Informasi Terpercaya Masa Kini

Pesta Pernikahan Anak Miliarder Mukesh Ambani Disebut Bisa Dongrak Ekonomi India

0 78

KOMPAS.com – Pesta pernikahan Anant Ambani, putra miliarder India Mukesh Ambani dan sang kekasih Radhika Merchant mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Dilansir CNN, Senin (8/7/2024), para tamu yang hadir dalam pesta pernikahan Anant Ambani mencakup miliarder Silicon Valley dan bintang Bollywood. Hal ini menggarisbawahi pengaruh Mukesh Ambani yang semakin besar dalam ekonomi global.

“Pesta pernikahan Ambani telah memberi dampak yang beragam pada industri pernikahan di India, memengaruhi tren, meningkatkan permintaan vendor pernikahan, mempromosikan warisan budaya, dan bahkan mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Tim Chi, CEO The Knot Worldwide, sebuah layanan perencanaan pernikahan, kepada CNN.

Baca juga: Rencana Pernikahan Anak Konglomerat India Mukesh Ambani, Undang Justin Bieber dan Tutup Jalan 4 Hari

CNN menyebutkan, industri pernikahan telah berkembang pesat sejak negara tersebut keluar dari Pandemi Covid-19.

Diperkirakan bisnis pesta pernikahan di India mencapai sekitar 130 miliar dollar AS atau setara Rp 2.113 triliun (kurs Rp 16.257 per 1 dollar AS) sekarang hampir dua kali lipat dari Amerika, meskipun masih lebih kecil dari China.

“Sebagai masyarakat yang sadar nilai, orang India gemar menghabiskan uang untuk pesta pernikahan,” kata Jefferies.

“Dan ini terlepas dari kelas ekonomi,” sambungnya.

Dengan biaya sekitar 15.000 dollar AS, rata-rata pernikahan di India menghabiskan biaya tiga kali lipat pendapatan rumah tangga tahunan rata-rata.

Baca juga: Konser Taylor Swift Disebut Bisa Bikin Bank Sentral Inggris Tunda Pangkas Suku Bunga

Jumlah tamu di pesta pernikahan sangat banyak

Menurut laporan The Knot Worldwide, pernikahan di India sering kali berlangsung selama beberapa hari, dengan daftar tamu rata-rata 326, dibandingkan dengan 115 di Amerika Serikat.

Skalanya jauh lebih besar jika menyangkut orang-orang kaya, yang pernikahannya melibatkan ribuan tamu, lokasi di luar negeri, dan hadiah mahal.

CNN menyebutkan, bukan hal yang aneh bagi orang-orang kaya untuk menghabiskan jutaan dollar untuk pesta pernikahan.

Di pesta Ambani, pertunjukan menampilkan 5.500 pesawat drone di atas istana kaca yang dibangun khusus untuk pesta, di mana para tamu menari diiringi penampilan dari Rihanna.

Terakhir, CNN menyebutkan, dengan yang ditetapkannya India menjadi ekonomi terbesar ketiga di dunia pada tahun 2027, pernikahan mewah diperkirakan akan semakin sering terjadi.

Leave a comment