Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini 5 Cara Mengatasi Kerutan di Bawah Mata

0 21

Kerutan di bawah mata dapat muncul secara alami sebagai salah satu tanda penuaan. Well, hal tersebut sangat wajar terjadi seiring pertambahan usia seseorang, Cosmo Babes.

Hal tersebut karena jumlah kolagen dan elastin di kulit berkurang seiring berjalannya waktu. FYI, kolagen adalah salah satu ‘kunci’ untuk menjaga kekencangan kulit, sementara elastin menjaga agar kulit tetap elastis. 

Namun, ada pula penyebab lainnya yang memicu timbulnya kerutan di bawah mata, di antaranya seperti paparan sinar matahari atau gaya hidup. Selain itu, kerutan pada mata bisa terjadi melalui gerakan wajah, yang akhirnya berkembang menjadi garis-garis tersebut. Salah satu gerakan wajah tersebut adalah menyipitkan mata. 

Meskipun kerutan di bawah mata bisa terjadi pada siapa saja secara alami, tentunya hal tersebut bisa membuat seseorang kurang percaya diri dengan penampilannya. 

No more worries, Cosmo Babes. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerutan di bawah mata. Let’s check this out!

1. Menggunakan Eye Cream

Cara mengatasi kerutan di bawah mata yang paling mudah dilakukan yaitu menggunakan eye cream. Kamu bisa memilih berbagai produk eye cream yang dapat ditemukan di pasaran dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Well, perlu kamu ketahui bahwa penggunaan eye cream untuk mengatasi kerutan di bawah mata tidak dapat bekerja secara instan dan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk melihat hasilnya. Pastikan juga untuk menggunakannya setiap hari secara rutin!

2. Melakukan Eksfoliasi

Tidak hanya kulit wajah maupun kulit tubuh yang membutuhkan eksfoliasi, namun area mata juga membutuhkannya, Cosmo Babes

Melansir dari InStyle, sama seperti bagian tubuh lainnya, sel kulit mati di permukaan mata dapat menumpuk di bawah mata, sehingga suatu produk yang digunakan tidak dapat terserap sepenuhnya dan ‘menargetkan’ area tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan eksfoliasi secara lembut di area mata dan menjaga hidrasinya, Cosmo Babes. Kamu bisa memilih produk eye cream dengan kandungan exfoliant untuk eksfoliasi, dan pastikan untuk mengaplikasikannya secara lembut dan hati-hati.

3. Terapkan Diet Sehat

Melansir dari Effect Doctors, beberapa orang percaya bahwa ada hubungan kuat antara pola makan sehat dan kulit kencang dan tampak lebih muda.

Kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan Vitamin A, C, dan E untuk membuat kulit dan tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, Vitamin A, C, dan E biasanya sering kita temukan sebagai ingredients dalam produk-produk perawatan kulit.

Pertimbangkan untuk memperbanyak konsumsi jeruk, wortel, hingga labu agar membantu meningkatkan jumlah asupan vitamin~

4. Menggunakan Serum dengan Kandungan Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid dikenal sebagai salah satu ingredients yang berfungsi menjaga kelembapan kulit dan menjaga hidrasi.

Melansir dari InStyle, serum dengan kandungan Hyaluronic Acid dapat membantu menambahkan kelembapan untuk kulit, di mana melembapkan kulit di sekitar area mata akan membuatnya tampak lebih kencang sehingga kerutan tidak akan terlalu terlihat~

5. Menggunakan Retinol

Last but not least, kamu bisa mulai menggunakan produk dengan kandungan retinol di dalamnya untuk mengatasi kerutan di bawah mata, Cosmo Babes

Melansir dari Byrdie, salah satu ingredients paling efektif untuk mengatasi kerutan adalah retinol. Hal tersebut karena retinol dapat merangsang metabolisme sel kulit dan mendorong produksi kolagen.

Selain itu, menggunakan produk yang diformulasikan dengan baik dan stabil dengan retinol akan secara nyata mengurangi munculnya kerusakan akibat sinar matahari, bintik-bintik coklat, garis-garis, kerutan, dan pori-pori besar. 

Leave a comment