menimbulkan kembung dan gas.

Enzim pemecah protein dan lemak dalam pepaya juga mengganggu pencernaan dan perut. Lemak yang tinggi bahkan menghambat penyerapan nutrisi dari pepaya.

Makanan pedas

Tak hanya itu, makanan pedas mampu mengiritasi lapisan lambung. Jika ditambah makan pepaya, pencernaan orang yang sensitif akan memburuk.

Makan pedas dengan pepaya dapat menyebabkan pencernaan tidak enak dan memperburuk gangguan gastrointestinal.

Pepaya juga mengandung enzim papain yang memperparah rasa panas dan iritasi akibat makanan pedas. Kombinasi ini menyebabkan kram perut, mulas, atau refluks asam.

Produk kedelai 

Produk kedelai seperti susu atau tahu mengandung senyawa yang akan menghambat penyerapan nutrisi tertentu dalam pepaya. Ini memengaruhi fungsinya bagi pencernaan.

Teh

Makan pepaya dan minum teh, terutama teh hitam atau hijau, dapat  menganggu pencernaan. Senyawa papain dalam pepaya berinteraksi dengan tanin dan kafein dari teh.

Tanin menghambat aktivitas enzim pencernaan sehingga mengurangi efektivitasnya dalam pencernaan jika dikonsumsi bersamaan.

Sementara kafein memperburuk masalah gastrointestinal seperti refluks asam atau gangguan pencernaan pada orang sensitif.

Baca juga: 6 Kelompok Orang yang Sebaiknya Tidak Makan Pepaya, Apa Alasannya?

Buah jeruk

Buah jeruk dan pepaya sama-sama kaya vitamin C. Gabungan keduanya menyebabkan keasaman atau nyeri ulu hati, sakit perut, tidak nyaman, dan mendadak diare pada beberapa orang. Karena itu, disarankan menikmati buah-buahan ini terpisah.

Anggur

Anggur kaya antioksidan, vitamin, dan mineral. Namun, apapun jenis anggur tidak cocok disantap dengan pepaya, dilansir dari Times Now News (4/7/2024).

Sebab, anggur memiliki kandungan asam yang tinggi dan menyebabkan rasa tidak nyaman di perut. Jadi, sebaiknya kedua buah ini dikonsumsi secara terpisah untuk menikmati manfaat kesehatannya.

Telur

Makanan berprotein tinggi seperti telur dan buah tidak bisa dikonsumsi bersama pepaya. Telur kaya protein dan omega-3, sedangkan pepaya mengandung banyak enzim papain.

Dalam situasi sekarang, memakan telur dan buah secara bersamaan dapat menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan, mual, sembelit, dan muntah.

Ikan

Makanan kaya protein lain jangan dimakan dengan pepaya adalah ikan, diberitakan On Manorama (28/6/2023).

Sebab, kombinasi ini dapat menyebabkan reaksi alergi sebagian orang. Gejala sindrom ini berupa gatal-gatal dan kesulitan bernapas. Mereka yang alergi makanan laut harus menghindari makan ikan dengan pepaya.

Leave a comment