Informasi Terpercaya Masa Kini

3 Cara Membersihkan Memori Internal HP Android yang Penuh, Anti Lemot!

0 17

“Storage Almost Full”

Duh, paling repot saat pop up berisikan peringatan jika memori internal HP mulai penuh sudah muncul. Ingin merekam video kini waktunya jadi terbatas, ingin menginstal aplikasi tidak bisa, bahkan hanya ingin memotret foto jadi ada batasan jumlah.

Jika memori HP sudah terlanjur penuh, akibatnya beberapa aplikasi terpasang tidak dapat dijalankan. Mau tak mau, kita harus menghapus beberapa foto dan video, atau meng-uninstal aplikasi yang jarang digunakan agar ada cukup ruang. 

Selain kedua cara di atas, ada beberapa cara lain untuk membersihkan memori internal HP lainnya, lho! Mau tau tips lainnya? Simak artikel ini sampai habis, yuk.

1. Bersihkan data cache

Salah satu cara membersihkan memori internal HP adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi terpasang secara berkala. Data cache sendiri merupakan data sementara dari pengoperasian sistem aplikasi terpasang. Jadi, menghapus data cache tidak akan menghilangkan data. 

Berikut step by step membersihkan data cache:

  1. Buka menu ‘Setting‘ atau Pengaturan.
  2. Klik ‘Application‘ atau Aplikasi.
  3. Klik aplikasi yang ingin data cache-nya dihapus.
  4. Klik “Storage” atau Penyimpanan.
  5. Klik ‘Clear Cache’ atau Hapus Data Cache.

2. Menghapus data aplikasi

Menghapus data adalah cara lain untuk membersihkan memori internal HP. Sayangnya, semua data pada aplikasi akan benar-benar terhapus sehingga kamu harus berhati-hati saat melakukannya.

Sebelum menghapus data, pindahkan dulu file atau informasi yang menurut kamu penting ke dalam memori eksternal. Jika sudah, kamu bisa mulai menghapus data dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Buka menu ‘Setting’ atau Pengaturan.
  2. Klik ‘Application’ atau Aplikasi.
  3. Klik aplikasi yang ingin datanya dihapus.
  4. Klik “Storage” atau Penyimpanan.
  5. Klik ‘Clear Data’ atau Hapus Data.

3. Coba factory reset

Factory reset dapat kamu lakukan jika ingin mengembalikan HP ke “setelan pabrik”. Seluruh data akan benar-benar tersapu bersih, dan jumlah ruang kosong dalam memori internal akan sama seperti saat kamu baru membeli HP tersebut.

Selain untuk membersihkan memori internal, cara ini bisa diterapkan saat kamu ingin menjual HP. Bagaimana caranya? Berikut tutorialnya:

  1. Buka menu ‘Setting’ atau Pengaturan.
  2. Klik ‘General Management’.
  3. Klik ‘Reset’.
  4. Klik ‘Factory Data Reset’.
  5. Klik ‘Delete All’ atau Hapus Semua.

Itulah tiga cara membersihkan memori internal HP Android agar sistem pengoperasian tidak lemot. Kamu bisa mencobanya satu per satu sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selamat mencoba.

Baca Juga: 8 Cara Mengetahui Siapa yang Hack HP Kita, Waspadai!

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui HP Disadap dan Cara Mengatasinya Lengkap

Baca Juga: 6 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP Tanpa Diketahui Pemilik

Leave a comment