Informasi Terpercaya Masa Kini

Jorge Lorenzo Nilai Performa Marc Marquez Tidak Membosankan meski Temui Kesulitan di Lintasan, Francesco Bagnaia Suka Kendalikan Segalanya

0 6

BOLASPORT.COM – Mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, menjelaskan performa Francesco Bagnaia (Ducati) yang mendominasi pada seri balap MotoGP Austria 2024 saat Marc Marquez masih belum berhasil meraih kemenangan.

Secara keseluruhan, balapan tersebut sangat positif bagi Bagnaia, yang meraih kemenangan pada balapan Sabtu dan Minggu.

“Bagnaia menjalani balapan yang hebat. Tidak demikian halnya bagi para penonton, yang menjalani balapan yang agak tenang dalam hal pertarungan,” kata Lorenzo dilansir dari MotoSan.

“Namun sejujurnya, Pecco tidak memiliki lebih banyak kecepatan dan kelincahan dari Martin akhir pekan ini, tetapi cukup untuk menang kemarin dan dalam balapan panjang.”

Sementara itu, balapan Minggu Marquez dirusak oleh masalah dengan teknis dan pembalap dari Cervera itu belum meraih kemenangan.

“Marquez biasanya sangat dekat dengan Pecco dan Martin, tetapi jelas bahwa ia belum berada pada level kecepatan keduanya. Mungkin karena kurangnya pengalamannya dengan Ducati, mungkin karena ia mengendarai 2023,” tutur Lorenzo.

“Tetapi ia selalu harus berusaha sedikit lebih keras dan melakukan balapan yang sedikit tidak terkendali seperti yang kita lihat hari ini. Meski begitu, ia melakukan balapan tidak terkendali ini dan sering kali sangat dekat dengan kemenangan.”

Tahun depan, Marquez akan memiliki motor yang sama dengan rekan setimnya, Bagnaia.

“Tetapi ia sedikit bertolak belakang dengan Pecco. Pecco suka mengendalikan segalanya dan merupakan spesialis dalam mengendalikan semua risiko,” ujar pemegang tiga gelar juara dunia MotoGP itu.

“Marquez adalah kebalikannya. Dia adalah raja improvisasi dan itulah sebabnya kita akan memiliki dua pembalap yang sangat berbeda di garasi yang sama.”

Baca Juga: Marc Marquez soal Lebih dari 1000 Hari Absen Podium Pertama MotoGP: Kalau Bukan Tahun Ini, Musim Depan Akan Tiba

Sederhananya, keraguan tersebut akan terjawab pada MotoGP 2025.

“Mengingat Austria tidak pernah menjadi salah satu sirkuit favorit Marquez. Saya pikir kita dapat menganggap hasil ini cukup bagus,” ucap Lorenzo.

“Pasti di benaknya agak mengkhawatirkan melihat bahwa dia belum mencapai kemenangan dan biasanya mereka memiliki sedikit lebih banyak kecepatan, baik Bagnaia maupun Martin.”

“Itu adalah sesuatu yang pasti membuatnya khawatir untuk masa depan, tetapi kita akan lihat tahun depan, ketika musim ini berakhir, pertanyaan yang selalu kita pertanyakan: perbedaan antara motor lama dan motor baru, dan itu akan menjadi lebih jelas.”

Balapan MotoGP berikutnya, MotoGP Aragon akan digelar pada 30 Agustus-1 September.

Dengan berakhirnya balapan MotoGP Austria 2024, Bagnaia kini menjadi pemimpin klasemen, unggul lima poin atas Martin meskipun masih ada jalan panjang yang harus ditempuh dalam kejuaraan.

“Pecco tenang, tetapi memiliki saingan sekuat Martin yang sama cepatnya. Masih ada jalan panjang yang harus ditempuh dalam kejuaraan, banyak hal bisa terjadi, dan Martín akan memberikan segalanya untuk menjadi juara,” tutur Lorenzo.

“Dia kalah tahun lalu dan Martin tidak akan menyerah begitu saja.”

Tantangan berikutnya adalah Grand Prix Aragon pada akhir Agustus, di mana mungkin ada pertarungan empat arah dengan Marquez di posisi terdepan.

“Aragon adalah trek kiri dan Marquez pasti akan diuntungkan oleh kekhususan ini. Salah satu sirkuit favorit Bagnaia, tetapi juga untuk Martin, dan mari kita ingat bahwa Bastianini menang pada 2022. Saya melihat pertarungan empat arah.”

Sirkuit Motorland Aragon secara sederhana bisa menjadi salah satu kandidat di mana penduduk asli Cervera meraih kemenangan pada balapan Minggu.

“Kami datang ke salah satu dari tiga sirkuit yang saya katakan mungkin untuk dimenangkan. Dia menyebutkan Aragon, Valencia, dan Philipp Island, jadi kita akan lihat apa yang terjadi,” kata Lorenzo.

“Kita akan lihat, itu bisa menjadi termometer bagi Marquez yang mencari kemenangan lebih dari seribu hari kemudian yang pertama karena dia belum menang sejak Emilia-Romagna 2021.”

Baca Juga: Dianggap Tak Layak di MotoGP Sampai Diselamatkan Valentino Rossi, Franco Morbidelli Tanggapi Sindiran Aleix Espargaro

Meski begitu, Lorenzo menilai bahwa meski mengalami kendala, Marquez tetap mampu tampil memukau.

“Dengan Marc Anda tidak akan pernah bosan. Dia adalah pembalap yang sangat pandai berimprovisasi,” aku Lorenzo.

“Dia melakukan banyak improvisasi dalam menyalip, terutama dengan (Jack) Miller yang hampir bertabrakan dengannya atau bahu kanannya bertabrakan dengan ban Miller.”

“Dia sedikit menandai tontonan dalam balapan ini. Tanpa kesalahan, dia pasti akan naik podium.”

Leave a comment