Informasi Terpercaya Masa Kini

Barakallah Fii Umrik: Arti, Hukum, Adab, dan Contoh Kalimatnya

0 2

Mengucapkan ulang tahun merupakan hal wajar yang kerap disampaikan kepada orang yang bertambah usia. Setiap Muslim pastinya sudah tidak asing lagi dengan kalimat barakallah fii umrik yang dikenal juga sebagai ucapan ulang tahun dalam Islam.

Ketika ada yang berulang tahun, orang-orang kerap mengucapkan selamat atas kelahiran atau bertambahnya usia. Ucapan itu juga sering dilengkapi dengan doa dan harapan yang positif.

Di kalangan Muslim, kalimat barakallah fii umrik mungkin sudah populer. Namun, masih banyak yang belum tahu apa arti dan bagaimana contoh penggunaan kalimatnya yang benar.

Tulisan barakallah fii umrik yang benar: Arab, latin, dan artinya

Melansir dari laman detikcom, barakallah fii umrik artinya semoga Allah memberkahi usiamu. Ungkapan ini berasal dari bahasa Arab yang dimaksudkan sebagai doa bagi seseorang yang bertambah usia.

Berikut tulisan Arab, latin, dan terjemahan ucapan barakallah fii umrik yang perlu Bunda ketahui:

بَارَكَ اللهُ فِي عُمْرِك

Barakallah fii umrik

Artinya:

“Semoga Allah memberkahi usiamu.”

Baca Juga : 13 Doa untuk Anak agar Tidak Sakit, Sukses Dunia Akhirat, Saleh & Nurut

Mengucapkan barakallahu fii umrik untuk perempuan dan laki-laki juga berbeda, Bunda. Berikut adalah penulisan yang tepat:

بَارَكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكَ

Barakallah fi umrika

Artinya:

“Semoga Allah memberkahi usiamu (laki-laki).”

بَارَكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكِ

Barakallah fi umriki

Artinya:

“Semoga Allah memberkahi usiamu (perempuan).”

Hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam

Islam tidak mengenal perayaan ulang tahun, tetapi di kalangan para sahabat Rasulullah SAW, biasa terjadi saling memberi ucapan selamat antara satu dengan yang lainnya apalagi jika dari mereka ada yang menerima kenikmatan.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa hukum mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam adalah mubah selagi tidak condong ke hal-hal mungkar. Namun, sebagai ucapan rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah SWT.

Sejarah mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam

Tahukah Bunda? Mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam ternyata telah ada dalam kisah Nabi Yahya AS dan Nabi Isa AS. Hal ini bahkan Allah SWT sendiri yang memberikan salam pada kedua utusan-Nya itu:

Dalam Al-Qur’an surat Maryam ayat 15, Allah SWT berfirman:

وَسَلٰمٌ عَلَيْهِ يَوْمَ وُلِدَ وَيَوْمَ يَمُوْتُ وَيَوْمَ يُبْعَثُ حَيًّا ࣖ – 15

Artinya:

“Kesejahteraan baginya (Yahya) pada hari dia dilahirkan, hari dia wafat, dan hari dia dibangkitkan hidup kembali.”

Sementara dalam ayat 33, Allah SWT berfirman:

وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا – 33

Artinya:

“Kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku pada hari kelahiranku, hari wafatku, dan hari aku dibangkitkan hidup (kembali).”

Ayat tersebut menjadi dasar bahwa diperbolehkannya mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam. Sebab, pada momen kelahiran, Muslim memperoleh nikmat besar dari Allah SWT berupa usia yang bertambah. Ungkapan ini menjadi perwujudan syukur atas nikmat tersebut.

Adab merayakan ulang tahun

Merayakan ulang tahun mungkin menjadi tradisi untuk memperingati hari kelahiran seseorang. Namun, bagaimana adab merayakan ulang tahun dalam Islam?

Hukum merayakan ulang tahun dalam Islam dasarnya tidak ditemukan dalam nash, baik yang secara langsung melarangnya maupun menganjurkannya.

Begitu pula keberadaan riwayat yang menceritakan bahwa setiap tanggal kelahiran Rasulullah SAW, beliau merayakannya atau sekadar mengingatnya. Namun, bukan berarti segala fenomena di masyarakat yang tidak ada contohnya di zaman nabi hukumnya menjadi haram, Bunda.

Perayaan ulang tahun yang dilaksanakan dalam rangka untuk muhasabah, introspeksi diri, mensyukuri usia yang bertambah, tentu saja menjadi baik.

Namun, jika perayaan tersebut diselenggarakan menggunakan cara-cara yang tidak sesuai dengan syariat atau mengandung hal-hal yang diharamkan Allah SWT seperti minum alkohol, zina, atau maksiat, hukumnya ikut menjadi haram.

Dengan demikian, hukum merayakan ulang tahun dalam Islam tidak sunnah maupun wajib. Ini bisa menjadi mubah atau boleh jika didasarkan pada tradisi dan tidak disertai dengan perbuatan yang diharamkan.

15 Ucapan selamat ulang tahun barakallah fii umrik yang penuh makna untuk perempuan dan laki-laki

Berikut adalah contoh ucapan ulang tahun barakallah fii umrik yang bisa Bunda sampaikan, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

  1. Yaumul milad, barakallah fii umrik. Harapan yang terbaik untukmu. Semoga Allah selalu bersamamu dan memberikan limpahan rezeki yang luar biasa.
  2. Nikmati hari istimewa dalam hidupmu sepenuhnya hari ini. Ingatlah selalu bahwa doaku selalu menyertaimu dalam segala suka dan duka. Barakallah fii umrik.
  3. Barakallah fii umrik. Aku dengan tulus berdoa kepada Allah SWT hari ini agar menghujani hidupmu dengan kemurahan hati dan cinta surgawi-Nya. Selamat ulang tahun untukmu dari lubuk hatiku yang terdalam.
  4. Barakallah fii umrik! Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat di sepanjang fase kehidupan kamu ke depannya, termasuk kesehatan dan umur yang panjang.
  5. Barakallah fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT.
  6. Semoga Allah SWT memberikan perlindungannya di dunia dan akhirat. Selamat bertambah umur. Barakallah fii umrik.
  7. Barakallah fii umrik. Semoga kamu senantiasa diberikan kesehatan, umur panjang, dan rezeki berlimpah oleh Allah SWT.
  8. Barakallah fii umrik ya. Semoga hari istimewa ini menjadi awal dari masa depan yang cerah, menakjubkan, dan sejahtera, bagimu.
  9. Selamat ulang tahun, barakallah fii umrik. Semoga Allah SWT mewujudkan semua impianmu dan memudahkan segala kesulitan.
  10. Pada hari ulang tahunmu, aku berdoa kepada Allah SWT untuk memberimu kehidupan yang menyenangkan. Happy milad barakallah fii umrik.
  11. Setiap hari dalam doaku, aku selalu menyebut namamu dan meminta kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran hidup yang lebih baik. Semoga kamu mendapatkan berkah dari Allah SWT. Miladuki sa’idy, barakallah fii umrik.
  12. Barakallah fii umrik ya. Semoga engkau selalu dalam keberkahan, Aamiin.
  13. Barakalah fii umrik, semoga Allah memenuhi hidupmu dengan saat-saat bahagia tanpa akhir, kejutan indah yang tak terhitung jumlahnya, dan kesuksesan tanpa batas.
  14. Saat kamu meniup lilin malam ini, aku diam-diam membuat permintaan kepada Allah SWT untuk membimbingmu sepanjang hidup dan untuk menjagamu setiap saat. Barakalah fii umrik.
  15. Barakallah fii umrik. Semoga Allah SWT mengisi hidupmu dengan momen bahagia tanpa akhir, kejutan indah yang tak terhitung jumlahnya, dan kesuksesan tanpa batas.

Pilihan Redaksi

  • Kumpulan Doa Nabi Sulaiman untuk Mendapatkan Uang dan Kekayaan
  • Arti Jazakallah Khairan, Jazakillah, dan Jazakumullah Beserta Balasannya yang Benar
  • Arti Qodarullah, Hikmah, Waktu dan Cara Penggunaannya yang Tepat

Nah, itulah arti, hukum, adab, dan contoh ucapan barakallah fii umrik yang perlu Bunda ketahui. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing  soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment