Informasi Terpercaya Masa Kini

6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Salah Satunya Rajin Live

0 22

TEMPO.CO, Jakarta – Aplikasi TikTok dikenal sebagai platform berbagi video pendek yang populer khususnya bagi anak muda. Tapi siapa sangka, TikTok kini juga bisa menjadi sumber penghasilan untuk mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang dari TikTok terbilang mudah, bahkan salah satu caranya hanya bermodalkan followers.

Kunci cara mendapatkan uang dari TikTok adalah konsisten, kreatif, dan mampu mengikuti tren yang terus berubah di TikTok.

Dengan strategi yang tepat, maka akun TikTok terutama yang punya banyak followers berpeluang besar mendapatkan uang.

Apalagi menurut riset Statista, pengguna TikTok di Indonesia pada April 2024 mencapai 127,5 juta pengguna.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok1. Jadi Influencer TikTok

Influencer TikTok adalah pengguna dengan banyak pengikut dan konten yang menarik. Seorang influencer bisa mendapatkan uang melalui kemitraan berbayar, endorsement, dan sponsorship.

Agar bisa menjadi influencer, pengguna harus memiliki kemampuan untuk menciptakan konten yang kreatif dan berkualitas, fokus pada niche, dan mampu menarik perhatian banyak orang.

2. Mengikuti Program Kemitraan TikTok

TikTok memiliki beberapa program kemitraan yang bisa dimanfaatkan pengguna. Salah satu program tersebut adalah TikTok Creator Fund.

Program tersebut menawarkan pengguna yang memiliki pengikut dan penayangan video tinggi untuk mendapatkan uang dari konten mereka.

Syaratnya adalah memiliki minimal 10.000 pengikut dan rata-rata 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir.

3. Manfaatkan TikTok Live

Fitur live streaming di TikTok memungkinkan pengguna berinteraksi langsung dengan pengikut mereka. Selama sesi live streaming, penonton bisa memberikan virtual gifts berupa koin.

Koin ini dapat ditukarkan oleh kreator menjadi uang tunai. Pastikan untuk memberikan konten yang menarik dan interaktif untuk mendorong penonton memberikan gift.

4. Monetisasi Melalui Toko TikTok

Jika Anda memiliki produk atau jasa untuk dijual, maka TikTok bisa menjadi platform yang sangat efektif untuk pemasaran. Cobalah untuk membuat video yang menarik untuk mempromosikan produk atau jasa.

Banyak pengguna TikTok yang berhasil menjual produk seperti pakaian, aksesoris, kosmetik, hingga makanan melalui video kreatif mereka.

5. Jadi Affiliate

Tips mendapatkan uang dari TikTok lainnya adalah daftar jadi affiliate. Anda bisa bergabung dengan program afiliasi dari berbagai perusahaan, kemudian mempromosikan produk mereka melalui video.

Nantinya setiap kali seseorang membeli produk melalui link afiliasi yang dibagikan, maka Anda akan mendapatkan komisi.

6. Endorsement atau Sponsor

Jika Anda memiliki jumlah pengikut atau followers yang besar, maka Anda bisa bekerja sama dengan beberapa brand.

Biasanya brand akan mengajak kerjasama untuk mempromosikan produk atau layanan mereka melalui endorsement berbayar atau sponsor. Tentunya, akun yang terpilih biasanya yang memiliki followers organik dan kerap berbagi konten berkualitas.

RIZKI DEWI AYU

Pilihan Editor: Riset Reuters Institute 2024, Ini Temuan Baru Konsumsi Berita Online Global

Leave a comment