Informasi Terpercaya Masa Kini

Ilham Habibie: Kesepakan Koalisi dengan PKS di Pilgub Jawa Barat Akhir Juli

0 8

TEMPO.CO, Garut – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) terus menjajaki koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung calon gubernur dan wakil gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024.

Partai Nasdem telah mendeklarasikan dukungan untuk mengusung putra sulung Presiden B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie. Partai besutan Surya Paloh itu telah membawa Ilham Habibie ke DPP PKS untuk diperkenalkan sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat.

“Tadi saya sudah melanjutkan kembali diskusi dengan PKS,” ujar Ilham, di Sentra Kerajinan Kulit Sukaregang, Kabupaten Garut, Minggu, 21 Juli 2024.

Pertemuan Ilham itu digelar disela-sela kegiatan PKS dalam rangka Pemenangan Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Acara yang digelar di salah satu hotel di Kecamatan Tarogong Kidul itu dihadiri langsung Ketua PKS Jawa Barat, Haru Suandharu.

Ilham mengaku saat ini Partai Nasdem dan dirinya tengah memfokuskan komunikasi dengan PKS untuk menyukseskan Pilkada Jawa Barat. Koalisi kedua partai ini dinilai memenuhi syarat untuk mengusung satu pasangan Calon Gubernur dan Wakilnya.

PKS tercatat memiliki kursi di DPRD Jabar sebanyak 19 dan Nasdem 8 kursi. “Targetnya paling lambat di akhir Juli atau awal Agustus sudah ada kesepakatan secara formal,” ujarnya.

Saat ini, Ilham mengaku tengah berupaya memperkenalkan diri ke masyarakat. Alasannya karena belum banyak pemilih yang mengetahui dirinya akan maju dalam pemilihan gubernur ini. Kondisi itu sejalan dengan hasil survei popularitas dan elektabilitas yang masih jauh dibawah Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi.

Ketua PKS Jawa Barat, Haru Suandharu, menyatakan bahwa keputusan koalisi partai dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat akan ditentukan oleh pengurus pusat.

Namun meski begitu pengurus partai PKS Jawa Barat telah mengusulkan partai koalisi dan calon gubernur yang akan diusungnya. “Sekarang kita sudah mengerucut, tinggal menunggu dari pusat. Untuk calon dari PKS saya sendiri yang diusulkan,” ujar Haru di Garut.

Pilihan editor: PDIP Jajaki Duet Airin dan Rano Karno di Pilgub Banten

Leave a comment