Informasi Terpercaya Masa Kini

Sheikh Hasina Kabur ke India, Pemimpin Mahasiswa Bangladesh: Kami Ingin Tangkap

0 6

Seorang pemimpin pergerakan mahasiswa Bangladesh yang berperan penting dalam menggulingkan Sheikh Hasina, Nahid Islam, bersuara lantang. Ia ingin Hasina diadili.

Saat ini Islam menjadi bagian dari pemerintahan sementara. Ia mengatakan Hasina harus diadili ketika dia kembali ke Bangladesh karena rencana pembunuhan yang terjadi selama masa jabatannya, termasuk selama protes baru-baru ini.

“Saya penasaran mengapa dia meninggalkan negara ini,” kata Islam dikutip dari Reuters, Sabtu (10/8).

“Kami akan mencari keadilan atas semua pembunuhan yang terjadi di bawah pemerintahannya, yang merupakan salah satu tuntutan utama revolusi kami. Bahkan jika dia tidak kembali, kami akan berupaya mewujudkannya.”

“Kami ingin menangkapnya – apakah hal itu bisa dilakukan melalui sistem peradilan biasa atau pengadilan khusus atau tidak, kami sedang mendiskusikan bagaimana cara melanjutkan masalah ini,” kata Islam yang berusia 26 tahun dan mengepalai pos, telekomunikasi dan informasi. kementerian teknologi ini.

Islam mengatakan salah satu prioritas utama pemerintahan sementara adalah menyelenggarakan pemilu yang bebas dan adil, setelah pemilu terakhir diboikot oleh oposisi. Juga menyelidiki dugaan korupsi di pemerintahan sebelumnya.

Islam mengatakan Bangladesh memerlukan reformasi pemilu dan konstitusi sebelum pemilu apa pun, sehingga tidak jelas kapan pemilu berikutnya akan diadakan. Dia menolak memberikan batas waktu spesifiknya.

“Ambisi saya untuk menjadi apa saya selanjutnya bergantung pada rakyat Bangladesh,” katanya ketika ditanya apakah suatu hari nanti ia ingin menjadi perdana menteri.

Dia mengatakan India telah membina hubungan dengan partai Liga Awami pimpinan Hasina, namun tidak dengan masyarakat Bangladesh secara keseluruhan.

“Kami ingin hubungan persahabatan dengan India,” katanya. “India juga perlu mempertimbangkan kebijakan luar negerinya, jika tidak maka hal ini akan menjadi masalah bagi seluruh Asia Selatan.”

Pemimpin mahasiswa lainnya, Abu Baker Mojumder, secara terpisah mengatakan kepada Reuters bahwa mereka ingin Hasina kembali dan diadili.

Hasina Kabur ke India

Sekitar 300 orang, banyak dari mereka adalah mahasiswa dan mahasiswa, tewas dalam demonstrasi yang dimulai pada bulan Juli. Mahasiswa berdemonstrasi menentang kuota dalam pekerjaan pemerintah sebelum berubah menjadi protes dengan kekerasan untuk menggulingkan Hasina.

Hasina telah memerintah Bangladesh selama 20 dari 30 tahun terakhir. Hasina kabur ke India saat Istananya diduduki sejak Senin (5/8).

Putra Hasina, Sajeeb Wazed Joy, mengatakan ibunya akan kembali ke Bangladesh dari India, tempat dia berlindung, setelah pemilu diumumkan di negara asalnya. Proses tersebut diminta pihak oposisi agar diadakan dalam tiga bulan.

Leave a comment