Informasi Terpercaya Masa Kini

Survei: AI Dapat Ciptakan Eksistensi Daring Orang yang Sudah Meninggal

0 9

Studi terbaru berjudul “Excitement, Superstition, and Great Insecurity – How Global Consumers Engage with the Digital World” mengungkapkan (61%) konsumen percaya bahwa identitas orang yang sudah meninggal sangat rentan terhadap pencurian identitas. 

Seiring tentang penciptaan kembali eksistensi daring seseorang menggunakan kecerdasan buatan (AI), 35% responden menganggapnya dapat diterima, sementara sebagian besar (38%) secara aktif tidak menyetujui, menyoroti masalah privasi dan sebgai bentuk rasa hormat kepada orang yang telah meninggal dunia dalam ranah digital.

Menurut “Laporan Tinjauan Global Digital 2024” yang dilakukan oleh Kepios, 95% pengguna internet kini menggunakan media sosial setiap bulan, dengan 282 juta identitas baru bergabung antara Juli 2023 dan Juli 2024. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang berinteraksi daring dan jejak digital mereka meluas, kekhawatiran atas privasi, peninggalan, dan penggunaan identitas digital yang etis menjadi semakin penting. 

Berdasarkan studi terbaru Kaspersky, mayoritas (61%) konsumen meyakini identitas orang yang telah meninggal sangat rentan terhadap pencurian identitas, karena sering kali tidak ada yang memantau apa yang terjadi pada informasi yang diunggah secara daring. 

Lebih dari separuh responden (58%) setuju bahwa keberadaan orang yang telah meninggal secara daring dapat diciptakan kembali menggunakan AI. Sikap terhadap hal ini bervariasi, dengan 35% responden meyakini dan dapat menerima penciptaan kembali identitas digital seseorang yang telah meninggal melalui foto, video, atau kenang-kenangan lainnya, sebagian besar (38%) tidak setuju.

Menariknya, sebagian besar orang (67%) meyakini dengan melihat gambar atau cerita tentang orang yang telah meninggal dunia dapat membuat orang-orang terdekat mereka merasa tidak nyaman. Namun, 43% konsumen yakin tidak ada batasan waktu untuk melihat setiap gambar, video, atau rekaman suara yang pernah dipublikasikan secara daring yang berkaitan dengan orang tertentu. 

Karena mungkin satu-satunya tindakan yang dapat diambil konsumen untuk mengendalikan jejak digital pengguna setelah kematian adalah dengan menyertakan instruksi dalam pesan wasiat orang yang telah meninggal tersebut, 63% setuju bahwa siapa pun yang memiliki kehadiran daring harus menentukan dalam surat wasiat mereka apa yang harus dilakukan dengan data dan akun sosial nya 

Anna Larkina (Pakar Analisis Konten Web di Kaspersky) mengatakan masalah pengelolaan jejak digital seseorang sering kali diabaikan dalam aktivitas daring sehari-hari. Namun, hasil survei menggarisbawahi poin penting: sejumlah besar responden menyadari potensi identitas yang dicuri dapat menyebabkan masalah pribadi yang sangat besar bagi pengguna atau orang yang mereka cintai. 

“Sangat bijaksana mengadopsi tindakan proaktif yang meningkatkan privasi dan melindungi identitas digital. Dengan melakukan ini, individu dapat memastikan bahwa kehadiran daring mereka tetap aman tanpa mengurangi bentuk rasa hormat , apa pun yang terjadi,” katanya.

Untuk memperkuat privasi pengguna, Kaspersky menyarankan:

1. Menggunakan solusi keamanan modern memudahkan pemantauan data pribadi apa yang diproses aplikasi dan juga membatasi pengumpulan data bila perlu.

2. Menjaga sistem operasi, browser, dan perangkat lunak keamanan tetap mutakhir akan membuat perbedaan. Pembaruan sering kali menyertakan patch untuk kerentanan keamanan yang berpotensi dieksploitasi.

Karena tidak semua layanan daring menjelaskan data apa yang mereka kumpulkan dan bagaimana mereka menggunakannya, mengikuti petunjuk Online Privacy Checker akan membantu membatasi jumlah informasi yang dibagikan secara daring.

Laporan Kaspersky lengkap “Excitement, Superstition and great Insecurity – How Global Consumers Engage with the Digital World”  tersedia melalui tautan ini.

Tentang survei Pada bulan Juni 2024, Kaspersky menunjuk Arlington Research untuk melakukan survei daring terhadap 10.000 responden guna mengeksplorasi sikap responden terhadap mitos digital terkini, peran AI dalam kehidupan manusia, dan topik keabadian digital. 

Sampel tersebut mencakup 1.000 responden dari masing-masing Negara Inggris, Jerman, dan Prancis, serta 500 responden di Spanyol, Italia, Portugal, Brasil, Meksiko, Rusia, Kazakhstan, India, Tiongkok, Indonesia, Turki, Arab Saudi, UEA, dan Afrika Selatan.

Baca Juga: Apple Bakal Luncurkan iPhone 16 Series 10 September, Ini Bocorannya

Leave a comment