Informasi Terpercaya Masa Kini

Bukan Hanya untuk Makeup, Cek Undertone Juga untuk Pilih Warna Baju

0 5

JAKARTA, KOMPAS.comUndertone kulit sering kali menjadi acuan dalam memilih produk makeup seperti foundation dan juga lipstik. Ternyata hal ini juga berlaku dalam memilih pakaian.

Fashion stylist Yoland Handoko mengungkapkan, meskipun memiliki kategori kulit yang sama, namun antara satu orang dengan yang lainnya akan memiliki kecocokan warna yang berbeda.

“Meskipun warna kulitnya kuning langsat, tapi undertone-nya itu bisa beda-beda. Jadi warna yang cocoknya antara satu orang dengan yang lain pasti akan berbeda,” ujar Yoland dalam Konferensi Pers dan Fashion Workshop: Hari Batik Nasional 2024 di Auditorium Tokopedia Tower, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2024).

Baca juga:

  • 6 Tips untuk Mendapatkan Tampilan Makeup Natural
  • 6 Produk Makeup untuk Membuat Freckles Buatan pada Riasan Wajah

Yoland menjelaskan, apabila memakai warna busana yang tak sesuai dengan undertone, maka hal ini bisa mempengaruhi kesan dari tampilan kamu.

Salah satu efek yang dirasakan yaitu kulit penggunanya akan terlihat lebih gelap atau kusam.

Bahkan, pada beberapa orang, salah memilih warna dalam berpakaian juga bisa membuat tampilannya kurang bercahaya dan terkesan pucat.

“Biasanya bisa bikin kulit jadi kusam atau tampilannya jadi kurang bersinar gitu. Hal ini juga berlaku pada aksesori,” ujar dia.

Oleh karenanya, sangat penting untuk mengenali undertone kulit kamu sebelum membeli dan memilih baju.

Meski begitu, Yoland menjelaskan bahwa tak ada aturan ataupun pakem khusus yang mengatur warna berpakaian.

Baca juga:

  • 6 Ide OOTD Celana Kulot buat Perempuan agar Tampil Stylish
  • 5 Rekomendasi OOTD Pakai Atasan Batik Kekinian dan Trendi

Namun, apabila pemakainya merasa percaya diri memakai warna baju yang tak sesuai undertone, maka hal ini tidak menjadi masalah.

“Ini sebetulnya bukan aturan baku, hanya rekomendasi saja. Kalaupun sukanya pakai baju yang berbanding terbalik dengan undertone juga enggak apa-apa, ini kan tergantung selera,” kata Yoland.

Leave a comment