Informasi Terpercaya Masa Kini

FIFA tidak ‘batalkan gol kedua Bahrain’ saat melawan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

0 4

Usai laga Bahrain vs Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berakhir seri, postingan media sosial membagikan klaim salah bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah menganulir gol kedua Bahrain yang penuh kontroversi. Gol kedua tersebut tercipta pada menit kesembilan tambahan waktu — melebihi enam menit tambahan waktu yang diberikan. Postingan tersebut turut membagikan video Presiden FIFA Gianni Infantino yang seolah sedang mengumumkan pembatalan gol Bahrain. Faktanya, video Infantino itu telah dimanipulasi. Dan hingga 18 Oktober, belum ada pernyataan resmi FIFA yang menyatakan bahwa hasil pertandingan Bahrain-Indonesia berubah.

Klaim salah itu salah satunya dibagikan dalam sebuah postingan Facebook yang diunggah pada 12 Oktober 2024, dan berisi video Infantino sedang berbicara dalam bahasa Prancis.

Video yang beredar itu telah ditonton lebih dari lima juta kali. Teks dalam video berbunyi: “FIFA batalkan gol ke 2 Bahrain. Pertandingan Indonesia VS Bahrain berakhir 2 VS 1 untuk Indonesia.”

Dalam video, tampak pula tangkapan layar yang menunjukkan kemenangan Indonesia 2-1 atas Bahrain.

Klip tersebut juga dibagikan dengan klaim serupa di TikTok dan SnackVideo.

Postingan-postingan ini beredar setelah pertandingan ketiga Group C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Bahrain dan Indonesia pada 10 Oktober. Pertandingan ini berakhir imbang dengan skor 2-2 setelah Bahrain mencetak gol penyama kedudukan yang penuh kontrovesi pada menit ke-99 (tautan arsip).

Channel News Asia melaporkan bahwa para pemain Indonesia langsung melakukan protes, dan pendukung Timnas Merah Putih membanjiri media sosial dengan komentar-komentar yang mengkritik wasit karena mereka merasa dicurangi (tautan arsip).

Pada video Infantino yang beredar, terlihat beberapa komentar yang percaya bahwa FIFA membatalkan gol kedua Bahrain.

Salah satu pengguna media sosial menulis, “Assalamualaikum pak terima kasih atas ketegasannya”. Sementara pengguna lain menulis komentar berbahasa Inggris untuk mengapresiasi langkah FIFA: “Thank you very very much FIFA”.

Namun, hingga 18 Oktober 2024, belum ada pernyataan resmi dari FIFA bahwa Indonesia memenangkan pertandingan melawan Bahrain.

Video manipulasi

Pencarian dengan kata kunci di Google menemukan bahwa video asli dari klip yang beredar pernah diunggah oleh Infantino sendiri di akun Instagram pribadinya pada tanggal 4 Oktober, atau enam hari sebelum pertandingan Indonesia-Bahrain (tautan arsip).

Dalam video itu, Infantino tampak berbicara dalam bahasa Spanyol untuk mengumumkan tanggal pertandingan Piala Dunia U-20 FIFA yang akan diadakan di Chili. 

Berikut perbandingan tangkapan layar antara video yang beredar dengan klaim salah (kiri) dan video asli dari akun Instagram Infantino (kanan):

Sementara itu, audio yang terdengar dalam postingan salah diambil dari video berbeda, yang juga diunggah oleh Infantino di hari yang sama (tautan arsip). Dalam video tersebut, Infantino berbicara dalam bahasa Prancis untuk mengumumkan penyelenggaran pertandingan Piala Dunia Wanita U-17 FIFA di Maroko pada akhir tahun 2025.

Infantino tidak pernah menyebut Indonesia ataupun Bahrain dalam kedua video tersebut.

Skor yang terlihat dalam postingan salah diambil dari papan informasi skor saat pertandingan sedang berlangsung, yakni saat Indonesia sedang memimpin dengan skor 2-1. 

Papan informasi tersebut juga menunjukkan skor Arab Saudi vs Jepang saat hasil masih imbang 0-0 di pertandingan pada hari yang sama. Dalam laga itu Jepang mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0 (tautan arsip).

Leave a comment