Informasi Terpercaya Masa Kini

Sosok Irjen Pudji Prasetijanto Hadi,Kapolda Gorontalo Marah dan Sentil Bupati Soal Korban Longsor

0 17

BANGKAPOS.COM– Inilah profil Irjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi Kapolda Gorontalo yang disorot usai menyentil bupati terkait korban longsor.

Baru-baru ini Irjen Pudji Prasetijanto Hadi disorot usai menunjukkan kemarahannya saat proses persiapan evakuasi korban longsor tambang emas di Gorontalo, tepatnya di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (9/7/2024).

Jenderal Bintang 2 itu bahkan terang-terangan menyentil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli dan Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin.

Apa penyebabnya?

Diketahui, sebanyak tujuh korban meninggal dunia di Tambang Emas Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango Gorontalo diangkut oleh Helikopter AW-169.

Namun sebelum korban tiba di lokasi posko induk Tim SAR Gorontalo, Pudji meminta tim mempersiapkan tempat pemandian jenazah di depan Kantor Desa Poduwoma, Suwawa Timur.

Lokasi itu dipilih karena berdekatan dengan landasan Helikopter AW-169, sehingga memudahkan proses pembersihan jenazah.

Kemarahan Kapolda muncul diduga karena tempat landasan dan pemandian dicari sendiri oleh Tim Gabungan di sekitar posko induk Tim SAR Gorontalo. 

Pudji bahkan menyentil nama Bupati dan Gubernur ketika hendak menuju lokasi landasan Helikopter AW-169.

“Kerja gitu loh. Bupati yang memutuskan tempat. Bupati, gubernur,” ucapnya ketika hendak mengecek lokasi pembersihan jenazah dan landasan Helikopter AW-169 di Desa Poduwoma, Kecamatan Suwawa Timur, Bone Bolango Gorontalo, Selasa, dilansir dari Tribungorontalo.com.

Puncak kemarahan Pudji ketika melihat proses persiapan evakuasi korban belum tersedia, kendati Helikopter sudah siap untuk menjemput.

 “Jangan hanya diskusi, kerja yang penting, disini tidak ada diskusi lagi,” tegasnya 

Lebih lanjut, Kapolda Jebolan Akpol 1989 itu bahkan menyinggung korupsi. Pudji mengatakan tak segan-segan mengecek persoalan korupsi.

Tidak diketahui pasti siapa menjadi sasaran kemarahan Kapolda Gorontalo tersebut.

Di waktu bersamaan, Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin dan Bupati Bone Bolango Merlan Uloli juga meninjau lokasi pembersihan jenazah.

Pantauan TribunGorontalo.com, Rudy dan Merlan baru menginjakkan kaki di Posko Tim SAR Gorontalo pada Selasa 9 Juli 2024 atau hari ke-3 pencarian korban tambang longsor.

Sosok Irjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi

Mengutip dari Tribun Timur Irjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi adalah Kapolda Gorontalo yang baru menjabat sekitar lima bulan.

Pudji Prasetijanto diangkat jadi Kapolda Gorontalo menggantikan Irjen Pol Angesta Romano yang sudah memasuki masa pensiun.

Mutasi Kapolda Gorontalo itu tertuang dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/429/II/KEP./2024 tanggal 28 Februari 2024.

Irjen Pol Pudji Prasetijanto Hadi lahir 24 Mei 1967.

Pudji merupakan lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang SDM.

Irjen Pudji Prasetijanto Hadi menjabat Kapolda Gorontalo sejak 28 Februari 2024.

Sebelumnya, Pudji  menjabat sebagai Wakapolda Gorontalo.

Dilansir Tribun-Timur.com dari situs Humas Polri, Pudji Prasetijanto Hadi resmi naik pangkat dari Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) menjadi Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) pada 26 Maret 2024.

Hal tersebut tertuang dalam STR Kapolri Nomor 817/III/KEP./2024.

Perjalanan karier

Karier Pudji Prasetijanto Hadi sudah malang melintang di dalam kepolisian tanah air.

Berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara sudah pernah diembannya.

Ia tercatat pernah menjabat sebagai Wakapolres Sarko (2003), Kabag Faskon Rolog Polda Jambi (2004), Kasat 3 Ditreskrim Polda Jambi (2005), dan Kasat 3 Tipiter Ditreskrim Polda Jambi (2005).

Selain itu, Pudji juga sempat menduduki posisi sebagai Kabag Dalpers Polda Bengkulu (2008), Kapolres Bengkulu Utara (2009), dan Kasubbag Dalpro Bag Anev Rojianstra SDE SDM Polri (2010).

Karier Irjen Pudji Prasetijanto Hadi makin cemerlang setelah ia didapuk menjadi Wadirreskrimsus Polda Sumut pada tahun 2011.

Pada tahun 2012, ia kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Assesor dan Staf Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri.

DI tahun yang sama, Pudji dimutasi menjadi Karo SDM Polda Bengkulu

Riyawat jabatan

Berikut Riwayat Jabatan Pudji Prasetijanto Hadi:

– Kapolres Bengkulu Utara

– Kasubbag Dalpro Bag Anev Rojianstra SDE SDM Polri[2] (2010)

– Wadirreskrimsus Polda Sumut[3] (2011)

– Assesor dan Staf Bagpenkompeten Robinkar SSDM Polri[4] (2012)

– Karo SDM Polda Bengkulu (2012)

– Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri (2019)

– Wakapolda Gorontalo (2020—2024)

– Kapolda Gorontalo (2024—Sekarang). 

Helikopter AW-169 Diterbangkan ke Lokasi Tambang Emas

Diberitakan sebelumnya, proses evakuasi korban di Tambang Suwawa, Gorontalo terus dilakukan oleh tim gabungan Basarnas Gorontalo dan TNI/Polri.

Dua hari pertama, proses evakuasi masih dilakukan secara manual karena kondisi medan tidak memungkinkan dilalui alat berat.

Pada hari ketiga, Selasa (9/7/2024), satu Helikopter jenis AW-169 diterbangkan menuju lokasi tambang Suwawa untuk mengangkut jasad korban longsor.

Helikopter jenis AW-169 P-3304 itu didatangkan langsung dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Helikopter terbang tepat pukul 10.16 Wita. Tepat pukul 10.34 Wita, helikopter itu sudah kembali membawa empat korban meninggal dunia dalam kantong mayat.

Beberapa saat kemudian, helikopter itu terbang lagi ke lokasi pertambangan.

Sembilan mayat dibawa menuju posko induk KPP Gorontalo.

(Tribun Timur/Tribunnews/Bangkapos.com/Vigestha Repit)

Leave a comment