Informasi Terpercaya Masa Kini

Final Euro 2024 Hari Ini Spanyol vs Inggris,Raja Felipe dan Pangeran William Bakal Nonton Langsung

0 29

TRIBUNKALTIM.CO, BERLIN – Timnas Spanyol dan Inggris akan bertarung memperebutkan trofi Henri Delaunay di Final Euro2024 di Stadion Olympiastadion Berlin dini hari ini Senin (15/7/2024 ) 02:00 WIB.

Keluarga kerajaan dari kedua negara, Spanyol dan Inggris telah dikonfirmasi siap menyaksikan laga final Euro2024 secara langsung di tribun.

Pangeran William dari Inggris dan Raja Felipe dari Spanyol akan datang langsung menyaksikan laga final Euro 2024 dini hari nanti.

Saat ini, Spanyol dan Inggris adalah negara-negara sepak bola papan atas Eropa.

Baca juga: Statistik Timnas Spanyol vs Tim Nasional Sepak Bola Prancis dan Jadwal Pertandingan Final Euro 2024

Baca juga: Francois Letexier Wasit Kontroversial Pimpin Final Euro 2024, 2 Bulan Lalu Beri STY Kartu Merah

Baca juga: Terjawab Kenapa Euro 2024 Tidak Ada Perebutan Juara 3 Belanda vs Prancis, Beda dari Copa America

Menariknya, mereka setara satu sama lain dalam hal penggemar dari kalangan keluarga kerajaan Inggris dan Spanyol yang sama-sama menggemari sepak bola.

Dilansir Royal Central, Pangeran William akan berangkat ke Berlin untuk menyaksikan timnas Inggris berusaha memenangkan Piala Eropa untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, dia sudah menyaksikan tim Tiga Singa tampil di final saat gagal memenangkan Piala Eropa di Inggris pada tahun 2022.

Pangeran William tentu tak ingin memori 3 tahun silam terulang kembali di Jerman   

Raja Felipe dari Spanyol juga akan berada di Stadion Olimpiade Berlin saat La Roja Spanyol berupaya untuk memenangkan trofi Euro untuk keempat kalinya, sebelumnya Spanyol menjadi juara pada tahun 1964, 2008 dan 2012.

Kehadiran mereka ini seolah memberi stempel kerajaan pada pertandingan terbesar di sepak bola Eropa.

Di mana, dua finalis masing-masing mendapat banyak dukungan dari keluarga kerajaan dari masing-masing finalis.

Euro 2024 benar-benar menjadi tontonan para raja Eropa.

Sebelumnya, Raja Frederik X dari Denmark dan putri bungsunya, Putri Josephine, berangkat ke Jerman untuk menunjukkan dukungan bagi tim nasional mereka.

Sementara Raja Philippe dari Belgia membawa tiga dari empat anaknya untuk menyaksikan salah satu pertandingan Belgia.

Baca juga: Prediksi Skor Final Euro 2024 Inggris vs Spanyol, Rodri Minta Waspadai Rekannya di Manchester City

Pangeran Gabriel, pewaris tahta kedua, tampak sangat senang dengan hasil tersebut meskipun turnamen kali ini bukan turnamen yang dimenangkan Belgia.

Pangeran Wales telah menyaksikan Inggris bermain melawan Denmark di putaran pertama Euro dan kembali ke Jerman untuk pertandingan perempat final melawan Swiss.

Raja Charles memimpin ucapan selamat kepada tim saat mereka melaju ke final setelah menang di menit terakhir melawan Belanda.

Yang Mulia juga meminta skuad Inggris untuk berjuang demi semua orang di negaranya dan mencoba memenangkan final tanpa harus melalui adu penalti.

Spanyol telah menjadi tim yang difavoritkan di final, tetapi kata Ollie Watkins Inggris juga punya banyak senjata yang bisa melukai Tim Matador.

Watkins masuk dari bangku cadangan dan mencetak gol penentu kemenangan dramatis di masa tambahan waktu yang membawa Inggris ke pertandingan final, melepaskan bola melewati kiper dan masuk ke gawang saat mereka mengalahkan Belanda 2-1 di semifinal.

Spanyol telah teruji melalui jalan yang lebih sulit menuju final, kata Watkins.

“Mereka harus melalui perjalanan yang lebih sulit dibandingkan kami saat bermain melawan Italia, Jerman, dan Prancis – yang disebut sebagai tim yang lebih besar – dan saya rasa mereka mungkin adalah tim terbaik di kompetisi ini sejauh ini,” katanya.

“Pemain sayap Spanyol sangat dinamis, muda, penuh percaya diri dan lugas, tetapi juga di seluruh tim kami, kami memiliki gol dari mana saja dan talenta kelas dunia, jadi ini akan menjadi pertandingan yang sangat menarik.

Saya tidak sabar untuk menontonnya dan menjadi bagian darinya. Dan mudah-mudahan kita dapat menyelesaikan pekerjaan ini.”

Tentang pemain remaja Spanyol, Lamine Yamal yang mencetak gol menakjubkan untuk Spanyol dalam kemenangan 2-1 di semifinal atas Prancis, Watkins mengatakan dia adalah pemain berbakat di generasinya.

“Semua orang sudah melihat kemampuannya. Jarang sekali Anda bisa mencetak gol ke gawang Prancis di sudut atas gawang di semifinal Euro saat Anda berusia 16 tahun.

Dia menguasai dunia dan berada jauh di depan saya ketika aku berusia 16 atau 17 tahun,” katanya.

Namun Watkins masih menikmati perannya dalam membawa Inggris ke final dalam pertandingan keduanya di turnamen tersebut.

Baca juga: Spanyol dan Inggris Tak Hanya Berebut Trofi Euro 2024, Bonus Total Rp 496 Miliar Menanti

Golnya digambarkan sebagai gol ikonik dalam konteks membawa Inggris ke final turnamen besar pertama di luar negeri.

“Saya menontonnya beberapa kali ketika saya kembali ke base camp.

Saya selalu menonton gol-gol saya, Anda tahu, setiap kali saya mencetak gol melawan seseorang, tetapi yang ini saya rasa saya telah menontonnya beberapa kali lebih besar dari biasanya”.

“Salah satu teman baik saya, yang datang ke pertandingan tersebut, mengatakan kepada saya bertahun-tahun yang lalu bahwa dia merasa saya akan mencetak gol di final Euro.

Saya mencetak gol di semifinal jadi itu adalah pertandingan yang lebih awal, tetapi Anda tidak pernah tahu bahwa itu bisa terjadi pada akhir pekan”.

“Saya merasa apa pun yang Anda masukkan ke alam semesta, Anda akan mendapatkannya kembali dan saya sangat yakin bahwa Anda dapat mempercayai sesuatu, tetapi jika jauh di lubuk hati Anda benar-benar yakin bahwa hal itu dapat terjadi, maka hal itu akan terjadi,” tambah Watkins.

Spanyol Favorit

Spanyol memiliki rekam jejak yang lebih mengesankan, dengan tiga mahkota juara Eropa, sedangkan Inggris tak pernah sekalipun menjuarainya.

Sebelum laga final, Spanyol jelas merupakan favorit setelah memenangkan keenam pertandingannya sejauh ini dan mencetak 13 gol dari 108 percobaan.

Inggris, sebaliknya, hanya menang dalam empat pertandingan, hanya melepaskan 66 tembakan dan mencetak 7 gol.

Tentu saja, apa pun bisa terjadi dalam pertandingan dan Inggris tidak bisa dianggap remeh.

Spanyol telah menjadi tim yang luar biasa di Kejuaraan Eropa ini, perjalanan mereka ke final dengan meraih kemenangan melawan pemegang gelar Italia, tuan rumah Jerman dan favorit pra-turnamen Prancis.

Inggris, sebaliknya, berhasil mencapai Berlin, menjalani empat pertandingan berturut-turut tanpa kemenangan dalam waktu 90 menit sebelum gol menakjubkan di menit-menit terakhir dari Ollie Watkins memberi mereka kemenangan 2-1 di semifinal atas Belanda.

Namun tim yang diperkuat Jude Bellingham dan Harry Kane memiliki cukup banyak kesempatan untuk percaya bahwa mereka bisa bersaing dengan Spanyol dan mengakhiri penantian Inggris untuk meraih kejayaan di turnamen besar sejak Piala Dunia 1966.

Baca juga: Prediksi Skor Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024, Ramalan EA Sports soal Juara jadi Kenyataan?

Berbeda dengan tim putri Inggris yang menjuarai kompetisi Eropa dua tahun lalu, tim putra Inggris belum pernah menjuarai Kejuaraan Eropa.

Namun, ini adalah final kontinental kedua berturut-turut bagi Inggris setelah kekalahan menyakitkan mereka melalui adu penalti melawan Italia pada tahun 2021, dan kenangan akan hal tersebut akan membantu mendorong mereka melaju ke final pertama mereka di luar Inggris.

“Melihat Italia mengangkat trofi itu akan menghantui saya selamanya,” kata gelandang Declan Rice kepada BBC.

“Kami kini diberikan peluang lain di mana kami dapat menulis sejarah kami sendiri, namun kami menghadapi tim papan atas lainnya yang harus kami hormati secara besar-besaran.”

Inggris menampilkan sepak bola terbaik mereka di turnamen melawan Belanda, bahkan ketika mereka membutuhkan penalti Harry Kane yang kontroversial untuk membatalkan gol pembuka Xavi Simons sebelum pemain pengganti Ollie Watkins mencetak gol kemenangan di akhir pertandingan.

Inggris sempat bermain imbang namun dengan performa tidak meyakinkan dengan Denmark dan Slovenia sebelum mengatasi Slovakia di perpanjangan waktu di babak 16 besar, hanya setelah diselamatkan oleh tendangan setengah salto Bellingham di masa tambahan waktu.

Mereka bangkit dari ketertinggalan saat melawan Swiss di babak delapan besar sebelum lolos melalui adu penalti, namun penampilan Belanda seharusnya memberi mereka keyakinan yang nyata.

“Kami datang ke sini untuk menang. Kami menghadapi tim yang merupakan tim terbaik di turnamen ini dan kami punya waktu satu hari lebih sedikit untuk mempersiapkannya sehingga ini adalah tugas besar,” kata Southgate, yang masa depannya setelah final hari Minggu saat ini masih belum pasti.

Performa Spanyol berarti mereka difavoritkan menjelang pertemuan pertama kedua negara di Piala Dunia atau Euro sejak 1996.

Meskipun Inggris secara konsisten mencapai tahap akhir turnamen di bawah Southgate, Euro 2024 telah mengkonfirmasi kebangkitan Spanyol, negara yang mendominasi sepak bola internasional lebih dari satu dekade lalu.

La Roja memenangkan Kejuaraan Eropa berturut-turut pada tahun 2008 dan 2012, selain kemenangan mereka di Piala Dunia 2010.

Mereka tidak memenangkan pertandingan sistem gugur lagi di sebuah turnamen sampai mereka melaju ke semifinal Euro 2020, tetapi hal itu diikuti dengan tersingkirnya babak 16 besar di Piala Dunia terakhir.

Namun, Luis de la Fuente kemudian menjadi pelatih dan meraih serangkaian hasil yang luar biasa.

Spanyol memenangkan UEFA Nations League tahun lalu dan memulai kampanye Euro mereka dengan mengalahkan semifinalis Piala Dunia 2022 Kroasia 3-0 di Berlin.

Mereka mengungguli Italia dan seharusnya menang dengan selisih lebih dari 1-0 dalam perjalanan mereka mengakhiri babak penyisihan grup sebagai satu-satunya tim dengan poin maksimal dan tidak kebobolan gol.

Babak sistem gugur telah menyaksikan mereka dengan mudah melewati Georgia sebelum melalui ujian yang melelahkan melawan Jerman di Stuttgart dan kemudian Prancis di Munich, di mana Yamal menjadi pencetak gol Euro termuda, berusia 16 tahun dan 362 hari.

Dengan Yamal yang berusia 17 pada hari Sabtu, di satu sisi dan Nico Williams di sisi lain, dan Dani Olmo mendukung Alvaro Morata di lini tengah, Spanyol memiliki serangan yang telah mencetak 13 gol dalam perjalanan ke final, dibandingkan dengan tujuh gol yang dicetak Inggris.

De la Fuente juga bisa memanggil gelandang bertahan luar biasa dunia, Rodri, namun Spanyol tetap mewaspadai lawan mereka.

“Inggris telah menunjukkan sejauh ini bahwa mereka dapat bangkit ketika mereka mulai kalah,” kata Olmo. “Mereka adalah tim yang tidak pernah menyerah, itu sudah pasti.”

Bek Dani Carvajal dan Robin Le Normand sama-sama absen dalam kemenangan Spanyol atas Prancis di semifinal karena skorsing namun akan kembali di laga final yang akan dipimpin oleh wasit Prancis Francois Letexier.

Baca juga: Prediksi Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris, The Three Lions Bakal Menang Adu Penalti, Unggul H2H

(Tribunnews/mba)    

Ikuti berita populer lainnya di Google News Tribun Kaltim

Ikuti berita populer lainnya di saluran WhatsApp Tribun Kaltim

Leave a comment