Informasi Terpercaya Masa Kini

Ramai soal HP Android Bisa Lihat Chat WA yang Sudah Dihapus, Benarkah?

0 3

KOMPAS.com – Beberapa waktu belakangan ini, di media sosial X (dulu Twitter), ramai pengguna yang membahas soal HP Android bisa melihat chat atau pesan WhatsApp (WA) yang sudah dihapus untuk semua orang.

Keramaian pembahasan soal HP Android bisa lihat chat WA yang sudah dihapus itu salah satunya muncul di akun base dengan handle @tanyarlfes.

Baca juga: Cara agar Nomor Tidak Dikenal Tak Bisa Chat WhatsApp, Kini Bisa Blokir Otomatis

Di salah satu twit akun tersebut, pengirim menunjukkan dua tangkapan layar, pertama berisi pesan WA yang sudah dihapus untuk semua orang. Kedua, tangkapan layar isi dari pesan WA yang sudah dihapus itu.

Pengirim mengaku dirinya bisa melihat chat WA yang sudah dihapus pada HP Android merek Samsung. Di kolom komentar, beberapa pengguna lain menimpali jika tindakan itu juga bisa dilakukan lewat HP Android merek lain seperti Oppo.

Dari keramaian ini, lantas sebenarnya apakah pesan WA yang dihapus bisa dilihat lagi? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini soal melihat pesan WA yang sudah dihapus.

Melihat pesan WA yang sudah dihapus

Sebagaimana yang cukup umum diketahui, WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna buat menghapus chat yang telah dikirimnya ke ruang obrolan sehingga tidak dapat dilihat oleh penerima.

Fitur tersebut hadir lewat opsi “Hapus untuk semua orang”. Ketika menghapus pesan dengan opsi itu, chat WA bakal tak bisa dilihat lagi oleh pengirim dan penerima. Chat WA yang dihapus hanya meninggalkan tulisan “pesan ini dihapus”.

Saat pengguna menghapus chat dengan opsi “Hapus untuk semua orang”, notifikasi atas chat tersebut juga bakal hilang dari layar HP penerima. Dengan kondisi ini, pengguna sulit untuk melihat lagi pesan WA yang sudah dihapus.

Akan tetapi, HP Android beruntungnya memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna buat melihat chat WA yang sudah dihapus melalui riwayat notifikasi.

Fitur riwayat notifikasi ini tersedia di Android 12 dan yang lebih baru.

Fitur riwayat notifikasi dapat menyimpan notifikasi dari tiap aplikasi di HP Android. Dari notifikasi yang tersimpan itu, pengguna bisa melihat lagi isi chat WA yang sudah dihapus meski di ruang obrolan sudah tak muncul.

Jadi, pada saat sebelum chat WA dihapus, notifikasi yang memuat isi pesan akan muncul. Dengan fitur riwayat notifikasi, notifikasi yang berisi pesan akan tersimpan dan jika pesan WA dihapus, pengguna bisa melihatnya kembali di riwayat notifikasi.

Baca juga: Ramai soal Fitur “Mention” WhatsApp Status di Media Sosial, Kenapa Belum Dapat?

Fitur riwayat notifikasi di HP Android inilah yang membuat pengguna bisa melihat chat WA yang sudah dihapus, sebagaimana yang ramai dibahas di media sosial. Lantas, bagaimana cara melihat chat yang dihapus di WA pada HP Android?

Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara melihat pesan WA yang sudah dihapus melalui riwayat notifikasi pada HP Android.

Cara melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus di HP Android

Cara melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus di HP Android ini pada dasarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur riwayat notifikasi yang tersedia di HP Android.

Dalam percobaan kali ini, KompasTekno menggunakan HP Android Samsung dengan versi Android 13. Adapun cara melihat pesan WA yang sudah dihapus di HP Android adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP Android.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Pemberitahuan” atau “Notifications”.
  • Setelah itu, pilih menu “Pengaturan lanjutan”.
  • Berikutnya, pilih opsi “Riwayat notifikasi”.
  • Aktifkan opsi “Riwayat notifikasi”.
  • Saat sudah opsi “Riwayat notifikasi” diaktifkan, HP Android bakal mulai menyimpan notifikasi dari tiap aplikasi yang masuk. Fitur ini harus aktif dulu sebelum melihat chat WA yang dihapus.
  • Di halaman riwayat notifikasi, pengguna bisa memilih aplikasi WhatsApp untuk melihat semua notifikasi yang pernah masuk, termasuk notifikasi dari pesan WA yang sudah dihapus.
  • Dari riwayat notifikasi ini, pengguna dapat melihat kembali isi pesan WA yang sudah dihapus.

Cukup mudah bukan cara melihat pesan WA yang sudah dihapus untuk semua orang lewat HP Android? Dengan cara di atas, pengguna dapat melihat kembali chat WA yang sudah dihapus melalui riwayat notifikasi di HP Android.

Untuk diingat kembali, cara melihat pesan WA yang sudah dihapus tersebut dilakukan melalui HP Android Samsung. Beda HP Android yang digunakan bakal berbeda pula langkah-langkahnya.

Kemudian, sebagai informasi tambahan, fitur riwayat notifikasi sayangnya hanya tersedia di HP Android. Sementara itu, iPhone sayangnya sejauh ini belum punya fitur tersebut.

Fitur riwayat notifikasi di HP Android juga tampaknya memiliki keterbatasan. Dari percobaan yang kami lakukan. Pesan WA yang dihapus di iPhone tidak dapat dilihat lagi di halaman riwayat notifikasi HP Android.

Sementara itu, pesan WA yang dihapus masih bisa dilihat kembali di halaman riwayat notifikasi jika pesan tersebut dihapus melalui HP Android.

Baca juga: Cara Login WhatsApp dengan Nomor yang Sudah Tidak Aktif, Mudah dan Praktis

Jadi, fitur riwayat notifikasi di HP Android kemungkinan besar hanya bisa dipakai buat melihat kembali chat WA yang dihapus dari HP Android juga. Kemudian, fitur riwayat notifikasi juga hanya bisa menyimpan notifikasi selama 24 jam terakhir.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment