Informasi Terpercaya Masa Kini

Sejarah Karakter Nobita, Sudah Tiga Kali Ganti Pengisi Suara

0 11

Berita duka datang dari dunia hiburan Jepang. Pengisi suara (seiyuu) Noriko Ohara dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (12/7) kemarin. Noriko Ohara sendiri merupakan pengisi suara dari karakter animasi Nobita dalam anime Doraemon sejak tahun 1979 hingga 2005. 

Di Jepang sendiri, manga dan anime Doraemon merupakan salah satu judul yang populer. Awalnya, Doraemon dimuat dalam majalah anak-anak yang terbit setiap bulan di tahun 1969, lalu berkembang dengan cerita yang beragam hingga diproduksi menjadi animasi yang ditayangkan di TV pada tahun 1973. 

Sejarah datangnya Doraemon yang ingin menyelamatkan Nobita

Cerita dimulai di sebuah malam tahun baru ketika Doraemon mendadak muncul dari laci meja Nobita. Robot pintar tersebut datang dari abad ke-22 bersama cicit Nobita, Sewashi, yang mengatakan jika dirinya memiliki masalah dengan utang besar karena kebangkrutkan perusahaan Nobita. 

Nobita sendiri adalah anak pemalas yang menjalani hari-harinya tanpa semangat. Baik di sekolah maupun di lingkungan rumah, Nobita seringkali diganggu oleh Giant dan Suneo. Di sisi lain, Nobita tertarik dengan Shizuka yang baik hati. Meski kadang berlebihan, namun rasa sukanya tak pernah hilang. 

Untuk itu, Sewashi datang dengan tujuan mengubah masa depan dengan mengirim Doraemon untuk menjaga Nobita di masa lalu. Sejak kehadiran Doraemon, Nobita yang pemalas terus mendapat bantuan untuk melewati setiap krisis yang dialaminya.

Pengisi suara karakter Nobita

Saat pertama kali tayang di TV, pengisi suara karakter Nobita diserahkan kepada Yoshiko Ōta yang sudah lebih dulu dikenal lewat anime Chôdenshi Baioman. Kemudian, di tahun 1979, pengisi suara Nobita diganti oleh Noriko Ohara.

Bukan hanya mengisi suara Nobita, Noriko Ohara juga sempat menjadi pengisi suara karakter Conan dalam film Future Boy Conan dan Peter dari Heidi, Girl of the Alps. Lewat karyanya, Noriko Ohara menerima penghargaan Synergy Award di Seiyu Awards 2013.

Setelah kontrak dengan mendiang Yoshiko Ōta dan Noriko Ohara usai, sosok Megumi Ōhara digandeng menjadi pengisi suara Nobita. Megumi Ōhara resmi memulai kariernya sebagai pengisi suara Nobita sejak April 2005 hingga sekarang. 

Teori fans tentang karakter Nobita

Berawal dari platfom X, kemunculan teori yang menyebutkan jika karakter Nobita terispirasi dari sosok nyata langsung tersebar luas. Teori yang satu ini adalah salah satu teori yang paling populer hingga saat ini. Namun, tak ada bukti konklusif untuk membuktikan teori tersebut. 

Kabarnya, sosok asli Nobita adalah seorang remaja pengidap skizofrenia yang sering membayangkan memiliki teman yang mampu memberikan apa saja yang ia inginkan. Pada akhirnya, teori ini hanyalah sekadar teori penggemar sebab sang pencipta Doraemon, Fujiko F. Fujio, tak pernah mengkonfirmasi hal tersebut.

Itulah sejarah singkat karakter Nobita dalam manga dan anime Doraemon. Baru-baru ini, film terbaru Doraemon yang berjudul Doraemon the Movie: Nobita’s Earth Symphony sudah tayang di bioskop Tanah Air. Yuk, nonton sebelum turun layar!

Baca Juga: Unik! 9 Alat Doraemon ini ada di Dunia Nyata

Baca Juga: Meninggal Dunia, 5 Fakta Nurhasanah si Pengisi Suara Doraemon

Baca Juga: 10 Rekomendasi Online Shop untuk Beli Pernak Pernik Unik Doraemon

Leave a comment