Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini Lho Manfaat Minum Air Kelapa di Cuaca Panas

0 4

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah cuaca panas seperti sekarang, terutama di siang hari, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Salah satu cara yang nikmat dan sehat adalah dengan minum air kelapa.

Air kelapa adalah cairan yang secara alami terdapat pada kelapa muda. Saat kelapa tumbuh, sebagian air ini berubah menjadi daging kelapa yang terdapat di dalam buah.

Minum air kelapa tidak hanya menyegarkan, tetapi juga baik untuk tubuh. Air kelapa mengandung antioksidan dan mineral yang disebut elektrolit yang bisa membantu menghidrasi tubuh.

Baca Juga : RI-Jepang Kembangkan Bioavtur untuk Bahan Bakar Pesawat dari Kelapa

Mengutip Health, berikut ini manfaat minum air kelapa di cuaca panas: 1. Memberikan Hidrasi

Seperti kebanyakan cairan, air kelapa dapat memenuhi kebutuhan hidrasi harian Anda. Air kelapa pada dasarnya adalah air dengan tambahan karbohidrat dan elektrolit, termasuk natrium, kalium, magnesium, dan klorida.

Elektrolit adalah mineral yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan mengatur jumlah air yang masuk dan keluar dari sel. Elektrolit juga membantu menjaga keseimbangan pH, tekanan darah, dan detak jantung tubuh.

Baca Juga : : Ketahanan Pangan Kalah dari Singapura, 45 Juta Warga RI Terancam Kelaparan

Ketidakseimbangan jumlah air atau elektrolit dalam tubuh berpotensi menyebabkan dehidrasi. Seseorang dapat kehilangan elektrolit jika sakit dan mengalami muntah atau diare terus-menerus. 

Orang yang banyak berkeringat karena cuaca panas atau melakukan latihan intensitas tinggi yang berkepanjangan juga berisiko kehilangan elektrolit dan dehidrasi jika mereka tidak minum cukup cairan.

Baca Juga : : Pemprov Sumbar dan Ombudsman Bahas Pelayanan Publik Perkelapasawitan di Pasbar

2. Mendukung Performa dan Pemulihan setelah Olahraga

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air kelapa sebelum atau setelah berolahraga bisa memberikan manfaat lebij untuk performa dan pemulihan daripada minum air putih atau minuman olahraga.

Sebuah studi yang menilai manfaat air kelapa terhadap performa atletik melaporkan bahwa minum air kelapa sebelum berolahraga di cuaca yang panas memperpanjang waktu yang dibutuhkan peserta untuk mencapai kelelahan dibandingkan dengan jika minum air biasa, meskipun bedanya hanya beberapa detik.

Hal ini mungkin karena elektrolit utama yang hilang melalui keringat adalah natrium, tetapi elektrolit utama yang ditemukan dalam air kelapa adalah kalium.

Air kelapa juga memiliki rasa manis alami yang menawarkan sumber karbohidrat berkualitas lebih tinggi daripada minuman manis seperti soda dan minuman berenergi. Namun, beberapa produk air kelapa mengandung gula tambahan, pastikan untuk memilih produk tanpa tambahan gula atau pemanis.

Gula alami dalam air kelapa juga dapat memasok tubuh dengan energi cepat, yang sangat penting selama latihan berat. Tubuh tidak memanfaatkan protein dan lemak seefisien karbohidrat selama aktivitas fisik, jadi mengisi tubuh dengan gula alami seperti yang ditemukan dalam air kelapa dapat membantu selama latihan ketahanan yang lama.

3. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Minum air kelapa dapat membantu mengelola tekanan darah. Minuman ini kaya akan kalium. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan membuang kelebihan natrium dari tubuh dan mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan terhadap 28 orang dengan tekanan darah tinggi melaporkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah sistolik peserta setelah mereka minum air kelapa setiap hari selama dua minggu.

Penelitian lain yang lebih baru yang menggunakan hewan pengerat menemukan bahwa air kelapa menunjukkan hasil yang menjanjikan sebagai diuretik alami tanpa mengurangi kadar elektrolit. Diuretik sering digunakan untuk membantu mengobati hipertensi (tekanan darah tinggi) dan kondisi kardiovaskular lainnya karena membantu membuang kelebihan natrium dari tubuh.

4. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalium seperti air kelapa juga dapat menurunkan risiko batu ginjal, karena kalium mencegah tubuh melepaskan terlalu banyak kalsium dalam urin.

Dua studi observasional skala besar menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kalium paling banyak memiliki risiko 35-51% lebih rendah terkena batu ginjal dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi kalium paling sedikit.

Studi lain menemukan bahwa minum air kelapa meningkatkan kadar kalium, klorida, dan sitrat dalam urin, yang semuanya dapat membantu menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Namun, studi ini difokuskan pada orang-orang yang tidak memiliki riwayat batu ginjal.

Leave a comment