Informasi Terpercaya Masa Kini

Foto: Ketika Motor Listrik EM1 e: Jadi Bahan Ujian Mekanik Honda Indonesia

0 8

Penyelenggaraan ajang Astra Honda Motor Technical Skill Contest AHM-TSC) secara perdana menyertakan motor listrik sebagai bahan materi ujian untuk para mekanik Honda yang mengikuti kompetisi tersebut tahun ini, yang kami rangkum dalam bentuk galeri foto.

Model yang digunakan tentu saja motor listrik Honda EM1 e: karena juga sudah dipasarkan di dalam negeri. Alasan utama adanya materi elektrifikasi baru guna mempersiapkan para teknisi AHM untuk melakukan perawatan dan perbaikan motor listrik Honda.

General Manager Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbudin mengatakan, adanya materi pengujian sepeda motor listrik disebutnya selaras dengan perkembangan teknologi Honda di Indonesia. Terutama kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

“Kemudian sekarang EV, kenapa EV? Karena kontes ini selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dari AHM, kami di Honda semua siap siaga masuk era EV, makanya kita siapkan semua dari segala sisinya,” jelasnya di Cikarang, Bekasi.

Dalam pengujian materi terkait sepeda motor listrik, para teknisi diuji menyangkut penguasaan teknologi sepeda motor listrik dan proses perawatannya. Selebihnya, proses pengujiannya serupa dengan motor konvensional pada umumnya.

Seperti kalibrasi pengujian teknisi meliputi uji teori, analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang, dan penanganan masalah pada sepeda motor itu sendiri. Harapannya, kompetisi tersebut turut meningkatkan layanan purna jual motor listrik Honda.

AHM-TSC 2024 telah diselenggarakan sejak April lalu, melibatkan sekitar 7.500 teknisi, 2.500 service advisor dari 3.700-an AHASS di seluruh Indonesia serta 22 teknisi Big Bike dari 11 Big Wing yang berada di 9 kota besar di Indonesia.

Seleksi melibatkan seluruh main dealer Honda, sehingga terpilih 29 teknisi, 29 service advisor, dan 11 teknisi Big Bike terbaik yang bersaing pada babak final di Astra Honda Safety Riding & Training Center (AHSRTC), 21-23 Agustus 2024. Berikut nama-nama jawaranya.

Kategori Teknisi Big Bike

1. I Made Wiyoga – Astra Motor Bali

2. Dwi Sofianto – Astra Motor Jawa Tengah

3. Moch Rifa’i – PT Mitra Phinastika Mulia

Kategori Teknisi AHASS

1. Riki Gustiawan – Astra Motor Sumatera Selatan

2. Syahrul Musni – Astra Motor Sulawesi Selatan

3. Said Muhammad Randi – PT Indako Trading Company

Kategori Service Advisor

1. Eko Purwanto – PT Mitra Phinastika Mulia

2. Tri Wahyudi – Astra Motor Jawa Tengah

3. I Made Arya Dwi Cahya Arta – Astra Motor Bali

Kategori Best Main Dealer – Astra Motor Sulawesi Selatan.

***

Leave a comment