Informasi Terpercaya Masa Kini

Momen Terbaik Upacara Penutupan Olimpiade 2024, Aksi Tom Cruise hingga Pengalungan Medali

0 12

Pertunjukan spektakuler bertabur bintang menutup Olimpiade Paris 2024. Selain menampilkan aksi Tom Cruise yang mewarnai serah terima Olimpiade, ada pula pengalungan medali untuk cabang olahraga maraton putri.

Setelah 18 hari, 329 medali emas, perak, dan perunggu, serta alur cerita yang tak terhitung jumlahnya, Olimpiade 2024 resmi berakhir pada Minggu (11/8) dengan upacara penutupan yang megah dan menelan anggaran fantastis.

Acara dimulai ketika Leon Marchand, perenang Prancisyang sekaligus menjadi atlet peraih meraih medali terbanyak dengan empat medali emas dan satu perunggu, membawa sebuah lentera berisi api Olimpiade saat paduan suara menyanyikan lagu Edith Piaf.

Saat Marchand muncul di layar lebar, para penonton di Stade de France menunjukkan apresiasi mereka, kemudian disusul dengan kemunculan ribuan atlet Olimpiade lainnya.

Di antaranya adalah para pembawa bendera, yakni Imane Khelif dari Aljazair dan Lin Yu-ting dari Taiwan. Kedua petinju tersebut telah menjadi subyek dari banyak kontroversi, seperti pelecehan dan misinformasi mengenai jenis kelamin mereka. Bendera Jerman dibawa oleh Laura Lindemann dan Max Rendschmidt, sementara bendera Indonesia dibawa oleh atlet angkat besi, Rizki Juniansyah, yang sukses menyumbang emas untuk Indonesia.

Sama seperti tradisi pada gelaran Olimpiade sebelumnya, dilakukan pula pengalungan medali untuk para pemenang maraton di atas panggung. Namun, yang sedikit berbeda dari Olimpiade tahun ini, mereka yang naik ke atas panggung adalah para pemenang maraton putri. Sifan Hassan dari Belanda meraih medali emas, sementara Tigst Assefa dari Ethiopia dan Hellen Obiri dari Kenya masing-masing mendapatkan perak dan perunggu.

Selain parade atlet, ada banyak penampilan lain yang dipertontonkan pada acara penutupan, seperti para penampil yang melakukan atraksi mulai dari menari, terbang di udara, hingga mengangkat cincin Olimpiade dari tanah.

Ada pula pertunjukan ‘The Golden Voyager’, diwakili oleh sosok berbalut emas yang memanjat ke atas tumpukan orang. Menurut panitia penyelenggara, “karakter ini terinspirasi oleh referensi dari sejarah Prancis, termasuk Spirit of the Bastille.”

Penampilan musik dari band asal Prancis, Phoenix and Air, dengan penampilan cameo dari Angele, Kaminsky, dan Vannda, yang dibarengi kembang api yang menghiasi langit malam, juga turut dipertontonkan.

Kemudian, artis Amerika H.E.R. membawakan lagu kebangsaan AS, Star Spangled Banner, sebagai bagian dari serah terima untuk Olimpiade berikutnya, yang akan diselenggarakan di Los Angeles pada tahun 2028.

Saat lagu berakhir, aktor Tom Cruise, dengan gaya Hollywood sejati, turun ke arena, melakukan “high five” dengan tim AS, dan mengambil bendera Olimpiade dari pesenam Simone Biles, sebelum kemudan melaju dengan sepeda motornya.

Sebuah video kemudian menunjukkan dia mengantarkannya ke LA dengan bantuan salah satunya dari atlet Michael Johnson. Terlihat pula band asal California, Red Hot Chili Peppers, Billie Eilish, Snoop Dogg, dan Dr. Dre melakukan pertunjukan musik dari pantai Venice.

Di akhir acara, Marchand dan enam atlet dari tim pengungsi kemudian memadamkan api Olimpiade sebelum presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach menyampaikan pidato penutupannya.

Ini bukanlah akhir bagi Prancis sebagai tuan rumah, karena Paralimpiade baru akan dimulai pada 28 Agustus mendatang di Paris.

fr/gtp

ind:content_author: Matt Pearson

Leave a comment