Informasi Terpercaya Masa Kini

Batal oleh Jokowi, Masjid Agung Jateng Rp 117 M Akan Diresmikan Prabowo

0 2

MAGELANG, KOMPAS.com – Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di Kabupaten Magelang direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Prabowo Subianto.

Sebelumnya, ada rencana bahwa peresmian tempat ibadah ini akan dilakukan oleh Joko Widodo (Jokowi) sebelum mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengungkapkan bahwa MAJT awalnya dijadwalkan untuk diresmikan bersamaan dengan Proyek Strategis Nasional (PSN) lainnya di Kabupaten Magelang, termasuk Museum dan Kampung Seni Borobudur serta Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Pasuruhan.

Baca juga: Update Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah: Habiskan Rp 117 Miliar, Tampung 8.000 Jemaah, dan Segera Diresmikan Jokowi

Namun, karena kesibukan Jokowi, peresmian MAJT tidak dapat dilaksanakan.

“Dalam waktu dekat, peresmian secara umum akan dilaksanakan oleh bapak presiden yang baru,” ungkap Nana di lokasi, Sabtu (26/10/2024).

Nana juga menyatakan bahwa mulai hari ini, MAJT dapat digunakan oleh masyarakat untuk shalat dan kegiatan keagamaan lainnya.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno, menjelaskan bahwa MAJT dibangun di atas lahan seluas 5,1 hektare, yang terdiri dari 1,9 hektare milik Pemkab Magelang dan 3,2 hektare milik Pemprov Jateng.

Proyek ini menelan anggaran sebesar Rp 117 miliar dan dibangun selama tahun 2022-2023.

Bangunan ini memiliki dua lantai, di mana lantai pertama mencakup lobi, poliklinik, dan tempat wudu, sementara lantai kedua merupakan ruang shalat yang dapat menampung hingga 5.000 jemaah.

“Kami akan menuntaskan pembangunan kawasan MAJT ini dengan merehab masjid An Nur yang lama,” tambah Sumarno.

Baca juga: Melihat Masjid Agung Jawa Tengah di Magelang, Bakal Diresmikan Jokowi

Sebelumnya, pada medio September 2024, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi saat itu, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa Jokowi akan meresmikan tiga Proyek Strategis Nasional di Kabupaten Magelang pada bulan Oktober.

“Presiden meresmikan (PSN) pada bulan Oktober minggu pertama atau kedua,” ujarnya di sela kunjungan di Museum dan Kampung Seni Borobudur, Kamis (19/9/2024).

Namun, hingga masa jabatannya berakhir, Jokowi tidak pernah mengunjungi lokasi proyek yang dimaksud.

Leave a comment