Informasi Terpercaya Masa Kini

Mengenal Istilah Hidangan ‘Omakase’ yang Viral di Medsos, Berapa Harganya?

0 2

Istilah Omakase sedang viral di media sosial, Bunda. Hal ini bermula dari unggahan Instagram Stories milik Erina Gudono.

Istri Kaesang Pangarep ini pamerkan potretnya saat tengah menikmati menu makan omakase setelah melahirkan di rumah sakit. Sang suami ternyata langsung memboyong ‘omakase’ dari restoran Jepang.

Lantas, apa itu omasake dan berapa harga dari hidangan omakase ini ya?

Apa itu omakase?

Kata omakase berasal dari Bahasa Jepang yang berarti “Saya serahkan pada anda”. Dalam konteks menyantap makanan, omakase dapat diartikan memberikan kepercayaan penuh pada chef restoran untuk menyajikan hidangan terbaiknya.

“[Omakase] adalah apa yang dikatakan pelanggan yang cerdas kepada koki saat duduk di bar sushi. Penikmat sushi jarang memesan dari menu. Secara tradisional, bar sushi di Jepang bahkan tidak memiliki menu,” kata Trevor Corson dalam buku The Story of Sushi, dikutip dari laman Michelin Guide.

Baca Juga : 13 Resep Masakan Jepang yang Mudah Dibuat

Sementara melansir dari laman Kaito Sushi, asal usul omakase telah hadir sejak pertengahan abad ke-20. Lalu, pada tahun 1920 dan 30-an, banyak restoran sushi di Tokyo, Jepang yang mulai mengadopsi pengalaman bersantap ini.

Omakase biasanya menyajikan sushi sebagai hidangan utama. Namun, konsep penyajian makanan ini mengalami perkembangan pada tahun 1960-an hingga 1970-an, di mana ragam makanan lain disajikan. Saat ini, pengalaman omakase juga tersedia untuk makan siang, koktail, hingga liburan.

Dalam konsep hidangan omakase, Bunda tak perlu memesan sepotong demi sepotong sushi. Pelanggan yang datang dapat menyampaikan anggaran mereka dan kemudian disajikan hidangan dari ikan musiman segar, yang diolah dengan keterampilan dan kreativitas chef tersebut.

Dilansir Britannica, konsep makan ini juga dibuat untuk mengakomodasi pelanggan ‘berduit’ yang tidak tahu banyak tentang sushi dan makanan laut, tetapi mereka tak ingin menunjukkan ketidaktahuannya. Solusi sederhananya adalah menyerahkan hidangan tersebut kepada chef tanpa harus menunjukkan ketidaktahuan, Bunda.

Cara penyajian makanan dengan omakase ini terlihat lebih eksklusif dan mewah dibandingkan saat Bunda datang ke restoran yang menyediakan menu makanan biasa. Tak heran bila siapa pun yang ingin menikmati omakase mesti merogoh kocek banyak karena harganya memang cukup mahal.

Lantas, berapa harga hidangan omasake ini ya?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Pilihan Redaksi

  • 5 Resep Sushi Rumahan, Enak dan Mudah Dibuat
  • Tips Mudah Membuat Sushi di Rumah dan Kesalahan yang Harus Dihindari
  • Nikmati Kuliner Jepang di Oishiwa Japanese Delicatessen Yuk Bun!

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment