Informasi Terpercaya Masa Kini

1.000 Mobil Disewa untuk HUT RI di IKN, Tarif Naik Gila-gilaan: Sewa Alphard Jadi Rp25 Juta Sehari

0 6

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah menandatangani nota kesepahaman dengan Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur untuk pengadaan 1.000 unit mobil.

Kendaraan ini akan digunakan untuk memfasilitasi pergerakan tamu negara dan VVIP (Very Very Important Person) selama perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asperda Kalimantan Timur Damun Kiswanto menyatakan bahwa Kemensetneg telah membayar uang muka sebesar 50 persen dari nilai kontrak untuk pengadaan mobil tersebut.

“Kami dan Kemensetneg tanda tangani nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan,” ungkap Damun dikutip dari Antara, Senin (5/8/2024).

Namun, permintaan ini menghadapi tantangan karena keterbatasan unit mobil rental di wilayah Kalimantan Timur. Untuk mengatasi hal ini, DPD Asperda Kaltim berkoordinasi dengan DPP Asperda Indonesia untuk mendatangkan kendaraan tambahan dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Projo Membantah Rencana 500 Relawan ke IKN Bertemu Jokowi Dibiayai Negara

“Unit mobil didatangkan dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, dan sedang dalam perjalanan menuju Kaltim,” jelasnya.

Pengiriman mobil dari luar Kalimantan Timur menimbulkan biaya tambahan. Menurut Kiswanto, biaya pengiriman untuk satu unit mobil bisa mencapai Rp13 juta. Hal ini berkontribusi pada lonjakan harga sewa mobil yang tidak bisa dihindari.

Sejak memasuki Agustus 2024, permintaan mobil rental di Kalimantan Timur meningkat drastis, menyebabkan kenaikan harga sewa hingga 100 persen dari harga pasaran sebelumnya. Kiswanto memberikan beberapa contoh kenaikan harga yakni berikut ini.

  • Fortuner: dari Rp2,5 juta per hari menjadi Rp5 juta per hari
  • Hi-Ace: dari Rp3,5 juta per hari menjadi Rp15 juta per hari
  • Alphard: dari Rp7 juta per hari menjadi Rp25 juta per hari

“Bahkan untuk Alphard yang biasanya Rp7 juta per hari naik cukup signifikan menjadi Rp25 juta per hari,” pungkasnya.

Baca Juga: Istana Pastikan Seluruh Menteri Bakal Hadir di IKN pada 12 Agustus 2024, Ada Apa?

Tidak Semua Menteri Kabinet Hadir Upacara 17 Agustus di IKN

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengklarifikasi bahwa tidak semua anggota Kabinet Indonesia Maju akan menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Pratikno menjelaskan bahwa kehadiran para menteri akan disesuaikan dengan kesiapan infrastruktur dan pengalaman penyelenggaraan upacara sebelumnya.

“Kan harus disesuaikan dengan komposisi kesiapan infrastruktur dan pengalaman selama ini, menteri itu tidak semua juga di Istana,” ujar Pratikno, Senin dikutip dari Antara.

Ia lebih lanjut mengungkapkan bahwa beberapa menteri akan ditugaskan untuk menghadiri upacara di daerah lain, termasuk daerah terpencil, terluar, dan tertinggal (3T).

Hal ini merupakan kelanjutan dari praktik yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya untuk memeriahkan perayaan HUT RI di seluruh penjuru Tanah Air.

Sebagai contoh, Pratikno menunjuk pada kasus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang pada Upacara 17 Agustus 2023 lalu bertugas sebagai inspektur upacara di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

“Selama ini memang kami dukung karena untuk memeriahkan HUT RI di daerah-daerah pinggiran. Misalnya, Pak Mendagri selama ini kan jauh-jauh dan lain-lain ya, menteri-menteri lain,” jelasnya.

Leave a comment