Informasi Terpercaya Masa Kini

2 Agustus, Tol Cimanggis-Cibitung SS Cikeas-JC Cibitung Mulai Bertarif

0 8

KOMPAS.com – Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Simpang Susun (SS) Cikeas-Junction (JC) Cibitung akan diberlakukan tarif.

Sebelumnya, ruas jalan tol sepanjang 19,65 km itu telah dioperasikan tanpa tarif sejak 10 Juli 2024.

Informasi itu sebagaimana dikutip dari unggahan akun Instagram resmi PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) pada Selasa (30/7/2024).

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B (Simpang Susun Cikeas-Junction Cibitung) akan diberlakuan tarif mulai hari Jumat tanggal 2 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB,” tulisnya.

Baca juga: Solo-Purwomartani Tersambung Tol Akhir 2024

Pemberlakuan tarif Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1627/KPTS/M/2024.

Besaran tarif tol yang dikenakan berdasarkan golongan jenis kendaraan serta jarak tempuh sesuai gerbang asal dan tujuan.

Pengguna jalan yang menggunakan kendaraan golongan I dari arah Cimanggis menuju ke Cibitung akan melakukan transaksi awal (tap in) di Gerbang Tol (GT) Jatikarya Utama dengan membayar tarif tol sebesar Rp 5.500.

Ada pun tarif tol yang dikenakan berikutnya adalah sesuai dengan jarak tempuh dan tujuan akhir pengguna jalan, di antaranya di GT Narogong, GT Burangkeng, GT Setu Utara, dan GT Cibitung.

Sebagai informasi, ruas SS Cikeas-JC Cibitung melengkapi ruas Tol Cimanggis-Cibitung yang lebih dulu beroperasi sepanjang 6,53 km, dimulai Seksi 1A Segmen Cimanggis Junction-On off Ramp Jatikarya hingga Seksi 2A Segmen dari On/Off Ramp Jatikarya-SS Cikeas.

Dengan demikian, kini Jalan Tol Cimanggis-Cibitung telah beroperasi penuh dengan total panjang 26,18 km.

Baca juga: Berkat PMN, Tol Trans-Sumatera Telah Terbangun 954,8 Kilometer

Dengan selesainya pembangunan Jalan Tol Cimanggis Cibitung, jaringan Jalan Tol JORR 2 sepenuhnya telah terhubung utuh sepanjang 111 km, mulai dari Cengkareng-Kunciran-Serpong-Cinere Jagorawi-Cimanggis-Cibitung hingga Cilincing.

Sehingga diharapkan menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi sekaligus meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter dan logistik menuju kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Leave a comment