Informasi Terpercaya Masa Kini

BMKG: Masih Cuaca Panas Sepekan ke Depan di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara

0 2

TEMPO.CO, JakartaBMKG memperkirakan, dalam sepekan ke depan, cuaca di berbagai wilayah Indonesia masih akan tetap dipengaruhi oleh pola peralihan musim. Artinya, suhu terik atau cuaca panas pada pagi-siang yang kemudian diikuti oleh potensi hujan lokal pada sore hingga malam.

Suhu panas pada siang hari sepekan ke depan terutama di wilayah Pulau Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Ketidakstabilan atmosfer selama periode ini juga meningkatkan kemungkinan terbentuknya awan konvektif, juga khususnya di wilayah yang sama.

“Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi secara mendadak, terutama pada sore hari,” kata BMKG dalam Prospek Cuaca Mingguan Periode 18-24 Oktober 2024.

Sementara, kondisi cuaca panas terkonfirmasi berdasarkan data pengamatan suhu udara maksimum harian terkini yang mencapai 38,0 derajat Celsius di beberapa wilayah Indonesia. Beberapa wilayah tersebut yaitu Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Kaharuddin NusaTenggara Barat.

Lainnya adalah Stasiun Meteorologi Perak I Jawa Timur (37,8 derajat), Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin Nusa Tenggara Barat (37,0), Stasiun Meteorologi Gewayantana Nusa Tenggara Timur (36,9), Stasiun Meteorologi Kertajati Jawa Barat (36,8), Stasiun Meteorologi Tardama Nusa Tenggara Timur (36,6), dan Stasiun Klimatologi Sulawesi Selatan (36,1).

“Masyarakat diimbau untuk tidak panik menghadapi suhu panas dan tetap mengikuti langkah mitigasi seperti memakai pelindung atau tabir surya saat beraktivitas di luar, serta memastikan asupan cairan cukup agar terhindar dari dehidrasi,” kata BMKG mengimbau.

Pilihan Editor: Menantang Hurikan Demi Konten di Medsos, Cerita Allie Rae dan Mike Smalls dari Florida

Leave a comment